Desain Instruksional Tahfidzul Quran Berbasis Karakter di Sekolah

Fadillah Prabowo, Budianto Budianto

Abstract


Manusia diciptakan sebagai kholifah dibumi ini, namun kerusakan terjadi dimana-mana yang melibatkan para pelajar di dalamnya mulai dari maraknya peredaran narkoba, seks bebas, merebaknya video porno, tawuran dan kenakalan-kenakalan khas remaja lainnya. Maka tugas setiap orang dewasa khususnya guru dalam hal ini untuk membenahi dan meluruskan perilaku-perilaku yang menyimpang. Maka sebagai guru tahfidzul Quran yang memiliki peranan penting dalam mengajarkan kalamullah sebagai salah satu dari pada pedoman umat Islam untuk menginternalisasi karakter-karakter yang baik dalam Al Quran dalam diri peserta didik. Salah satu langkah kongkretnya dengan mendesain pembelajaran tahfidzul Quran berbasis karakter. Dalam mendesain dan mengembangkan pembelajaran tahfidzul Quran berbasis  karakter  dapat  menggunakan  desain  model  ADDIE.  Model ini adalah  desain dengan tahapan-tahapan yang berisi Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Analisis merupakan kegiatan mencari tahu kebutuhan peserta didik  dan lembaga sekolah terkait keterampilan dan karakter apa saja yang dibutuhkan.  Design yaitu merancang dengan mengidentifikasi sub-sub kemampuan yang perlu  dimiliki  peserta  didik  agar  dapat  menguasai  kompetensi  yang  diinginkan. Development  yaitu  pengembangan  bahan  ajar tahfidzul Quran berbasis  karakter yang bisa diadaptasi agar dapat digunakan dalam  menyampaikan isi dari tujuan yang ditetapkan.  Implementation adalah penerapan desain yang dikembangkan untuk mengetahui efektifitas  pembelajaran tahfidzul Quran.


Keywords


Desain, Karakter, Tahfidzul Quran

Full Text:

PDF

References


Branch, Robert Maribe. Instructional Design: The ADDIE Approach. Boston, MA: Springer US, 2009. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6.

Dick, Walter, Lou Carey, and James O. Carey. The Systematic Design of Instruction. Upper Saddle River: Pearson, 2009.

Megawangi, Ratna. Pendidikan Karakter: Solusi Yang Tepat Untuk Membangun Bangsa. Jakarta: Indonesia Heritage Foundation, 2004.

Munjahid. Strategi Menghafal AL-Qur’an 10 Bulan Khatam: Kiat-Kiat Sukses Menghafal Al-Qur’an. Yogyakarta: Ideas Press Yogyakarta, 2007.

Pribadi, Benny A. Desain Dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi. Jakarta: Prenada Media Group, 2014.

RI, Depag. Pendidikan Agama Islam Untuk Siswa SMU/SMK Kelas 1. Jakarta Pusat: Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam, 2000.

Rusyan, A. Tabrani, and Yani Daryani. Penuntun Belajar Yang Sukses. Karawang: Nine Karya Jaya, 1990.

Shihab, Quraish. Membumikan Al Quran. Bandung: Mizan, 1994.

Shobirin, M. “Pembelajaran Tahfidz Al Qur’an Dalam Penanaman Karakter Islami.” QUALITY Journal of Empirical Research In Islamic Education 6, no. 1 (2018).

“Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20, Sekretariat Negara,” 2003.

Sjarkawi. Pembentukan Kepribadian Anak: Peran Moral, Intelektual, Emosional, Dan Sosial Sebagai Wujud Membangun Jati Diri. Yogyakarta: Bumi Aksara, 2006.

Stufflebeam, Daniel L., and Anthony J. Shinkfield. Evaluation Theory, Models, & Applications. San Francisco: Jossey Bass, 2007.

Ya‘qub, Hamzah. Etika Islam Pembinaan Akhlaqul Karimah. Bandung: CV. Diponegoro, 1988.

Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i2.3455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.