Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Metode Tebak Gerakanku di Kelas 1 SD Negeri Anggarudin Kecamatan Nagrak

Lea Diana Rahmat, Arsyi Rizqia Amalia, Dyah Lyesmaya

Abstract


Rendahnya keterampilan membaca permulaan siswa di kelas 1 SD negeri Anggarudin, menjadi latar belakang permasalahan yang dilihat oleh peneliti. hal ini dapat diketahui dari hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang masih rendah dalam menyebutkan simbol huruf, melafalkan simbol huruf, dan mengeja huruf menjadi kosakata dan menjadi kalimat yang sederhana. Data awal menunjukkan dari 27 siswa kelas 1 hanya 8 siswa yang Sudah memenuhi indikator keterampilan membaca permulaan siswa. Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran kooperatif dengan model pembelajaran tebak gerakanku karena pada umumnya siswa kelas 1 SD sangat menyukai bermain sambil belajar. Di samping itu penerapan metode ini juga telah berhasil dilaksanakan oleh peneliti sebelumnya yaitu Amalia, Harpiani, dan Zumroatun. Penelitian ini menunjukkan hasil yang sangat baik, terlihat dari meningkatnya keterampilan membaca siswa. Penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode tebak gerakanku terbukti meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 1 SD Negeri Anggarudin. Sebelum dilakukan penelitian ini hanya 8 siswa dari 27 siswa yang sudah memenuhi indikator keterampilan membaca permulaan. Dan setelah dilakukan penelitian dengan menggunakan metode tebak gerakanku meningkat menjadi 23 siswa yang mampu memenuhi indikator keterampilan membaca permulaan siswa.


Keywords


Keterampilan Membaca Permulaan, Tebak Gerakanku, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Adib, Abdul. “Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren.” JURNAL MUBTADIIN 7, no. 01 (30 Juni 2021).

Amalia, Arsyi Rizqia. “Improving Students Vocabulary Mastery through Guess My Move Game Gender-Based.” Acuity: Journal of English Language Pedagogy, Literature and Culture 5, no. 2 (15 Oktober 2020). https://doi.org/10.35974/acuity.v5i2.2329.

Elendiana, Magdalena. “Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 2, no. 1 (1 April 2020). https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.572.

Herlina, Emmi Silvia. “Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0.” JURNAL PIONIR 5, no. 4 (5 November 2019). https://doi.org/10.36294/pionir.v5i4.1290.

Hidayat, Ariep, Maemunah Sa’diyah, dan Santi Lisnawati. “Metode Pembelajaran Aktif dan Kreatif pada Madrasah Diniyah Takmiliyah di Kota Bogor.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 01 (29 Februari 2020). https://doi.org/10.30868/ei.v9i01.639.

Ika, Supriyati. “Penerapan Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas VIII Mtsn 4 Palu.” Jurnal Bahasa dan Sastra 5, no. 1 (2020). https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1321156.

Janati, Fiya, Diana Safitri, Muhammad Rizqi Ramadhani, dan Anisa. “Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Literasi Digital: Definisi Membaca, Minat Baca, Literasi Digital sebagai upaya Peningkatan Minat Baca, Upaya Meningkatan Minat Baca Pada Anak SD/MI di Masa Pandemi Melalui Literasi Digital.” Prosiding SEMAI: Seminar Nasional PGMI 1, no. 1 (29 Desember 2021).

Munthe, Ashiong P., dan Jesica Vitasari Sitinjak. “Manfaat Serta Kendala Menerapkan Flashcard Pada Pelajaran Membaca Permulaan.” Jurnal Dinamika Pendidikan 11, no. 3 (2018). https://doi.org/10.51212/jdp.v11i3.892.

Ningrum, Melinda Kusuma. “Membaca Intensif.” OSF, 13 Mei 2019. https://doi.org/10.31227/osf.io/g2r9x.

Pratiwi, Siti Habsari. “Upaya Meningkatkan Literasi Membaca Di Masa Pandemi Melalui Kegiatan Seminggu Sebuku.” FITRAH: International Islamic Education Journal 3, no. 1 (15 Maret 2021). https://doi.org/10.22373/fitrah.v3i1.835.

Putri, Intan Yunika Lintang, Arsyi Rizqia Amalia, dan Iis Nurasiah. “Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Reading Spinner Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata 4, no. 2 (1 Agustus 2023): 495–500. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.934.

Suparlan. “Ketrampilan Membaca Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD/MI.” FONDATIA 5, no. 1 (29 Maret 2021). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia/article/view/1088.

Wirabumi, Ridwan. “Metode Pembelajaran Ceramah.” Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET) 1, no. 1 (20 Oktober 2020).

Witanto, Janan. “Rendahnya Minat Baca.” Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, 2018. https://www.researchgate.net/publication/324182095_Rendahnya_Minat_Baca pada tanggal 12 Oktober 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i2.3424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.