Penerapan Model Pembelajaran PAI BP dalam Peningkatan Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar

Rabi’ah Rabi’ah

Abstract


Penerapan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI BP) di Sekolah Dasar menjadi hal krusial dalam meningkatkan pembelajaran PAI. Artikel ini membahas model pembelajaran PAI BP sebagai suatu perencanaan yang mencakup transfer pengetahuan dan nilai-nilai agama kepada peserta didik. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat meyakini, memahami, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam. Proses pembelajaran ini didasarkan pada beberapa prinsip, termasuk perhatian dan motivasi, keaktifan, keterlibatan langsung, pengulangan, tantangan, balikan, penguatan, dan pengakuan terhadap perbedaan individu. Dalam konteks model pembelajaran PAI BP, penting bagi guru untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perubahan perilaku peserta didik. Meskipun berbagai model pembelajaran dapat diterapkan, guru harus mengondisikan lingkungan agar mendukung perubahan perilaku. Pembaharuan terhadap model pembelajaran yang monoton di kelas menjadi model yang memungkinkan peserta didik menjadi aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan diperlukan. Salah satu model yang diusulkan adalah Discovery Learning, yang memungkinkan siswa aktif menemukan dan menyelidiki sendiri, memberikan peluang bagi perkembangan keterampilan belajar mandiri. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan, dengan pengumpulan informasi dari berbagai sumber pustaka baik secara offline maupun online. Penelitian ini memanfaatkan literatur sebagai dasar untuk memahami konsep penerapan model pembelajaran PAI BP. Hasil dan pembahasan melibatkan pengertian model pembelajaran PAI BP, penerapannya dalam meningkatkan pembelajaran PAI di Sekolah Dasar, dan beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar. Kesimpulan dari artikel ini menekankan pentingnya penerapan model pembelajaran PAI BP dalam mencapai tujuan pembelajaran dan pengembangan karakter peserta didik di sekolah dasar.


Keywords


Model Pembelajaran PAI BP, Pembelajaran Agama Islam, Lingkungan Pembelajaran Interaktif

Full Text:

PDF

References


Abidin, Zaenal. Prinsip-Prinsip Pembelajaran “Kurikulum Dan Pembelajaran.” Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.

Asbar, Andi Muhammad. Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sekolah. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2022.

Bahtiar, Abd Rahman. “Prinsip-Prinsip Dan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 2 (2016). https://doi.org/10.26618/jtw.v1i2.368.

Choiriyah, Annisa’i. “Model Pembelajaran Pengalaman Langsung dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.” Nur El-Islam 3, no. 2 (October 1, 2016).

Octavia, Shilphy A. Model – Model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish, 2020.

Samsul, Nizar. Pengantar Dasar-Dasar Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama, 2001.

Sari, Milya, and Asmendri Asmendri. “Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA.” Natural Science 6, no. 1 (June 10, 2020): 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555.

Sarifah. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Pada Materi Ibadah Haji.” Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Palangka Raya 1, no. 1 (2021).

Uno, Hamzah B, and Nurdin Mohamad. Belajar Dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2015.

Wahyuni, Eka, and Fitriana Fitriana. “IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMP NEGERI 7 KOTA TANGERANG.” Tadarus Tarbawy : Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan 3, no. 1 (March 30, 2021). https://doi.org/10.31000/jkip.v3i1.4262.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i2.3308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.