Implementasi Pendidikan Holistik di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 Kalianda

Ilzam Naufal, Yetri Yetri, Junaidah Junaidah

Abstract


Istilah “Pendidikan umum” dan “Pendidikan agama” masih menjadi perbincangan di dunia pendidikan, sedangkan peran nilai-nilai pendidikan islam juga sangat penting dalam proses pengembangan seluruh potensi manusia dalam rangka menciptakan manusia holistik yang memiliki kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional dan kecerdasan kinestetik. Dan seluruh kecerdasan bisa terlaksana dengan pendidikan holistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apa pengertian dari pendidikan Holistik secara umum dan menurut para ahli. (2) Apakah Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 sudah menerapkan pendidikan holistik kepada para santri. Dalam pengumpulan data, metode yang digunakan oleh penulis adalah menggunakan pendekatan kualitatif, penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan melakukan pengumpulan data berupa jurnal, artikel, dokumen dan buku yang berkaitan dengan kepemimpinan Holistik di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 lalu menganalisisnya sehingga mendapatkan hasil yang diinginkan. Dan dalam pemeriksaan keabsahan data penulis menggunakan triangulasi data. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: (1) Pendidikan holistik dapat di artikan sebagai pemikiran secara menyeluruh dan berusaha menyatukan beraneka lapisan kaidah serta pengalaman yang lebih dari sekedar mengartikan manusia secara sempit, pendidikan holistik juga suatu upaya menyeimbangkan secara utuh aspek pemelajaran kepada murid dalam seluruh aspek pembelajaran, yang mencakup kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional dan kecerdasan Kinestetik. (2) Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 melaksanakan pendidikan holistik berupa meningkatkan kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional dan kecerdasan Kinestetik dengan berbagai macan kegiatan dan tanggung jawab langsung kepada santri, sehingga membantu mereka untuk bisa mengembangkan diri dari berbagai sisi kecerdasan.


Keywords


Pendidikan, Holistik, Kecerdasan, Pondok

Full Text:

PDF

References


Abdillah, Azmi. “Wawancara 15 November 2023 di kantor staf pengasuhan santri Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 Kalianda”.

BP, Abd Rahman. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan, dan Unsur-unsur pendidikan.” Kajian Pendidikan Islam 2 (2022).

Busthomi, Yazidul. “Pendidikan Kecerdasan Spiritual dalam Al-Qur’an Surat Al-Luqman.” Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam Vol. 1 No (2020).

Faisal. “Kecerdasan Intelektual Rasulullah Saw; Prespektif Hadist.” Jurnal Ulunnuha Vol 6 No 2 (2016).

Husna, Asmaul. “Konsep Pendidikan Holistik Menurut Pemikiran Muchlas Samani dan Implentasinya pada Sistem Pendidikan di Indonesia.” Pendidikan Islam 2 (2017).

Jalal, Hariyanto Abdul. “Wawancara di Rumah Wakil Pengasuh Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 Kalianda tanggal 17 November 2023”.

Kahfi, Muhammad Iqbal Abdullah. “Pendidikan Kecerdasa Intelektual Berbasis Al-Quran.” Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam Vol. 2 No. (2020).

Maman. “Wawancara di kantor staf kulliyatul Muallimin Al-Islamiyah tanggal 20 November 2023”.

Mindaudah. “Paradigma Pendidikan Holistik.” Pedagogi Vol 1 No 1 (2020).

Musfah, Jejen. Membumikan Pendidikan Holistik. Jakarta: Kencana, 2012.

Putra, Ayang Aji. “Wawancara di kantor staf pengembangan bahasa Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 Kalianda tanggal 19 November 2023”.

Putri, Yeni Sugen. “Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. PLN PERSERO Area Klaten.” Jurnal Studi Manajemen & Organisasi Vol 13 (2016).

Sari, Milya. dan Asmendi. “Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA.” Penelitian Bidang IPa dan Pendidikan IPA 1 (2020).

Sujana, I Wayan Cong. “Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia.” Pendidikan Dasar 4 (2019).

Syaifudin. “Manajemen Pesantren dalam Menerapkan Bahasa Arab di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 Kalianda, Lampung Selatan.” Manajemen Pendidikan Islam 5 (2022).

Syarifah. “Manajemen Kurikulum Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah di Pondok Modern Darussalam Gontor.” Jurnal At-ta’dib Vol. 11 No (2016).

Tim Litbang Kulliyatul Muallimin Al-Islamiyah. Manhaj Dirasi: Tahun 1444-1445. Ponorogo: Pondok Modern Darussalam Gontor, 2022.

Tim Sparrow and Amanda Knight. Attitudes in Develoving Emotional Intellegence. San Fransisco: Jossey Bss, 2006.

Tribunnews. “Pondok Modern Darussalam Gontor.” 11 Mei, 2021. https://www.tribunnewswiki.com/2021/05/11/pondok-modern-darussalam-gontor.

Widhianawati, Nana. “Pengaruh Pembelajaran Gerak Dan Lagu Dalam Meningkatkan Kecerdasan Musikal Dan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini (Studi Eksperimen Kuasi Pada Anak Kelompok Bermain Mandiri SKB Sumedang).” Jurnal Edisi Khusus Vol. 2 (2011).

Wulandari, Dwi Erni. “Pendidikan Kholistik dalam Prespektif Pendidikan Islam.” UIN Raden Intan Lampung, 2018.

Wulandari, Fitria. “Konsep Pendidikan Holistik dalam Membina Karakter Islami.” Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 5 No 2 (2021).

Yuningsih, Restu. “Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Pembelajaran Gerak Dasar Tari Minang.” Jurnal Pendidikan Usia Dini Vol. 9 No (2015).

Yuliani, Feni. “Pengaruh Kebiasaan Tadabbur Al-Quran Terhadap Kecerdasan Spiritual Anggota Komunitas Tadabbur Quran.” Jurnal Psikologi Islam Vol. 6 No. (2019).

Yusuf, Muhammad. “Pendidikan Holistik Menurut Para Ahli.” Pendidikan Guru, 2019.

Zarkasyi, Abdullah Syukri. Bekal Untuk Pemimpin. Ponorogo: Trimurti Press, 2022.

Zarkasyi, Ahmad Hidayatullah. “The Implementation of Emotional Intelligence at Darussalam Modern Gontor Islamic Institution.” At-Ta’dib Vol. 16 No (2021).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i2.3351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.