Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Karakter Religius Peserta Didik di Era Globalisasi

Ridma Diana, Sugiharto Sugiharto

Abstract


Pentingnya pendidikan karakter religius dalam era globalisasi saat ini sangat dibutuhkan guna membangun dan menjaga moralitas generasi penerus bangsa. Era globalisasi menuntut agar para generasi bangsa dapat maju dengan kemajuan teknologi dengan tetap menjaga nilai-nilai dan norma-norma agama dan budaya. Usia dini yang duduk dibangku Sekolah Dasar menjadi perhatian utama dalam membangun karakter religius, agar tetap terus berkembang dan menjadikan norma-norma dan nilai-nilai yang tetap dipegang dalam menjalankan kehidupan seharti-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membangun karakter religius peserta didik di era globalisasi di SDN Tanah Sereal 02 Petang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan, bahwa guru Pendidikan Agama Islam memiliki peran yang sangat penting sebagai contoh dan teladan untuk seluruh warga sekolah sekaligus orang yang mengajarkan dan membimbing peserta didik untuk dapat mengamalkan nilai-nilai karakter religius peserta didik di lingkungan Sekolah sesuai dengan ajaran Agama Islam. Strategi dalam membangun karakter religius peserta didik juga dilakukan melalui berbagai kegiatan dan program yang terencana serta bekerja sama dengan seluruh guru dan kepala sekolah. Adapun beberapa kendala yang terlihat yaitu salah satu dari fasilitas sarana dan prasarana sekolah, seperti mushollah dan lapangan yang digunakan secara bergantian di Sekolah, kurangnya sinergi yang baik antara program sekolah dan orang tua peserta didik terkait optimalisasi pendidikan karakter religius dan beberapa kegiatan yang tertunda karena rapat kedinasan yang mengharuskan guru Pendidikan Agama Islam meninggalkan Kelas.


Keywords


Guru Pendidikan Agama Islam, Karakter Religius, Era Globalisasi

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, Dini, Rita Rohimatul Barokah, and Sary Sukawati. “Pengaruh Kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) Terhadap Sikap Religius Mahasiswa Ikip Siliwangi.” Parole : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 1, no. 6 (November 24, 2018). https://doi.org/10.22460/p.v1i6p%p.1782.

Astuti, Sri, Puri Pramudiani, Khusniyati Masykuroh, and Syafika Ulfah. “Sinergitas Guru dan Orang Tua dalam Integrasi Nilai Karakter pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19.” Jurnal Pendidikan Karakter 12, no. 1 (2021).

Aziz, Hafidh. “Guru Sebagai Role Model Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Perspektif Pendidikan Islam Dan Ki Hajar Dewantara.” Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 1, no. 2 (2016). https://doi.org/10.14421/jga.2016.12-01.

Creswell, John W. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. New Delhi: SAGE Publications, 2007.

Furkan, Nuril. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah Di SMA Negeri 1 Dompu Dan SMA Negeri 1 Kilo Kabupaten Dompu.” Disertasi, Universitas Negeri Yogyakarta, 2013.

Hasba, Sandra. “Multi Peran Guru Di SMP Negeri 1 Konawe Selatan (Antara Kinerja Dan Panggilan Moral).” Shautut Tarbiyah 25, no. 2 (November 30, 2019). https://doi.org/10.31332/str.v25i2.1672.

Liputan6.com. “Siswa SD di Sukabumi Tewas Dikeroyok Teman Sekolah, Komisi X: Bullying Ancaman Nyata.” liputan6.com, May 22, 2023.

Munawwaroh, Azizah. “Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7, no. 2 (November 3, 2019): 141. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.363.

Nurkholis, Nurkholis. “Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi.” Jurnal Kependidikan IAIN Purwokerto 1, no. 1 (2013). https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530.

“Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010,” n.d.

Ramdhani, Muhammad Ali. “Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter.” Jurnal Pendidikan UNIGA 08, no. 01 (2017).

Setyadi, Yulianto Bambang, Tri Oktafia Anggrahini, Nanda Putri Kusuma Wardani, Wakhid Nanang Yunanto, Oktadina Tri Setiawati, Ganjar Nur Hidayati, Gita Ristiani Amalia, Meilinda Kurnia Dewi, Nugroho Priyatmojo, and Ismiyanto Nugroho. “Penerapan Budaya 5S Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Di MTs Muhammadiyah 9 Mondokan, Sragen.” Buletin KKN Pendidikan 1, no. 2 (May 6, 2020). https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10774.

Sugiyarto. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2011.

Suhartono, and Anik Indramawan. Group Investigation: Konsep Dan Implementasi Dalam Pembelajaran. Lamongan: Academia Publication, 2021.

Supriyadi, Edy. “Pengembangan Pendidikan Karakter Disekolah.” Seminar Nasional “Character Building for Vocational Education,” 2010.

Suryanti, Eny Wahyu, and Febi Dwi Widayanti. “Pendidikan Karakter Berbasis Religius.” Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH), 2018.

“Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,” 2003.

Warsah, Idi, and Muhamad Uyun. “Kepribadian Pendidik: Telaah Psikologi Islami.” Psikis : Jurnal Psikologi Islami 5, no. 1 (June 18, 2019). https://doi.org/10.19109/psikis.v5i1.3157.

Wati, Dian Chrisna, and Dikdik Baehaqi Arif. “Penanaman Nilai-Nilai Religius Di Sekolah Dasar Untuk Penguatan Jiwa Profetik Siswa.” Yogyakarta, Indonesia, 2017.

Yuliharti. “Implementation of Islamic Religious Education in Developing Students’ Religious Character.” International Journal of Science and Society 4, no. 3 (August 15, 2022). https://doi.org/10.54783/ijsoc.v4i3.505.

Zubaedi. Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kharisma Putra Utama, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i2.3367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.