Pengembangan Media Pembelajaran Busy Bag Bermuatan Literasi Sains bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah

Talitha Rahma Ul’arifah, Siti Rofi'ah

Abstract


Berdasarkan data survey siswa Indonesia mengalami krisis literasi sains yang salah satu penyebabnya adalah kurangnya media pembelajaran yang memadai oleh karena itu dibutuhkan optimalisasi pembelajaran literasi sains siswa dengan menciptakan beragam media pembelajaran berbasis literasi sains. Pada penelitian ini akan diuraikan proses pengembangan media pembelajaran Busy Bag dengan bermuatan literasi sains pada siswa kelas IV MIN 3 Jombang. Di dalam paket busy bag terdapat 3 bentuk permainan, yakni spinner, puzzle, dan kartu yang didesain dengan materi sains yakni siklus hidup hewan. R&D model Tessmer menjadi metode dalam penelitian ini. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket yang disebar kepada validator ahli materi, ahli media dan ahli pembelajaran.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran  buy bag sangat layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah dengan perolehan total persentase validasi dari para ahli sebesar 88% dan perolehan total rata-rata persentase kelayakan dari siswa sebesar 88% yang mana keduanya termasuk kategori sangat layak.


Keywords


Media Pembelajaran, Busy Bag, Literasi Sains

Full Text:

PDF

References


Arijumiati, Rosi, Siti Istiningsih, and Heri Setiawan. “Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Oleh Guru Pada Masa Pandemi Di SDN 1 Lajut Lombok Tengah.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 6, no. 4 (2021), https://doi.org/ 0.29303/jipp.v6i4.320

Azizah, Siti Nur. “Media Pembelajaran Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Al-Hadits.” Jurnal Literasiologi 6, no. 1 (2021). https://doi.org/ 10.47783/literasiologi.v6i1.242

Cahyana, Ucu, Abdul Kadir, and Monalisa Gherardini. “Relasi Kemampuan Berfikir Kritis Dan Literasi Sains Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” Edited by Nur Wiarsih, Titis Angga Rini, Imam Nawawi, Panut Setiono Mitthorieq, Muh. Arafik, Puri Selfi Cholifah, and Sukamti. Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 2017. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um009v26i12017p014.

Fitriani, Dewi Kurnia, Supeno, Diah Wahyuni, and Rahayuningsih. “Pengembangan Media Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Pembelajaran Ipa Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Literasi Sains.” Jurnal Edusciense 9, no. 2 (2022), https://doi.org/10.36987/jes.v9i2.2643.

Hadi, Syamsul, and Novaliyosi. “TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study).” Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 2019.

Harahap,“Analisis Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar Dharma.” Jurnal Basicedu 6, no. 2 (2022). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2400

Hasani, Nugroho Prasetya Adi; Zhul Fahmy. “Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Melalui Pengembangan Science Worked Example Dalam Konteks Kearifan Lokal Wonosobo (Kajian Teori).” JURNAL AL-QALAM: Jurnal Kependidikan, no. Vol 23 No 2 (2022).

Hidayah, Nurul, Rizka Wahyuni, Anton Tri Hasnanto, Universitas Islam, Negeri Raden, Intan Lampung, Universitas Islam, et al. “Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Berseri Berbasis Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Indonesia.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 7, no. 1 (2020). http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v7i1.6182

Juita, Dewi, and Yusmaridi M. “The Concept of ‘Merdeka Belajar’ in the Perspective of Humanistic Learning Theory.” Spektrum: Pendidikan Luar Sekolah 9, no. 1 (2021). https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v9i1.111912.

Kemdikbud. Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kemdikbud, 2017.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah Dengan.” Vol. 2011. Jakarta, 2013.

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. Modul Literasi Sains Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, 2021.

Mullis, Ina V S, Michael O Martin, Pierre Foy, and Kathleen T Drucker. PIRLS 2011 International Results in Reading. Chestnut Hill: TIMSS & PIRLS International Study Center, 2011.

Prasrihamni, Mega, Zulela, and Edwita. “Optimalisasi Penerapan Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas 8, no. 1 (2022). https://doi.org/https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1922.

Presiden Republik Indonesia. “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional.” Jakarta, 2013.

Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan. “Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia ( AKSI )/ Indonesia National Assessment Programme ( INAP ).” Indonesia, n.d.

Qodr, Taufiq Subhanul. “Media Pembelajaran Game Geograpiea Untuk Anak Sekolah Dasar Di Era Digital.” Journal of Curriculum Indonesia 3, no. 2 (2020). https://doi.org/10.46680/jci.v3i2.29.

Rofiah, Siti, and Evita Widiyati. “Pengembangan Gross Motorskill Anak Usia 7 Tahun Melalui Alat Peraga Edukasi Indoor.” Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah 4, no. 1 (2021), https://doi.org/10.54471/bidayatuna.v4i1.718.

Rusli, Kevin, Ani Wijayanti, and Luri Renaningtyas. “Pengujian Efektifitas Aplikasi ‘Do The Task’ Untuk Target Konsumen Di Surabaya.” Jurnal DKV Adiwarna, Universitas Kristen Petra 1, No 18, no. 121 (2021).

Safitri, Elis, Usep Kustiawan, and Suryadi Suryadi. “Pengembangan Alat Permainan Edukatif Busy Bag Untuk Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 3-4 Tahun.” Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan 1, no. 4 (2021). https://doi.org/10.17977/um065v1i42021p295-301.

Sari, Pusvyta. “Analisis Terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale Dan Keragaman Dalam Memilih Media Yang Tepat Dalam Pembelajaran.” Jurnal Manajemen Pendidikan 1, no. 1 (2019). https://doi.org/10.55352/mudir.v1i1.7.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2020.

Tessmer, Martin. Planning and Conductioning Formative Evaluation. London: Kogan Page Limited, 1993.

Tim GLN Kemendikbud. Literasi Sains (2017).

Ul’arifah, Talitha Rahma, and Siti Rofi’ah. “Pengaruh Pengaruh Media Pembelajaran Kaylira Busy Bag Pada Pembelajaran Tematik Terhadap Kecakapan Literasi Sains Siswa Kelas IV.” Al-Adawat: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 2, no. 02 (2023).

Utami, Larasati Dyah. “Tingkat Literasi Indonesia Di Dunia Rendah, Ranking 62 Dari 70 Negara.” perpustakaan.kemendagri.go.id, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i2.3323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.