Penggunaan Media Realia Termodifikasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di MI Plus Al Falah Banjarmasin

Jumiati Jumiati, Sari Kumala, Tutus Rani Arifa

Abstract


Guru memilih pendekatan pendidikan yang mencakup pemilihan model dan teknik pembelajaran, serta penetapan media pembelajaran. Proses pembelajaran disesuaikan dengan keberhasilan, kemampuan, dan potensi siswa. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan pencapaian hasil belajar IPA di MI Plus Al Falah Banjarmasin melalui penggunaan media realia termodifikasi. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode Tindakan Kelas melibatkan pengamatan terhadap proses belajar, dengan melakukan tindakan yang disengaja dan diimplementasikan secara bersama-sama. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II, dengan tingkat ketuntasan belajar mencapai 80%. Ini menunjukkan bahwa media yang digunakan berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi IPA. Kesimpulan dari pemanfaatan media realia termodifikasi efektif dalam peningkatan hasil belajar IPA di MI Plus Al Falah Banjarmasin. Penting untuk terus mengembangkan dan meningkatkan media pembelajaran untuk memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan yang sama untuk belajar dan mencapai potensi mereka.


Keywords


Media Realia Termodifikasi, Hasil Belajar, IPA

Full Text:

PDF

References


Ashar, Rayandra. Kreatif Menggunakan Media Pembelajaran. Jakarta: Reverensi, 2012.

Habibah, Umi, and Dyah Ayu Pramoda Wardhani. “Pengaruh Pengunaan Media Realia Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas.” Elementa: Jurnal PGSD Universitas Islam Raden Rahmat Malang 1, no. 2 (2019).

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Irman. “Penggunaan Media Realia Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kassi Kota Makassar.” JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) 5, no. 1 (January 31, 2020). https://doi.org/10.26618/jkpd.v5i1.3060.

Jamaludin, Ujang, Reksa Adya Pribadi, and Gitta Zahara. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Alur Merdeka.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9, no. 14 (July 26, 2023). https://doi.org/10.5281/ZENODO.8186852.

Sanjaya, Wina. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana, 2009.

———. Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2008.

Sapriati, Amalia, Hartinawati, Momon Sulaiman, Ketut Budiastra, Isti Rockiyah, Rumanta Maman, Rusna Ristasa, Noehi Nasution, and Sri Sulistyarini. Pembelajaran IPA Di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2021.

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Sutoyo. Teknik Penulisan Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta: UNISRI Press, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i1.3142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.