Implementasi Strategi Pembelajaran PAI Menggunakan Aplikasi Jieshuo pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Tuna Netra Kelas 7 di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Kota Blitar

Muhammad Walid, Fikriyyah Qothrun Nadaa

Abstract


Pembelajaran PAI di sekolah merupakan salah satu sarana penanaman dan pengembangan ilmu keagamaan Islam kepada peserta didik. Hal ini, merupakan hak semua individu. Pun bagi anak memiliki keterbatasan fisik yang dikategorikan kepada anak berkebutuhan khusus. Pembelajaran tersebut dimaksudkan memberikan kemudahan kepada ABK dalam memahami dan mendalami ilmu agama dengan model atau teknik pembelajaran yang ditawarkan oleh pendidik. Dalam hal ini, aplikasi jiesho merupakan salah satu sarana ramah netra yang dpat diakses oleh siswa tuna netra. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi startegi pembelajaran PAI menggunakan aplikasi Jieshuo pada ABK tuna netra kelas 7 di dalmnya memuat: (1) mendiskripsikan manfaat utama aplikasi jiesho dalam pembelajaran PAI pada ABK tuna netra (2) mendiskripsikan ketrikatan antara aplikasi Jieshuo dengan pembelajaran PAI pada tuna netra (3) mendiskripsikan kendala utama pembelajaran PAI menggunakan aplikasi Jieshuo pada ABK tuna netra kelas 7 di SLB Negeri 1 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Guru PAI berperan sebagai informan utama dalam penelitian. Proses analisis data dilakukan bersamaan dengan proses pengumpulan data setelah pengumpulan data selesai. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) manfaat utama palikasi Jieshuo sebagai sarana yang ramah netra dapat mengakses berbagai ilmu sebagai eewadah pengembangan intelektual siswa tuna netra(2) Keterikatan aplikasi jiesho sangat teampak melihat proses pembelajaran yang menekankan kepada pengembangan materi dn diakses langsung masing-masing siswa melalui android dengan panca indra utama pendengaran (3) Kendala utama dalam implementasi strategi pembelajaran PAI pada tuna netra ialah perlunya SDM yang terlatih sebagai pengembangan aplikasi Jieshuo yang dapat diakses oleh semua insan bukan hanya untuk ramah netra.


Keywords


Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), Aplikasi Jieshuo, Tuna Netra

Full Text:

PDF

References


Ali, Nur, Benny Afwadzi, Irwan Abdullah, and Muhammad Islahul Mukmin. “Interreligious Literacy Learning as a Counter-Radicalization Method: A New Trend among Institutions of Islamic Higher Education in Indonesia.” Islam and Christian–Muslim Relations 32, no. 4 (October 2, 2021). https://doi.org/10.1080/09596410.2021.1996978.

Amin, Moh Nasrul. “Menggagas Pembelajaran PAI Berbasiskan Multikultural.” Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3, no. 2 (September 30, 2020).

Baharuddin. Pendidikan Dan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2009.

Chamidah, Atien Nur. Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan, 2017.

Garnida, Dadang. Pengantar Pendidikan Inklusi. Bandung: Efika Aditama, 2015.

Irfan, Lukman. “Menyelesaikan Problem Materi Belajar bagi Anak-anak Berkebutuhan Khusus dengan Research and Development in Education.” Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 1 (June 10, 2017). https://doi.org/10.21580/nw.2017.11.1.1308.

Media, Kompas Cyber. “Nadiem: Guru Harus Tahu Prinsip Pendidikan untuk Disabilitas.” KOMPAS.com, November 25, 2019. https://edukasi.kompas.com/read/2019/11/25/20165221/nadiem-guru-harus-tahu-prinsip-pendidikan-untuk-disabilitas.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Mufarokah, Annisatul. Strategi Dan Model Pembelajaran. Tuungagung: STAIN Tulungagung Press, 2013.

Novayani, Irma. “Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Bagian B (Tuna Rungu) - C (Tuna Grahita) Dharma Wanita Propinsi Nusa Tenggara Barat.” Tesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, n.d.

Nuriyah, Nunung. “EVALUASI PEMBELAJARAN: Sebuah Kajian Teori.” Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi 3, no. 1 (March 6, 2016). https://doi.org/10.24235/edueksos.v3i1.327.

Permana, Dian. “‘Strategi Pembelajaran Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Autis’,.” Tesis, Program Studi Pendidikan Islam Konsentrasi Pendidikan Agama Islam Magister Dalam Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016.

Reefani, Nur Kholis. Panduan Menidik Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Imperium, 2013.

Rudiyati, Sari. “Task Analysis Dan Pendekatan Fungsional-Individual Dalam Pembelajaran Anak Berkelainan.” JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) 2, no. 2 (2006). https://doi.org/10.21831/jpk.v2i2.1005.

Rusdiyanto,. “Implementasi Pendidikan Inklusi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Di SMP Muhammadiyah 2 Malang).” Esis, Program Pascasarjana Magister Pendidikan Agama Islam, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2015.

Sistem Pendidikan Nasional. “UU No. 20 Tahun 2003.” Accessed March 30, 2024. http://peraturan.bpk.go.id/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003.

Sudjiono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: CV. Alfabeta, 2009.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Tang, Muhammad. “Pengembangan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Merespon Era Digital.” Fikrotuna 7, no. 1 (July 29, 2018). https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3173.

“UU RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dan UU RI Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen.” Visimedia Ciganjur, 2008.

Wahyono, Poncojari, H. Husamah, and Anton Setia Budi. “Guru Profesional Di Masa Pandemi COVID-19: Review Implementasi, Tantangan, Dan Solusi Pembelajaran Daring.” Jurnal Pendidikan Profesi Guru 1, no. 1 (April 30, 2020). https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462.

Walter, Dick, and Carey Lou. The Systematic Design of Intruction. New York: Harper Collins Publishers, 1994.

Wulan, Dwi Kencana, and Adelia Citra Apriliani. “Job Demands Dan Burnout Pada Guru Sekolah Luar Biasa (Slb) Negeri.” Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi: JPPP 6, no. 1 (April 30, 2017). https://doi.org/10.21009/JPPP.061.03.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i2.3457

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.