Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Pendekatan Project Based Learning (PjBL) dalam Pelaksanaan Pembelajaran Siswa di Sekolah Dasar

Zulhijrah Zulhijrah, Hera Apriliana Saputri, M. Hulkin, Nabila Joti Larasati, Andi Prastowo

Abstract


Kurikulum merdeka belajar di sekolah dasar melibatkan siswa dalam proses pembelajaran dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menentukan jalannya pembelajaran. Hal ini dilakukan dengan memberikan kebebasan kepada siswa. Penelitian ini berangkat dari kegiatan belajar saat ini lebih berpusat pada guru, sehingga siswa kurang mandiri dalam memperoleh pengetahuan. Siswa juga cenderung kurang aktif, dan siswa masih belum bisa berfikir kreatif dalam kegiatan belajar. Salah satu alternatif model pembelajaran yang digunakan adalah modelProject Based Learning (PjBL). Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning dalam  pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar.. Metode penelitian ini  menggunakan pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh data mengenai implementasi kurikulum merdeka belajar melalui model PJBL dalam pelaksanaan pembelajaran pada sekolah dasar di Yogyakarta. Diperoleh data bahwa sekolah masih berusaha beradaptasi dengan kurikulum baru sehingga implementasi kurikulum merdeka belajar belum sepenuhnya tercapai. Kurikulum merdeka belajar melalui model PJBL sudah efektif tapi belum sepenuhnya tercapai. Salah satu aspek yang perlu diadaptasi lagi oleh sekolah adalah aspek ujian atau penilaian yang memiliki kriteria khusus, yaitu menyesuaikan pencapaian siswa dan hal tersebut menjadi titik perhatian oleh pihak sekolah begitupun dengan penerapan PJBL dalam setiap pembelajaran.


Keywords


Kurikulum Merdeka, Pelaksanaan Pembelajaran, PjBL, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Anggito, Albi, dan Johan Setiawan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher), 2018.

Firdaus, Heroza, Azkya Milfa Laensadi, Gupo Matvayodha, Fitri Nauli Siagian, dan Ika Aryastuti Hasanah. “Analisis Evaluasi Program Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4, no. 4 (8 Juli 2022). https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5302.

Gunawan, I., dan Djum Djum Noor Benty. Manajemen Pendidikan : Suatu Pengantar Praktik. Bandung: Alfabeta, 2017.

Hartono, Deni Puji, dan Siti Asiyah. “PjBL Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa: Sebuah Kajian Deskriptif Tentang Peran Model Pembelajaran Pjbl Dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa.” Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang, 15 Maret 2019.

Irawati, Dini, Aji Muhamad Iqbal, Aan Hasanah, dan Bambang Syamsul Arifin. “Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6, no. 1 (1 Maret 2022). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622.

Isnaini, Lailatul, dan Surawan Surawan. “Analisis Perencanaan Kurikulum Merdeka Ma Manbail Futuh Kabupaten Tuban.” Prosiding SNasPPM 7, no. 1 (31 Oktober 2022).

Manalu, Juliati Boang, Pernando Sitohang, dan Netty Heriwati Henrika. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar.” Prosiding Pendidikan Dasar 1, no. 1 (6 Januari 2022). https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174.

Ningrum, Ajeng Sestya. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar (Metode Belajar).” Prosiding Pendidikan Dasar 1, no. 1 (6 Januari 2022). https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.186.

Rachmawati, Nugraheni, Arita Marini, Maratun Nafiah, dan Iis Nurasiah. “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 3 (28 Maret 2022). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714.

Rahayu, Restu, Rita Rosita, Yayu Sri Rahayuningsih, Asep Herry Hernawan, dan Prihantini Prihantini. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (22 Mei 2022). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Triwiyanto, Teguh. Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara, 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i2.3459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.