Implementasi Supervisi Kepala Madrasah dalam Perkembangan Madrasah (Tinjauan Kritis Terhadap Penelitian-Penelitian Terkini)

Raudhatul Jannah, Umri Umri, Sabarudin Sabarudin

Abstract


Peran kepala madrasah dalam implementasi supervisi sangat vital dalam pengembangan madrasah. Berbagai penelitian tentang implementasi supervisi di madrasah sudah banyak dilakukan. Diperlukan tinjauan kritis untuk membuat penilaian terhadap berbagai penelitian tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan konten analis bersumber dari tulisan, buku atau jurnal ilmiah. Terdapat 10 penelitian yang dianalisis. Ditinjau dari strategi supervisi, terdapat 5 penelitian yang menggunakan strategi supervisi akademik dan hanya 1 yang menggunakan strategi klinis. Strategi yang digunakan dinilai belum variatif. Terdapat beberapa strategi lainnya seperti supervisi artistik, direktif, non-direktif dan kolaboratif. Ditinjau dari teknik supervisi, terdapat 5 penelitian yang memakai teknik analisis individual dan 1 penelitian menggunakan teknik gabungan (individual-kelompok). teknik supervisi masih terbatas kepada kepala madrasah yang menjadi pusat supervisi. Dalam implementasinya, berbagai supervisi belum melaksanakan alur supervisi secara benar dan lengkap. 2 penelitian tidak memuat rencana tindak lanjut terhadap hasil supervisi. Diperlukan kolaborasi antara kepala madrasah dan guru dalam menentukan aspek supervisi ataupun permasalahan pembelajaran untuk optimalisasi supervisi di madrasah.


Keywords


Supervisi, Madrasah, Tinjauan Kritis

Full Text:

PDF

References


Adina, Nurul, Muhammad Saleh, and Novita Sari. “Implementasi Supervisi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MTs Pesantren Al-Ikhwan As-Salam Serapuh ABC.” Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies (2023).

Agustiwa, Dimas, Muhammad Fahri, and M Kholil Nawawi. “Implementasi Supervisi Kepala Madrasah Dalam Membina Profesionalisme Guru Di MI Annur Cikahuripan Kabupaten Bogor.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no. 2 (2022).

Bantang, Bantang. “Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pengambangan Silabus Dan Implementasi Rpp Melalui Penerapan Supervisi Akademik Kepala Madrasah MTS Muhammadiyah Limbung.” Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya 1, no. 2 (2022).

Boy, Nur Asia, Asmawati R Sengaji, Louay Almuhtadi Billah, and Muhammad Nizam. “Peran Kepala Madrasah Dalam Supervisi Pembelajaran Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Fatulmubin.” Jurnal Kiprah Pendidikan 1, no. 2 (2022).

Hidayat, M Pd I. Kepemimpinan Dan Supervisi Pendidikan. YPSIM Banten, 2020.

Lubis, Nuraini Ade Putri. “Implementasi Supervisi Kepala Madrasah Bersama Guru Senior Di MAS MPI Silo Bonto Kecamatan Silau Laut Kabupaten Asahan.” Jurnal Malay: Manajemen Pendidikan Islam & Budaya 2, no. 4 (2022).

Menteri Agama Republik Indonesia. Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2017 Tentang Kepala Madrasah, 2017.

Mohammad, Syafi’I. “Implementasi Supervisi Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jember.” Jurnal Pendidikan Dan Kajian Aswaja 8, no. 1 (2022).

Munawaroh, Junadatul, and Ruwandi Ruwandi. “Implementasi Supervisi Klinis Dalam Pembelajaran Fiqih Di Madrasah Aliyah Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Gajah Demak.” Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke Islaman 10, no. 1 (2023).

Mutoharoh, Ade, Ryuzen Praja Tuala, Muhammad Yasin, and Suci Hartati. “Implementasi Supervisi Akademik Kepala Madrasah Di MAN 1 Metro.” UNISAN JURNAL 1, no. 3 (2022).

Puspo Nugroho. M. Pd. I Yohanes Umbu Lede. Supervisi Pendidikan. Pasaman: CV. AZKA PUSTAKA, 2022.

Rulloh, Imas, Esen Pramudya Utama, and Etika Pujianti. “Implementasi Supervisi Akademik Kepala Madrasah Dalam Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam.” UNISAN JURNAL 2, no. 3 (2023).

Sabandi, Ahmad. “Supervisi Pendidikan Untuk Pengembangan Profesionalitas Guru Berkelanjutan.” Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan 13, no. 2 (2013).

Setyoningrum, Muthia Umi, Ifah Khoirunnikmah, and Nabila Syahrani. “Implementasi Supervisi Kepala Madrasah Terhadap Guru Di Madrasah Tsanawiyah Al-Mujahidin Samarinda.” Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo 3, no. 2 (2022).

Siswanto, Edy, and Laily Hidayati. Supervisi Pendidikan,“Menjadi Supervisor Yang Ideal.” Unnes Press, 2021.

Supriadi, Supriadi. “Implementasi Supervisi Akademik Kepala Madrasah Pada Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 Di MTSN Kabupaten Lima Puluh Kota.” Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 13, no. 1 (2023).

Syamsuddin, Syamsuddin. “Upaya Membantu Kepala Madrasah Mempersiapkan Akreditasi Melalui Pemanfaatan Hasil Monitoring Standar Nasional Pendidikan Pada Madrasah Ibtidaiyah Swasta Miftahul Ulum Ambahai Kecamatan Paminggir Kabupaten Hulu Sungai Utara.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (December 13, 2018).

Syukron, Muhammad, Diana Riski Sapitri Siregar, and Sita Ratnaningsih. “Model Supervisi Dalam Penjaminan Mutu Lembaga Pendidikan.” Jurnal Kependidikan Islam 13, no. 1 (2023).

Wijaya, H. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i1.3258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.