Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pengembangan Materi Pembelajaran di Madrasah Ibtidayah

Hamida Hamida, Jumadi Jumadi, Santi Noviana, Aji Prayetno

Abstract


Penelitian ini adalah literature review. Penelitian yang disebut sebagai literature review adalah jenis penelitian yang bertujuan untuk menyelidiki, menganalisis, dan mensintesis penelitian-penelitian sebelumnya yang telah dilakukan dalam bidang studi tertentu. Penelitian ini melibatkan pengumpulan dan evaluasi terhadap berbagai artikel jurnal, buku, laporan penelitian, dan sumber-sumber lainnya yang relevan dengan topik yang sedang diteliti. Tujuan utama dari literature review adalah untuk memahami keadaan pengetahuan yang ada dalam suatu bidang studi, mengidentifikasi kesenjangan penelitian yang masih perlu dijelajahi, dan menyediakan landasan teoritis yang kokoh untuk penelitian. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi dari sumber jurnal dan literature relevan seperti google schoolar. Analisa data dengan critical literature, Hasilpenerapan Kurikulum Merdeka dalam pengembangan materi pembelajaran, diharapkan peserta didik akan lebih terlibat, bersemangat, dan memiliki keberanian untuk berekspresi dengan Bahasa Indonesia. Proses pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna akan membawa dampak positif dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia secara keseluruhan, dan pada akhirnya, mampu mencetak generasi yang terampil, kreatif, dan mampu bersaing di tingkat global.


Keywords


Kurikulum Merdeka, Pengembangan, Materi Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Ahyuna, Ahyuna, and Irmawati Irmawati. “Perancangan Aplikasi Tes IQ Siswa Untuk Pertimbangan Pemilihan Jurusan Dengan Metode Forward Chaining.” Creative Information Technology Journal 3, no. 2 (2016).

Astuti, Dwi Setyo. “Analisa Kesulitan Penyusunan Program Tahunan Dan Program Semester Bagi Calon Guru Biologi Fkip.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS), 2018.

Astuti, dyah ayu lestari. “Penciptaan Sistem Penilaian Kinerja Yang.” Manajemen FE UGM Yogyakarta 6, no. 1 (2006).

Astuti, S. B. Waluya, M. Asikin, Bimbingan Klasikal, and D I Sman. “Strategi Pembelajan Dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi 4.0.” Seminar Nasional Pascasarjana 2019 2, no. 1 (2019).

Desi Aulia, Hadiyanto Rusdinal. “Analisis Kebijakan Kurikulum Merdeka Melalui Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar” 11, no. 1 (2023).

Djudju Sudjana. “Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah.” Bandung : Remaja Rosdakarya, 2006.

Ilmu, Fakultas, Tarbiyah Dan, Universitas Islam, and Negeri Walisongo. Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam ( Pai ) Peserta Didik Kelas Xi, 2019.

Kemendikbud, and Mohammad Tohir. “Merdeka Belajar: Kampus Merdeka.” Kemendikbud, 2020.

Latuapo, Ridhwan. “Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Sekolah Penggerak Kelompok Bermain Terpadu Nurul Falah Dan Ar-Rasyid Banda Implementation of Independent Curriculum through Project Based Learning at Nurul Falah and Ar-Rasyid Banda Integrated Playgroup” 8 (2023).

Moleong, Lexy J. “Metodologi Penelitian Kuantitatif.” Bandung: Bandung Remaja Rosdakarya, 2014.

Panca Adi, I Putu. “Sistem Evaluasi Dan Kesiapan Pelaksanaan Ppl- Real Di Sekolah Mitra.” JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 4, no. 2 (2015).

Pendidikan Ekonomi Undiksha, Jurnal, and Andi Tenri Ampa. “Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva” 12, no. 2 (2020).

Pohan, Muhammad Munawir. “Peran Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendididikan.” ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam 2, no. 2 (2018).

Prabowo, A. B., F. Kiranasari, and L. Febriyanti. “Implementasi Teknologi Dan Media Dalam Layanan Bimbingan Dan Konseling.” Jurnal Selaras : Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan 4, no. 1 (2021).

Prayetno, Aji, Desty Kurniaty, Yefni Novalia, Hartini Hartini, and Haris Agustian. “Penggunaan Aplikasi Canva Dalam Pembuatan Media Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah/Madrasah.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 6, no. 4 (2022).

RI, Kementrian Agama. “KMA 347 Tahun 2022 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah,” 2022.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.

Umar, Munirwan. “Peranan Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak.” JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling 1, no. 1 (2015).

Warlizasusi, Jumira. “Analisis Perencanaan Strategis, Rencana Strategis Dan Manajemen Strategis STAIN Curup 2015-2019.” Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan 2, no. 2 (2018).

Widia Ningsih, Purwani, and Febrina Dafit. “Peran Orang Tua Terhadap Keberhasilan Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” MIMBAR PGSD Undiksha 9, no. 3 (2021).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i2.3452

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.