PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH KELAS RENDAH MENGGUNAKAN PICTURE WORD INDUCTIVE MODEL

Muhammad Majdi

Abstract


Keterampilan membaca termasuk dari empat komponen keterampilan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu keterampilan menulis, membaca, berbicara, dan menyimak. Penelitian ini berfokus pada keterampilan membaca jenis keterampilan membaca permulaan pada kelas rendah. Karena dilapangan masih ditemukan sebagian kecil peserta didik yang belum terampil dalam membaca, oleh karena itu strategi Picture Word Inductive Model adalah salah satu langkah terapi yang cukup sederhana namun efektif diterapkan kepada peserta didik tersebut, baik itu bagi peserta didik yang memiliki kemampuan membaca rendah sampai kepada kemampuan sedang dan tinggi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif bersifat induktif. Subjek dalam penelitian ini adalah wali kelas 2b MIS Al Islamiyah Bangkar yang berinisial MIY dan 32 siswa kelas 2b. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pengembangan keterampilan membaca menggunakan Picture Word Inductive Model dapat mengembangkan kualitas pembelajaran keterampilan membaca permulaan bagi kelas 2 MIS Al Islamiyah Bangkar, dengan tahapan-tahapan sebagai berikut 1) pengenalan gambar guru menggunakan konsep gambar pop up. 2) Peserta didik mengidentifikasi gambar. 3) Review kata bergambar secara audio dan visual. 4) Menyusun kata dan kalimat, bersama mengembangkan kata menjadi sebuah kalimat sederhana. Jadi hasilnya peserta didik yang memiliki keterampilan membaca rendah mulai berangsur-angsur membaik dengan tindak lanjut secara continue atau berkelanjutan disetiap pembelajarannya. Sedangkan peserta didik yang sudah memiliki keterampilan membaca sedang dan tinggi dapat mengembangkannya lebih baik lagi.

Full Text:

PDF

References


Aminuddin, Prinsip-Prinsip Pembelajaran Terpadu dan Model Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Sinar Baru, 1994.

Amir Tengku ramly, Proses Belajar Mengajar.Jakarta: Bumi Aksara, 2004.

Asih, Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia.Bandung: Pustaka Setia, 2016.

Benardi, Andi Irwan. Pendidikan Kesiapsiagaan Bencana Tanah Longsor Untuk Siswa Anak Usia Dini Dengan Metode Dongeng Berbasis Media Pop Up Book Di Paud Dewi Sartika Kecamatan Bergas. Jurnal., Portal Jurnal Elektronik UM: Jurusan Pendidikan Geografi: UM. 2017.

Bruce Joyce, Models of Teaching: Model-Model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Fahrurrozi, Pembelajaran Membaca Permulaan di Sekolah Dasar, Jurnal Ilmiah PGSD Vol. X No.2 Oktober 2016.

Henry Guntur Tarigan, Menulis: sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa, 1986.

Hertika Jeniar Litri, Implementasi Metode Reading Aloud Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 2 SD, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 31 Tahun ke-5 2016.

Hisyam Zaini, dkk, Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2008.

Isah Cahyani, Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan islam, 2012.

Ismail SM, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Efektif, dan Menyenangkan).Semarang: Rasail Media Group, 2008.

Joko Muktiono, Menumbuhkan Minat baca pada Anak. Jakarta: ElexMedia Komputindo, 2003.

Lalu kasiran, Penerapan Strategi Picture Word Inductive Model Guna Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Menyusun Teks Deskriptif Berbahasa Inggris Bagi Siswa Kelas Vii/A Smp Negeri 3 Praya Tahun Ajaran 2014/2015, Jurnal Media Bina Ilmiah, Vol.12, No.11 Juni 2018.

Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya,2015.

Rachmawati, Pengembangan Model Induktif Kata Bergambar Pada Pembelajaran Menulis Permulaan Di Kelas Ii Sd, Sekolah Dasar, Tahun 24 Nomor 2, November 2015.

Siti Anisatun Nafi’ah, Model-Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2018.

Slamet, St.Y, Dasar-Dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Surakarta: UNS Press , 2007.

Solchan T. W.. dkk, Pendidikan Bahasa Indonesia di SD.Banten: Universitas Terbuka Press, 2014.

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif Interaktif dan Konstruktif. Bandung: Alfabeta. 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v5i1.330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.