PERAN PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK UNTUK MENANAMKAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA

Miftahul Jannah

Abstract


Pembelajaran Aqidah akhlak di masa sekarang ini adalah urgen di dalam pendidikan, sebab tidak dapat dipungkiri oleh manusia pada saat ini setiap ucapan dan perbuatan harus berlandaskan dengan pembelajaran Aqidah Akhlak. Pembelajaran Aqidah Akhlak tidak hanya menekankan pada aspek intelektual semata tetapi juga sangat ditekankan pada asfek karakter. Pendidikan karakter amat diperlukan apalagi di sekolah, walaupun hakikatnya dasar dari penerapan pendidikan karakter yang paling utama harus ditanamkan melalui pendidikan di dalam keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis Pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak di MIN Barabai Utara, Peran pembelajaran Aqidah Akhlak untuk menanamkan nilai pendidikan Karakter siswa di MIN Barabai Utara, faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Aqidah Akhlak dalam menanamkan nilai pendidikan karakter siswa di MIN Barabai Utara. Wawancara, dokumentasi serta observasi adalah teknik pengumplan data yang digunakan oleh penulis, yaitu data dianalisis secara kualitatif menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Hasil Analisis Pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak di MIN Barabai Utara bersifat aplikatif artinya dalam pembelajaran Aqidah Akhlak siswa mampu menerapkan segala tingkah laku yang telah ditanamkan melalui program di sekolah dengan menggunakan metode penanaman Pendidikan Karakter Rasulullah, Peran pembelajaran Aqidah Akhlak untuk menanamkan nilai pendidikan Karakter melalui pengaplikasian terhadap materi pembelajaran Aqidah Akhlak ditinjau berbagai aspek, di antaranya RPP dan Silabus yang berkarakter, melalui penyediaan fasilitas seperti mushala, perpustakaan, faktor pendukung penanaman pendidikan karakter di MIN barabai Utara tersedianya guru professional dan Lingkungan Sekolah sedangkan faktor penghambat ialah lingkungan keluarga.

Keywords


Kata Kunci Peran Pembelajaran Aqidah Akhlak, Pendidikan Karakter siswa

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Akhmad muhaimin azzet. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011

Anis Matta, Muhammad, Membentuk Karakter Cara Islami, Jakarta: Al-I’tishom Cahaya Umat, 2003

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Yogyakarta: Rineka Cipta, 2002

Arismantoro.Tinjauan Berbagai aspek Character Building Bagaimana Mendidik Anak Berkarakter, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2008

Dharma Kesuma, dkk., Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktek di Sekolah, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011

Drajat, Zakiyah dkk, Ilmu Pengetahuan Islam, Jakarta, Bumi Aksara dan Direktorat Jenderal Pebinaan Kelembagaan Agama Islam Depertemen Agama, 1996.

Hurlock, Elizabeth B. Perkembangan Anak, diterjemahkan oleh Med. Meitasari Tjandrasa. Jakarta: Penerbit Erlangga, t. th.

Mansyur. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Diyjen Binbaga Islam, 2009

Nazir. Moh. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2009

Nizar, Samsul dan Zainal Efendi Hasibuan, Hadits Tarbawi: Membangun Kerangka Pendidikan Ideal Perspektif Rasulullah, Jakarta: Kalam Mulia, 2011

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2011

Syahidin. Menelusuri Metode Pendidikan dalam Al-Qur’an. Bandung: Alfabeta, 2009

Tabrani. A. dkk. Upaya Meningkatkan Budaya Kinerja Guru Sekolah Dasar (t.tp. Inti Media Cipta Nusantara, 2001

Sulaiman Rasyid, Fiqh islam, Bandung: Sinar baru algesindo, 2010




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v4i2.326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.