Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Asesmen Kompetensi di Sekolah Dasar

Firmansah Koesyono Efendi

Abstract


Pelaksanaan asesmen di sekolah merupakan bagian dari proses pembelajaran yakni refleksi pemahaman terhadap perkembangan atau kemajuan peserta didik secara individual. Media pembelajaran berbasis asesmen kompetensi minimum dikembangkan berdasarkan perubahan yang ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu tergantinya Ujian Nasional (UN) menjadi Asesmen Nasional (AN) guna untuk mengetahui kesiapan peserta didik dalam menghadapi asesmen nasional. Metode yang digunakan dalam artikel tersebut dengan pendekatan jenis kulitatif melakukan kajian literature berbagai penelitian sebelumnya (literature review). Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menganalisis berbagai teori yang ada dengan melihat perbandingan pada teori sebelumnya. Hasil pengamatan pada tahap analisis peserta didik memiliki tingkat kognitif yang berbeda dalam prestasi belajar, dan keterampilan, mereka terbagi dalam tiga kategori: tinggi, sedang, dan rendah. Selain itu, proses pembelajaran yang terlihat masih berpusat pada guru. Hasil uji coba terbatas yang dilakukan di peroleh hasil rata-rata total respon siswa dan guru yaitu 3,4 dan berada pada kategori praktis. Media pembelajaran berbasis asesmen kompetensi minimum yang dikembangkan tergolong sangat valid, Media dapat diterapkan di lapangan dan tingkat keterlaksanaan produk termasuk kategori “baik”. Efektifnya produk pembelajaran berupa media diperoleh prsentase ketuntasan belajar siswa sebanyak 61% dari 18 siswa dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 11 orang dan tidak tuntas sebanyak 7 orang, dapat disimpulkan media pembelajaran efektif dilakukan.


Keywords


Media Pembelajaran, Asesmen Kompetensi, Siswa

Full Text:

PDF

References


Achadi, Muh Wasith. “Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional.” Jurnal Al Ghazali 1, no. 2 (2018).

Asrijanty. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Implikasinya pada Pembelajaran. Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran, 2020.

Betakore, Yoel. “Menggapai Pengetahuan, Memperoleh Spiritualitas: Urgensi Dwi-Konsep Pengetahuan-Spiritualitas dalam Pendidikan Agama Kristen.” EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN 3, no. 6 (2 September 2021). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1329.

Haviz, M. “Research and Development: Penelitian di Bidang Pendidikan yang Inovatif, Produktif dan Bermakna.” Ta’dib 16, no. 1 (28 September 2016). https://doi.org/10.31958/jt.v16i1.235.

Nurrita, Teni. “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran Hadist Syari’ah Dan Tarbiyah 3, no. 1 (27 Juni 2018). https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171.

Priharsanti, Rosita Nur Wahyuningtyas, dan Sebastianus Widanarto Prijowuntato. “Pengembangan Assessment Berbasis Video Pada Kompetensi Dasar Menganalisis Simpanan Dana Deposito Di SMK Negeri 1 Tempel Kelas X Tahun Aajara 2020.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Akuntansi 14, no. 2 (30 Juni 2021). https://doi.org/10.24071/jpea.v14i2.4617.

Pusat Asesmen dan Pembelajaran. Desain Pengembangan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2020.

Rosnaeni, Rosnaeni. “Karakteristik Dan Asesmen Pembelajaran Abad 21.” Jurnal Basicedu 5, no. 5 (9 Oktober 2021). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1548.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Supriyadi, Gito. Pengantar & Teknik Evaluasi Pembelajaran. Malang: Intimedia, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i2.3191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.