Pengembangan Media Pembelajaran Papinka Untuk Memberdayakan Motivasi Belajar Siswa Kelas 1 pada Pembelajaran Matematika Operasi Hitung di SDN 03 Madiun Lor

Zhafira Agusti Alhilaliyya Dhiya ‘Ulhaq, Ivayuni Listiani, Pinkan Amita Tri Prasasti

Abstract


Pendidikan merupakan sesuatu yang sangat penting untuk mengembangkan bakat, minat, dan kepribadian agar memiliki kehidupan yang lebih baik di masa depan dan mampu bersaing dengan dunia luar. Tujuan dari pendidikan adalah untuk mengembangkan potensi diri dan mencerdaskan peserta didik. Belajar adalah usaha yang dilakukan siswa untuk berinteraksi dengan lingkungan dan menghasilkan perubahan perilaku positif yang bersifat kognitif, afektif, atau psikomotorik. Pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh harus dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Matematika merupakan cabang ilmu pengetahuan eksak tentang penalaran logika yang berhubungan dengan bilangan. Setiap jenjang sekolah mengajarkan matematika karena matematika mengajarkan soal yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Matematika memiliki peran yang sangat besar dalam kehidupan. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bertujuan memahami fenomena yang dialami oleh subyek penelitian. Hasil dan pengembangannya adalah media pembelajaran Papinka berbasis Powerpoint (PPT) Hyperlink yaitu sebuah program komputer yang dibuat untuk keperluan presentasi atau menjadi media pembelajaran yang cukup mudah untuk dibuat dan diaplikasikan kepada peserta didik terkait materi pembelajaran yang akan disampaikan yaitu operasi hitung matematika yang di dalamnya terdiri dari materi penjumlahan dan pengurangan dengan dilengkapi fitur yang canggih di dalamnya yaitu hyperlink yang digunakan untuk membuat pintasan menuju slide lain dalam dokumen yang sama.


Keywords


Papinka, Motivasi Belajar, Matematika Operasi Hitung

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Ramli. “Pembelajaran dalam Perspektif Kreativitas Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran.” Lantanida Journal 4, no. 1 (2016). https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866.

Hardani, Nur Hikmatul Auliya, Helmina Andriani, Roushandy Asri Fardani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, Dhika Juliana Sukmana, and Ria Rahmatul Istiqomah. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Group, 2020. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1370526.

Karsidi, Ravik. Media Pembelajaran, Inovatif Dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018.

Nasrullah, Muh, Ilmawati Ilmawati, Sirajuddin Saleh, Risma Niswaty, and Rudi Salam. “Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar.” Jurnal Ad’ministrare 5, no. 1 (July 1, 2018). https://doi.org/10.26858/ja.v5i1.6490.

Novitasari, Dian, Ivayuni Listiani, and Pinkan Amita Tri Prasasti. “Efektivitas Media Pembelajaran Flip Book Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Kelas V Sekolah Dasar.” Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 7, no. 4 (October 23, 2023). https://doi.org/10.35931/am.v7i4.2617.

Prasasti, Pinkan Amita Tri. “Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Visual Office Mix Pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pgri Madiun.” Jurnal Pendidikan Edutama 5, no. 2 (July 29, 2018). https://doi.org/10.30734/jpe.v5i2.126.

———. “Efektivitas Model Problem Based Learning (Pbl) Disertai Fishbone Diagram (Fd) Untuk Memberdayakan Kemampuan Menganalisis.” Premiere Educandum 5, no. 02 (2015).

———. “Efektivitas Scientific Approach With Guided Experiment Pada Pembelajaran Ipa Untuk Memberdayakan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar.” Profesi Pendidikan Dasar 4, no. 1 (May 12, 2017). https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.3623.

———. “Empowering Science Process Skill and Critical Thinking Through Guided Inquiry in Science Learning.” Proceeding International Seminar of Primary Education 1, no. 0 (July 11, 2017).

Prasasti, Pinkan Amita Tri, and Candra Dewi. “Pengembangan Assesment of Inovation Learning Berbasis Revolusi Industri 4.0. Untuk Guru Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 4, no. 1 (April 2, 2020). https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24280.

Prasasti, Pinkan Amita Tri, and Ivayuni Listiani. “Sets: Perspektif Dalam Memberdayakan Science Literacy.” Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian LPPM Universitas PGRI Madiun, no. 0 (March 28, 2019).

Sohilait, Emy. Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. CV. Cakra, 2021. https://doi.org/10.31219/osf.io/uzx4g.

Widyaningrum, Heny Kusuma, Cerianing Putri Pratiwi, and Ivayuni Listiani. “Pelatihan Pembuatan Media 3D Dengan Menggunakan Media Pop-Up Book Sebagai Bentuk Peningkatan Gerakan Literasi Baca Dan Tulis Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat 4, no. 1 (February 11, 2021). https://doi.org/10.29303/jppm.v4i1.2484.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i2.3458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.