Penerapan Metode Tajdied pada Pembelajaran Membaca Al-Qur’an dalam Membentuk Siswa Berprestasi di Sekolah Dasar

Ragil Mayangsari, Nur Maslikhatun Nisak

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan metode Tajdied dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran dan prestasi siswa-siswi di SD Muhammadiyah 1 Krian. Dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan field research, data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dari siswa kelas 4, Utadzah BTQ, dan Kepala Koordinator BTQ. Analisis data mengikuti metode Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode tajdied telah terbukti sebagai pendekatan yang efektif dalam pembelajaran membaca Al-Quran dan mampu membentuk siswa-siswi yang berprestasi. Dengan mengintegrasikan aspek-aspek tajdied seperti tajwid dan tartil, metode ini tidak hanya meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran secara teknis, tetapi juga mempermudah pembelajaran membaca. Pembelajaran ini tidak hanya dapat menciptakan pembaca yang fasih, tetapi juga memupuk rasa kecintaan dan kekhusyukan terhadap Al-Quran.  Dengan demikian, penerapan metode Tajdied dapat dianggap sebagai langkah produktif dalam mencetak generasi yang tidak hanya mahir dalam bacaan Al-Quran, tetapi juga memiliki pemahaman mendalam dan berprestasi dalam mengamalkan ajaran Islam.


Keywords


Metode Tajdied, Al-Quran, Prestasi, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Andri Nirwana, Ahmad Nurrohim, Ilham Jimly Ash-Shiddiqi, Muhammad Azizi, Muhammad Agus, Tifanni Lovely, Ibnu Mas’ud, dan Sayed Akhyar. “Pelatihan Metode Tajdied Untuk Peningkatan Membaca Al-Qur’an Siswa SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat.” Jurnal Pema Tarbiyah 2, no. 1 (2023).

Arifin, Zainal. “Metode Tajdied Menghafal Al-Quran,” 2021.

Basri, Hasan, dan Nur Chasanah. “Implementasi Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) dengan Metode Tajdied Siswa pada Tingkatan Dasar SMP Muhammadiyah 04 Kebomas.” Tamaddun: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan 24, no. 2 (2023).

Effendi, Sofian. “Sejarah dan Perkembangan Metode Pembelajaran Baca Al-Qur’an di Indonesia,” 2021.

Fachrurozi, M. Ali. “Keutamaan membaca Al-Qur’an menurut pandangan KH. Muntoha Al-Khafidz (Studi Filologi kitab Abharul Qur’an).” PhD Thesis, IAIN KUDUS, 2023.

Ghofi, Abdul. “Implementasi Metode Tajdied Dalam Baca Al–Quran Di SD Muhammadiyah 1 Jember.” PhD Thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, 2019.

Hernawan, Didik, dan Muthoifin Muthoifin. “Penerapan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an.” Profetika: Jurnal Studi Islam 19, no. 1 (2019).

Indal, Abror. Metode Pembelajaran Al-Qur’an: Kumpulan Metode-Metode Belajar Huruf Al-Qur’an. Yogyakarta: SUKA-Press, 2022.

Laila, Izha. “Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Siswa Dalam Membaca Al-Qur’an di SDN 02 Batu Alang Sibarambang.” Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus, 2023.

M., Fitriyani. “Analisis Rendahnya Minat Baca Tulis Al-Qur’an dan Faktor yang Mempengaruhinya di SMP 8 BTN Sekkang Mas Kabupaten Pinrang.” UIN Alauddin Makassar, 2019.

Mawardi, Amirah. “Membaca Al-Quran Dan Kecerdasan Spiritual: Sebuah Studi Pada Santri Pondok Pesantren Khairul Ummah Kabupaten Bantaeng.” PILAR 14, no. 1 (12 Juni 2023).

Muhammad, Defy Habibi. “Upaya Peningkatan Baca Tulis Al-Quran Melalui Metode Qiroati.” JIE (Journal of Islamic Education) 3, no. 2 (2019).

Nashiruddin AR, Okta Mohammad Amin. “Implementasi Metode Tajdid Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Di SMP Muhammadiyah 4 Gurah.” PhD Thesis, IAIN Kediri, 2021.

Nisak, Nur Maslikhatun. “Implementasi Kurikulum Pembelajaran Al Qur’an di Sekolah Dasar.” Halaqa: Islamic Education Journal 2, no. 2 (2018).

Nur, Ita Rosita, dan Rita Aryani. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Iqra’pada Santriwan/Santriwati TPQ Nurussholihin Pamulang Kota Tangerang Selatan.” AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis 2, no. 3 (2022).

Nursalikah, Ani. “65 Persen Muslim Indonesia Tidak Bisa Baca Alquran.” Republika Online, 12 April 2021.

Rijkiyani, Rike Parita, Syarifuddin Syarifuddin, dan Nida Mauizdati. “Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Potensi Anak pada Masa Golden Age.” Jurnal Basicedu 6, no. 3 (2022).

Sapuroh, Siti. “Efektivitas Ekstrakulikuler BTQ Dalam Meningkatkan Kompetensi Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Di SMPN 9 Rejang Lebong.” EDUCATOR: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan 2, no. 1 (2022).

SD Muhammadiyah 1 Krian. “SD Muhammadiyah 1 Krian - Unique and Solutif School.” SD Muhammadiyah 1 Krian. Diakses 25 Januari 2024.

Tirtanang, M. Wasyib. “Metode Tajdied Dalam Mengembangkan Potensi Anak Didik Dibidang Baca Alqur’an di SD Muhammadiyah 10 Surabaya.” PhD Thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya, 2019.

Wahyudi, Candra Tri. “Implementasi Metode Tajdid Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran (Studi Multisitus di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Tulungagung dan Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Trenggalek).” PhD Thesis, IAIN Tulungagung, 2019.

Yusron, Muhammad, dan Muhammad Tamyiz. “Analisis Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Program Tahfidz Metode Tajdied di MI Muhammadiyah 21 Kapas Bojonegoro.” Studia Religia: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam 6, no. 2 (2022).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i2.3355

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.