Karakteristik Sikap Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah di Sekolah Dasar (Studi Kasus di SD Salafiyah Fityatul Huda)

Debbi Silvia Aqida, Rovika Meisya, Sabarudin Sabarudin

Abstract


Anak-anak harus dididik dan ditanamkan kebiasaan positif sejak sekolah dasar agar mereka sukses di bidang akademik dan non akademik. Hal tersebut dapat membantu mereka menjadi berakhlak mulia, berbudi pekerti, sopan dalam berbicara dan bertingkah laku, sehingga kelak setelah dewasa mereka berperilaku dengan baik. Dengan bantuan kepala sekolah, hal ini dapat dibentuk secara dini di keluarga dan di sekolah, terutama di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi ciri-ciri sikap kepala sekolah dan budaya sekolah di SD Salafiyah Fityatul Huda Kota Pekalongan. Penelitian kualitatif ini dilakukan dalam bentuk studi kasus. Kepala sekolah dan guru adalah subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis kualitatif dilakukan menggunakan model interaktif. Hasil penelitian Budaya positif (collegeal school culture) di sekolah SD Salafiyah Fityatul Huda yang berkembang dengan cukup baik yaitu sebagai berikut: Sikap kepemimpinan kepala sekolah di SD Salafiyah Fityatul Huda terdiri dari (1) memberi contoh; (2) menahan diri, mempertimbangkan perasaan bawahan dan senior; (3) bijaksana; dan (4) pasrah. Sholat berjamaah, membaca Rotib dan Maulid, menjaga kebersihan sekolah, senyum, salam, dan penghargaan adalah budaya sekolah yang berkembang.


Keywords


Sikap, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Sekolah

Full Text:

PDF

References


Bu’tu, D. Peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMP N 2 Sentani Kabupaten Jayapura. Yogyakarta: Program Pascaarjana UNY. 2011.

Cardoso, Gomes Faustino. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi Offset. 2001.

Creswell, John W. Keterampilan Esensial Untuk Peneliti Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2018.

Deal, Terrence E, and Kent D Peterson. Shaping School Culture. San Francisco: John Wiley & Sons, 2016.

Halverson, Richard, Carolyn Kelley, and James Shaw. “A CALL for Improved School Leadership.” Phi Delta Kappan 95, no. 6 (2014).

Hancock, Donna, Patricia Hyjer Dyk, and Kenneth Jones. “Adolescent Involvement in Extracurricular Activities: Influences on Leadership Skills.” Journal of Leadership Education 11, no. 1 (2012).

Kleihauer, Sarah, Carrie Ann Stephens, and William E Hart. “Insights from Six Women on Their Personal Journeys to Becoming Deans of Agriculture: A Qualitative Study.” Journal of Leadership Education 11, no. 1 (2012).

Komariah, A, and C Triatna. Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Mathis, Robert L, and John H Jackson. Human Resource Management: Manajemen Sumber Daya Manusia. Terjemahan Dian Angelia. Jakarta: Salemba Empat 72, 2006.

Maxwell, J.C. The 360o Leader: Mengembangkan Pengaruh Anda Dari Posisi Manapun Dalam Organisasi. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer, 2005.

Muhtarom, Taufik, and Muhammad Nur Wangid. “Studi Komparasi Budaya Sekolah Sdsn Dan Sd Eks Rsbi Di Daerah Istimewa Yogyakarta.” Jurnal prima edukasia 1, no. 2 (2013).

Mulyasa, Enco. Menjadi Kepala Sekolah Yang Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Purwanto, M Ngalim. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya, 2009.

Silalahi, Ulber. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditma, 2009.

Tika, M.P. Budaya Organisasi Dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Usman, Husaini. “Manajemen Teori, Dan Riset Pendidikan.” Bumi Aksara Jakarta (2014).

Wulandari, Deri Yustin. “Pengaruh Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Mengajar Guru.” Masters, Universitas Pendidikan Indonesia, 2012.

Yazid, Muh, and Cepi Safruddin Abdul Jabar. “Hubungan Mutu Guru, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Dan Status Ekonomi Guru Dengan Kinerja Guru SD Kecamatan Suralaga Lombok Timur.” Jurnal Prima Edukasia 1, no. 1 (2013).

Zamroni. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Bigraf Publishing, 2000.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i2.3354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.