PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN SOAL CERITA DI SD NEGERI 200010 SIMARDONA

Parulian Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan  untuk: (1) mengetahui penerapan metode problem posing untuk memecahkan soal cerita yang mengandung operasi, (2) mengetahui apakah metode problem posing berpengaruh positif terhadap kemampuan siswa dalam memecahkan soal cerita yang mengandung operasi bilangan di SD Negeri 200010 Simardona. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif  dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi,  wawancara yang mendalam dan analisis data dengan editing data, reduksi data, deskripsi data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan analisi statistik adalah dengan menggunakan program  windows SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode problem posing dengan tipe presolution posing dalam proses pembelajaran di SD Negeri 200010 Simardona sebagai berikut: (a) membuka pembelajaran dengan baik, (b) menjelaskan langkah-langkah metode problem posing dalam memecahkan soal cerita dengan memberikan contoh, (c) memberikan kesempatan kepada siswa menanyakan hal-hal yang belum dipahami, (d) memfasilitasi kegiatan belajar siswa dengan memberikan Lembar Kerja Pengajuan Masalah (LKPM), (e) mengarahkan dan membimbing siswa dalam menyusun kalimat sederhana menjadi kalimat tanya, pengajuan soal dan cara penyelesaiannya, (f) mengarahkan siswa untuk mengajukan soal yang dibentuknya sendiri untuk dijawab siswa lain, (g) mengarahkan dan membimbing beberapa siswa untuk menanggapi dan menjawab pertanyaan yang diajukan siswa, (h) melakukan umpan balik dan tanggapan terhadap pengajuan masalah yang telah dilakukan, (i) melakukan tanya jawab tentang kesulitan-kesulitan siswa dalam mengajukan masalah, (j) menutup pembelajaran dengan baik. (2) Metode problem posing berpengaruh positif terhadap kemampuan siswa dalam memecahkan soal cerita yang mengandung operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan di SD Negeri 200010 Simardona dipengaruhi metode problem posing adalah sebesar 28% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya sebesar 72%.


Keywords


Problem Posing, Soal cerita, 2020

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Deborah Jean Priest, 2009. Problem-Posing Intervertion In The Development Of Problem-Solving Conpetence Of Underachieving, Middle-Year Students. Thesis tidak terbitkan. Brisbane: Faculty of Education queensland University of Technology Kelvin Grove Campus.

Elwin Lusmadi, 2006. Matematika Untuk Sekolah Dasar Kelas III, t.k: Citra Cemara.

Endang setyo Winarni & Sri Harmini, 2011. Matematika Untuk PGSD, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamzah B. Uno & Mohamad, Nurdin, 2011. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran, Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik, Jakarta: Bumi Aksara.

Irwan, 2011. Pengaruh Pendekatan Promlem Posing Model Search, solve, Create and Share (SSCS) Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Matematika: Sebuah Kajian Eksprimen pada Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Padang (UNP), Jurnal Penelitian Pendidikan, 12 (2), 2. Padang: FMIPA UNP.

Ketut Sutame, 2011. Implementasi Pendekatan Problem Posing Untuk Meningkatkan Kemampuan Penyelesaian Masalah, Berpikir Kritis Serta Mengeliminir Kecemasan Matematika. Makalah Dipresentasikan Dalam Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Dengan Tema “Matematika dan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran” pada tanggal 3 Desember 2011. Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 978-979-16353-6-3. FMIPA UNY Yogjakarta.

Marsudi Rahardjo & Astuti Waluyati, 2011. Pembelajaran Sosal Cerita Operasi Hitung Campuran di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika, 2011.

Moleong, Lexy J. 2005. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhammad Thobroni & Arif Mustofa, 2011., Belajar & Pembelajaran: Pengembangan wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembengunan Nasional, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2011. Statistik untuk penelitian, Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011, Metode penelitian pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suprayitno, 2004. Pembelajaran soal cerita operasi hitung campuran dengan pendekatan problem posing pada siswa kelas V sekolah dasar. Tesis, tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana UM Malang.

Tatag Yuli Eko Siswono, 2000. Pengajuan Soal (Problem Posing) Oleh Siswa Dalam Pembelajaran Geometri di SLTP, Makalah ini disampaikan pada Seminar Nasional Matematika “Peran Matematika Milenium III”, ITS Surabaya.

Trihendradi. 2011 C. Langkah mudah melakukan analisis statistic menggunakan SPSS 16, Yogjakarta: Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v4i2.314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.