Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar pada Muatan Pembelajaran IPS Siswa Sekolah Dasar

Siti Aisyah, Yanti Yandri Kusuma, Sumianto Sumianto, Putri Hana Pebriana, Rizki Ananda

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri 012 Koto Tuo Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran cooverative script. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Waktu pelaksanaan penelitian dilaksanakan pada semester ganjil pada tahun ajaran 2023/2024. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 18, yang terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan observasi. Hal ini sebelum dilakukan tindakan aktivitas belajar siswa-siswa adalah 69,12%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I pertemuan I mengalami sedikit penurunan menjadi 69,01% dan pada siklus I pertemuan II meningkat menjadi 72,42%. Sedangkan pada siklus II pertemuan I meningkat menjadi lagi 76,35% dan pada siklus II pertemuan II meningkat lagi menjadi 81,01%. Dengan demikian dapat disimpulkan dengan menggunakan model pembelajaran cooverative script dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri 012 Koto Tuo Barat.


Keywords


Aktivitas Belajar, Model Pembelajaran Cooverative Scrip, Siswa Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Ananda, Rizki. “Penerapan Pendekatan Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas IV SD.” JS (JURNAL SEKOLAH) 1, no. 2 (2017). https://doi.org/10.24114/js.v1i2.7340.

Gusliani, Ema, Kasman Ediputra, and Fadhilaturrahmi Fadhilaturrahmi. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Di Sekolah Dasar.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 5, no. 2 (October 1, 2021). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2015.

Hanafiah, and Suhana. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama, 2015.

Indriyana, Winda Rachma. “Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Script Di Kelas V SD Negeri 29 Koto Hilalang Kabupaten Agam.” Journal of Basic Education Studies 6, no. 1 (May 23, 2023).

Kusuma, Yanti Yandri. “Peningkatan Hasil Belajar SIswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4, no. 4 (2020). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.753.

Mahdalena, Sari, and Moh Sain. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VA Siswa Sekolah Dasar Negeri 010 Sungai Beringin.” Asatiza: Jurnal Pendidikan 1, no. 1 (January 30, 2020). https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i1.63.

Pebriana, Putri Hana. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Menerapkan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) pada Siswa Kelas V SDN 003 Bangkinang.” Jurnal Cendekia 1, no. 1 (2017). https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i1.9.

Safitri, Nurlinda, Fitri Anjaswuri, and Derista Lidya Carolina. “Model Cooperative Script Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda) 3, no. 2 (October 15, 2020). https://doi.org/10.55215/jppguseda.v3i2.2544.

Sapriya. Pendidikan IPS Konsep Dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2015.

Sinaga, Valentina, Ester Simarmata, Frederika Sipayung, and Patri Silaban. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Tema Indahnya Kebersamaan.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 6, no. 2 (November 28, 2020). https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.553.

Suhendri, Huri. “Pengaruh Kecerdasan Matematis–Logis dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 1, no. 1 (April 15, 2011). https://doi.org/10.30998/formatif.v1i1.61.

Susanti, Lidia, Eva Handriyantini, and Amir Hamzah. Guru Kreatif Inovatif Era Merdeka Belajar. Yogyakarta: CV Andi Offset, 2023.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i2.3445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.