Menyiasati Paradoks Bahasa Inggris di Sekolah Dasar Islam di Indonesia: Kendala, Kesadaran, dan Solusi
Abstract
Situasi paradoks di Indonesia di mana bahasa Inggris, meskipun merupakan bahasa internasional, tidak diwajibkan dalam kurikulum sekolah dasar, dan ditetapkan sebagai muatan lokal. Akibatnya, timbul kekhawatiran terkait kemampuan siswa dalam bahasa Inggris di jenjang pendidikan yang lebih tinggi akibat perhatian yang kurang pada tingkat pendidikan dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kesadaran dan tanggapan sekolah dasar Islam terhadap bahasa Inggris yang dikategorikan sebagai tidak wajib, dukungan orang tua terhadap pembelajaran bahasa Inggris, pendekatan pengajaran yang efektif, dan kendala yang dihadapi oleh sekolah-sekolah ini terkait materi pengajaran bahasa Inggris. Temuan menunjukkan bahwa sekolah-sekolah mengakui bahasa Inggris sebagai mata pelajaran yang tidak wajib, yang mengakibatkan kesulitan dalam transisi pendidikan menengah dan ujian masuk untuk pesantren. Studi ini menganjurkan pendekatan pembelajaran bahasa Inggris dengan 50% instruksi dalam bahasa Inggris mulai dari tingkat awal, dengan fokus pada ekspresi komunikatif sehari-hari. Tantangan termasuk kurangnya guru yang mahir dalam bahasa Inggris dan materi yang sesuai dengan syari’at dan prinsip-prinsip Islam, menandakan perlunya solusi komprehensif dalam pendidikan bahasa Inggris di tingkat dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Creswell, John W, and J David Creswell. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: SAGE Publications, 2014.
Crystal, David. The Cambridge Encyclopedia of English Language. Cambridge: Cambridge University Press, 1995.
Fadhallah. “Wawancara.” UNJ Press, 2020.
Fitrah, Muh., and Luthfiyah. Metodologi Penelitian. Jawa Barat: CV. Jejak, 2017.
Gillingham, John. The Early Middle Ages (1066-1290). New York: Oxford University Press, 2021.
Hoad, Terry. Preliminaries: Before English. New York: Oxford University Press Inc, 2006.
Khaldun, Ibnu. Tarikh Ibnu Khaldun: al-musamma bi-kitab al ibar, wa-diwan al-mubtada’ wa-al-khabar, fi ayyam al Arab wa-al-Ajam wa-al-Barbar wa-man asorohum min dhawi al-Sultan al-Akbar. Dar Al-Fikr, 2010.
Kustanti, Dewi, and Yadi Prihmayadi. “Problematika Budaya Berbicara Bahasa Inggris.” Al-Tsaqafa: Jurnal Ilmiah Peradaban Islam 14, no. 1 (June 20, 2017). https://doi.org/10.15575/al-tsaqafa.v14i1.1798.
Maili, Sjafty Nursiti. “Bahasa Inggris pada Sekolah Dasar: Mengapa Perlu dan Mengapa Dipersoalkan.” JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika) 6, no. 1 (March 29, 2018). https://doi.org/10.35706/judika.v6i1.1203.
McArthur, T. English World-Wide in the Twentieth Century. In Lynda Mugglestone (Ed.) The Oxford History Of English. 2006: Oxford University Press Inc, n.d.
Mugglestone, Lynda, ed. The Oxford History of English. New York: Oxford University Press, 2006.
Nisa, Ichda Farida. “Kebijakan dan Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Inggris untuk SD di Indonesia.” Prosiding Seminar Nasional 1, no. 1 (March 22, 2020).
Sisdiknas, RUU. “Naskah Akademik RUU SISDIKNAS.” Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 2022.
جني;, أبي الفتح عثمان بن. al-Khashaish Ibn Jinni = الخصائص لابن جنى. Beirut: Dar alKutub al-Ilmiah, 2013.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i2.3463
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.