Analisis Implementasi Permendikbud No. 21 Tahun 2022 dalam Standar Penilaian Pendidikan di Indonesia

Rahmah Rahmah, Ani Cahyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Permendikbud No. 21 Tahun 2022 dalam Standar Penilaian Pendidikan di Indonesia. Penilaian pendidikan adalah komponen vital dalam proses pendidikan yang mempengaruhi kualitas pembelajaran dan menciptakan kesetaraan bagi semua peserta didik. Dengan fokus pada peraturan terbaru, yaitu Permendikbud No. 21 Tahun 2022, penelitian ini menginvestigasi bagaimana peraturan ini diimplementasikan di berbagai satuan pendidikan yang ada di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan sejauh mana implementasi Permendikbud No. 21 Tahun 2022 telah berdampak pada proses penilaian pendidikan, termasuk dalam perumusan tujuan penilaian, pemilihan instrumen, pelaksanaan, pengolahan hasil, dan pelaporan. Temuan dalam penelitian ini memberikan wawasan penting tentang perkembangan terbaru dalam standar penilaian pendidikan di Indonesia dan implikasinya terhadap peningkatan kualitas pendidikan nasional. Penelitian ini dapat memberikan masukan berharga bagi pemangku kebijakan pendidikan dalam merancang dan meningkatkan sistem penilaian pendidikan yang lebih efektif dan relevan.


Keywords


Pendidikan, Penilaian, Indonesia

Full Text:

PDF

References


Amrulloh, Muhammad Afif. “Sistem Penilaian Dalam Pembelajaran.” Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab 7, no. 2 (22 Januari 2020). https://doi.org/10.24042/albayan.v7i2.350.

Baharun, Hasan. “Penilaian Berbasis Kelas Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah.” MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 3, no. 2 (18 September 2016).

Laelasari, Laelasari. “Penilaian Autentik dalam pembelajaran Matematika.” SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora 3, no. 2 (20 Oktober 2017). https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1609.

Mulyasa, H. E. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Permendikbud. “Standar Penilaian Pendidikan Permendikbudristek No 21 Tahun 2022.” Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Riset Dan Teknologi, 2022.

Raharjo, Sabar Budi. “Evaluasi Trend Kualitas Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 16, no. 2 (14 Januari 2013). https://doi.org/10.21831/pep.v16i2.1129.

Retnawati, Heri, Samsul Hadi, Ariadie Nugraha, M. Ramadhan, Ezi Apino, Hasan Djidu, Nidya Wulandari, dan Eny Sulistyaningsih. Menyusun laporan hasil asesmen pendidikan di sekolah: Referensi untuk pendidik, mahasiswa, & praktisi pendidikan. Yogyakarta: UNY Press, 2017.

Rusman. Belajar & Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2017.

Sa’adah, Elvi Nur Lailatus, dan Darsono Sigit. “Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap dan Keterampilan Psikomotorik pada Materi Elektrokimia.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 3, no. 8 (1 Agustus 2018). https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i8.11405.

Saidah, Karimatus, dan Rian Damariswara. “Analisis Bentuk Bentuk Penilaian Sikap Siswa Sekolah Dasar Di Kota Kediri.” Profesi Pendidikan Dasar 4, no. 1 (1 April 2017). https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.4244.

Setiadi, Hari. “Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013.” Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 20, no. 2 (21 November 2016). https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173.

Subagia, I Wayan, dan I G. L. Wiratma. “Profil Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013.” JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 5, no. 1 (18 April 2016). https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8293.

Umami, Muzlikhatun. “Penilaian Autentik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Kurikulum 2013.” Jurnal Kependidikan 6, no. 2 (30 November 2018). https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.2259.

Wildan, Wildan. “Pelaksanaan Penilaian Autentik Aspek Pengetahuan, Sikap Dan Keterampilan Di Sekolah Atau Madrasah.” Jurnal Tatsqif 15, no. 2 (15 Desember 2017). https://doi.org/10.20414/jtq.v15i2.3.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i2.3460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.