Implementasi Metode Imla’ dalam Pembelajaran Bahasa Arab Menyambung Huruf di Sekolah Dasar Islam Bekasi

Dafa Febra Laela, Danang Dwi Basuki

Abstract


Keterampilan menulis bahasa Arab dapat diterapkan sejak dini, sebab dapat dengan mudah untuk membentuk keterampilan siswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui metode imla’ dalam pembelajaran bahasa Arab menyambung huruf, kendala-kendala, dan respon siswa dalam penggunaan metode imla’ pada salah satu SD di Bekasi. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yang datanya didapatkan secara langsung di lapangan berdasarkan fakta yang ada. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti melakukan observasi dan wawancara pada guru pengampu bahasa Arab dan siswa kelas satu. Penerapan metode imla’ pada pembelajaran bahasa Arab menyambung huruf cukup baik diterapkan untuk siswa kelas satu untuk melatih fokus siswa dan konsentrasi siswa. Kendala yang biasanya terjadi yaitu siswa lamban dalam menyiapkan alat tulis dan siswa masih suka lupa dan tertukar huruf hijaiyah yang mirip dan keliru dengan huruf yang disambung atau yang tidak disambung. Kemudian, respon siswa sangat antusias dan senang apabila guru menggunakan metode imla’ dan merasa lebih paham menggunakan metode imla’.


Keywords


Metode Imla’, Bahasa Arab, Menyambung Huruf

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Zuchri. Metodologi Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. Syakir Media Press, 2021.

Asrofi, Imam, dan Abdul Halim. “Efektivitas Metode Imla’ terhadap Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Menulis Bahasa Arab.” EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 10, no. 2 (16 Desember 2021). https://doi.org/10.24235/ibtikar.v10i2.9304.

Azizah, Azizah. “Penerapan Metode Imla’ Al-Ikhtibari Dalam Meningkatkan Kompetensi Menulis Bahasa Arab Pada Siswa Kelas X Dayah Erpadu Al-Muslimun.” Al-Madaris Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman 3, no. 2 (27 September 2022). https://doi.org/10.47887/amd.v3i2.102.

Fadhilah, Amaliyah Nur. Penerapan Metode Imla’ Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa Kelas V MI Muhammadiyah Lumajang. Malang: Skripsi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2022.

Harahap, Nursapia. Penelitian Kualitatif. Medan: Wal ashri Publishing, 2020.

Kasbiadi, dan Mario Kasduri. “Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Metode Imla’ Pada Peserta Didik Di SMP Swasta Al – Ikhlas.” Edumaniora : Journal of Education and Humanities, t.t.

Manshuruddin, Manshuruddin, Sopian Lubis, dan Ryandi Ryandi. “Pendampingan Pembuatan Buku Ajar Imla’ Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ponpes Baitussalam, Simpang Mangga, Simalungun.” Jurnal Abdi Mas Adzkia 1, no. 2 (9 Februari 2021). https://doi.org/10.30829/adzkia.v1i2.8845.

Nabilah, Nurjihan, Wawan Arwani, dan Masri’ah. “Penerapan Metode Imla’ Manqul Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Arab Siswa (Penelitian Eksperimen Untuk Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Cirebon),” t.t.

Wijaya, Mu’alim, dan Anna Kholifah. “Kesalahan Penulisan Bahasa Arab dalam Pembelajaran Imla’ bagi Siswa Kelas IV Madrasah Ibtida’iyah.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 9, no. 2 (24 Juni 2023). https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4887.

Zain, Luthfie Salwa Fauziah, Adelia Marzuki, dan Dwi Rohmadi Mustofa. “Pengaruh Metode Imla’ Terhadap Kemampuan Maharatul Kitabah Siswa Kelas VI MI Nurul Hidayah Roworejo Kecamatan Negerikaton: Indonesia.” Jurnal Pendidikan Bahasa Arab L-DHAD 1, no. 01 (25 November 2021).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i1.3138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.