Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Menggunakan Video Pembelajaran dan Aplikasi Quizizz pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila

Sri Handayani Cemerlang, Mufarizuddin Mufarizuddin, Rizki Ananda, Iis Aprinawati, Putri Hana Pebriana

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keaktifan siswa dalam pembelajaran, kurangnya semangat dalam proses pembelajaran, pembelajaran yang monoton sehingga membuat siswa lebih banyak tidur, bermain dan kurangnya minat belajar sehingga kurangnya motivasi siswa untuk belajar pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di SDN 013 Laboy Jaya. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran Pendidikan Pancasila. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan waktu penelitian dilaksanakan mulai bulan Maret hingga Agustus 2023. Subjek penelitian ini siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang, dengan jumlah laki-laki 6 orang dan siswa perempuan 14 orang. Teknik pengumpulan data berupa angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil tergolong baik. Dapat dilihat dari data siklus I pertemuan 1 mengalami peningkatan rata-rata 56,45 dengan ketuntasan klasikal 35%, sedangkan pada siklus I pertemuan 2 mengalami peningkatan rata-rata menjadi 62,9 dengan ketuntasan klasikal 50%. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 mengalami peningkatan rata-rata 79,1 dengan ketuntasan klasikal 70% dan pada siklus II Pertemuan 2 rata-rata kembali meningkat menjadi 81,95 dengan ketuntasan klasikal sebesar 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan aplikasi quizizz dan video pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN 013 Laboy Jaya.


Keywords


Motivasi Belajar, Video Pembelajaran, Aplikasi Quizizz

Full Text:

PDF

References


Ananda, R. Penerapan Pendekatan Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SD. JS (Jurnal Sekolah), 1 (2) (2017).

Annisa, R., & Erwin, E. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5 (5) (2021).

Aprinawati, I. Penggunaan Model Peta Pikiran (Mind Mapping) untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Wacana Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2 (1) (2018).

Idzhar, A. Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Office, 2 (1) (2016). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4604

Kartini, A., & Anggraeni Dewi, D. Implementasi Pendidikan Pancasila dalam Menumbuhkan Rasa Nasionalisme Generasi Muda di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9 (2) (2021).

Pebriana, P. H. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Menerapkan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada Siswa Kelas V SDN 003 Bangkinang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1) (2017).

Prihartanta, W. Teori-Teori Motivasi Prestasi. Widayat Prihartanta, 1 (83) (2015).

Rahmawati, D. N., Nisa, A. F., Astuti, D., Fajariyani, F., & Suliyanti, S. Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Media Penilaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2 (1) (2022). https://doi.org/10.35878/guru.v2i1.335

Wilda, A. P., Ester, J. S., Regina, S., & Patri, J. S. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning di Sekolah Dasar. 4 (4) (2021).

Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3 (3) (2019). https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i1.3196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.