Peran Program Bina Pribadi Islami (BPI) Pada Kelas V Ki Hajar Dewantara di SDIT Permata Bunda III Bandar Lampung

Nurani Nurani, Intan Permata Hati, Hafizh Arrahman, Yetri Yetri, Junaidah Junaidah

Abstract


Pendidikan karakter adalah suatu sistem pendidikan yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter tertentu kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana peran program BPI dalam menguatkan kepribadian peserta didik, pembentukan karakter peserta didik dan pembiasaan ibadah pada kelas V Ki Hajar Dewantara di SDIT Permata Bunda III. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Jenis penelitian adalah studi pustaka dengan menelaah berbagai referensi terkait topik penelitian dan observasi pelaksanaan BPI yang telah dilaksanakan pada kelas V Ki Hajar Dewantara di SDIT Permata Bunda III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program BPI memiliki peran penting dalam menguatkan kepribadian peserta didik, pembentukan karakter dan pembiasaan ibadah peserta didik terlihat dari capaian ibadah dan hasil observasi budaya sekolah yang telah dilakukan. Penulis menyarankan agar pihak sekolah terus melanjutkan program BPI dengan melakukan kreativitas dalam mengembangkan metode, teknik, ataupun strategi yang lebih kreatif sesuai dengan kebutuhan generasi saat ini sehingga bonus demografi dapat diperoleh.


Keywords


Program, Pribadi, Islami

Full Text:

PDF

References


Agra, Hanif. “Implementasi Program Bina Pribadi Islami (BPI) Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 3, no. 5 (July 3, 2021). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.802.

Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Aunillah, Nurla Isna. Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Laksana, 2011.

Departemen Agama RI. Al-Quran Dan Terjemahannya. Jakarta Pusat: Bintang Indonesia Jakarta, 2012.

Ds, Yulistina Nur. “Evaluasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Islam Terpadu.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 6, no. 2 (December 27, 2021). https://doi.org/10.23969/jp.v6i2.4729.

Fadliyani, Fani, Yosep Farhan Dafik Sahal, and Muhamad Aris Munawar. “Implementasi Bina Pribadi Islam (BPI) Dalam Membina Akhlak Peserta Didik Di Sekolah Dasar Inspiratif Al-Ilham Kota Banjar.” Bestari | Jurnal Studi Pendidikan Islam 17, no. 2 (February 4, 2021). https://doi.org/10.36667/bestari.v17i2.512.

Fauziah, Enti. “Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik Melalui Program Bina Pribadi Islami Di SDIT Harapan Bangsa Natar.” GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam 1, no. 2 (November 26, 2021).

Putri, Nikmah Sistia Eka, Fatimah Setiani, and Muhammad Sandy Al Fath. “Membangun Pendidikan Karakter Berbasis Kurikulum Merdeka Menuju Era Society 5.0: Building Character Education Based On The Merdeka Curriculum Towards Society Era 5.0.” Pedagogik: Jurnal Pendidikan 18, no. 2 (September 29, 2023). https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i2.5557.

Sutikno, Achmad Nur. “Bonus Demografi Di Indonesia.” VISIONER : Jurnal Pemerintahan Daerah Di Indonesia 12, no. 2 (October 19, 2020). https://doi.org/10.54783/jv.v12i2.285.

‘Ulwan, Abdullah Nashih. Pendidikan Anak Dalam Islam. Jawa Tengah: Insan Kamil Solo, 2019.

Yusuf, Muri. Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif Dan Gabungan. Jakarta: Prenada Media Group, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i2.3186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.