Pengembangan Multimedia Flash Berbasis Etnosains Materi Gaya Kelas IV Sekolah Dasar

Salsa Siti Nursiami, Pinkan Amita Tri Prasasti, Ivayuni Listiani

Abstract


Media pembelajaran merupakan pilihan utama dalam mengajar dan mempermudah proses pembelajaran dan membantu siswa memahami materi pelajaran. Pada penelitian ini mengembangkan media pembelajaran multimedia flash berbasis etnosains pada pembelajaran IPAS materi gaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan multimedia flash berbasis etnosains materi gaya kelas IV sekolah dasar dalam kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Reseach & Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Devepment, Implementation, Evaluation). Penelitian ini melibatkan siswa kelas IV SDN Karangtengah Prandon 2 berjumlah 20 siswa. Pada pengumpulan data menggunakan angket validasi ahli media, ahli materi, ahli bahasa, angket respon guru dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil validasi ahli media 93,7%, ahli materi 78,1%, ahli bahasa 60% yang dikategorikan dalam kriteria “sangat sesuai” dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil angket respon guru 100% dan angket respon siswa 96,5% dapat disimpulkan multimedia flash berbasis etnosains materi gaya kelas IV layak digunakan pada pembelajaran IPAS.

Keywords


Pengembangan, Multimedia Flash, Etnosains

Full Text:

PDF

References


Abdul Kadir. “Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Edmodo Di Man Lhokseumawe.” Numeracy 7, no. 2 (2020). https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i2.1198.

Chartier, Myron R. “Learning Effect.” Simulation & Games 3, no. 2 (1972). https://doi.org/10.1177/003755007200300206.

Citra, Cahyani Amildah, dan Brillian Rosy. “Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 8, no. 2 (2020). https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p261-272.

Damopolii, Vemsi, Nursiya Bito, dan Resmawan Resmawan. “Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Materi Segiempat.” ALGORITMA: Journal of Mathematics Education 1, no. 2 (2020). https://doi.org/10.15408/ajme.v1i2.14069.

Devi, Lidyawati. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Etnosains Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Mata Pelajaran Biologi Di Sman 14 Bandar Lampung.” Undergraduate, UIN RADEN INTAN LAMPUNG, 2021.

Hasan, Muhammad, Milawati, Darodjat, Tuti Khairani Harahap, Tasdin Tahrim, Ahmad Mufit Anwari, Azwar Rahmat, Masdiana, dan I Made Indra P. Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group, 2021.

Hidayah, Sofiyatul, Sri Wahyuni, dan Hety Mustika Ani. “Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Adobe Flash CS6 untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Kompetensi Dasar Menganalisis Peran, Fungsi dan Manfaat Pajak.” Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial 11, no. 1 (2017).

Kusumasari, Bevaola, Kristian Widya Wicaksono, Fajar Sidik, Febriyana Tri Achyani, Frans Gana, Amir Syarifudin Kiwang, dan David B W Pandie. “Daftar isi,” t.t.

Lutfi, Ahmad Fajri, dan Asep Usamah. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Untuk Mata Pelajaran Fikih Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 02 (2019). https://doi.org/10.30868/ei.v8i2.490.

Magdalena, Ina, Alif Fatakhatus Shodikoh, Anis Rachma Pebrianti, Azzahra Wardatul Jannah, Iis Susilawati, dan Universitas Muhammadiyah Tangerang. “Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi.” EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains 3, no. 2 (2021).

Mansir, Firman. “Urgensi Metode Ceramah dan Diskusi (Buzz Group) dalam Proses Pembelajaran di Madrasah.” TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 15, no. 2 (2020). https://doi.org/10.19105/tjpi.v15i2.3516.

Mardhiyah, Rifa Hanifa, Sekar Nurul Fajriyah Aldriani, Febyana Chitta, dan Muhamad Rizal Zulfikar. “Pentingnya Keterampilan Belajar Di Abad 21 Sebagai Tuntutan Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia.” Lectura : Jurnal Pendidikan 12, no. 1 (4 Februari 2021). https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813.

Oktafiani, Dian, Lukman Nulhakim, dan Trian Pamungkas Alamsyah. “Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Kelas IV.” MIMBAR PGSD Undiksha 8, no. 3 (2020).

Rahayu, Wiwin Eka, dan Sudarmin. “Pengembangan Modul Ipa Terpadu Berbasis Etnosains Tema Energi Dalam Kehidupan Untuk Menanamkan Jiwa Konservasi Siswa.” Unnes Science Education Journal 4, no. 2 (2015). https://doi.org/10.15294/usej.v4i2.7943.

Rohmawati, Afifatu. “Efektivitas Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Usia Dini 9, no. 1 (2015). https://doi.org/10.21009/JPUD.091.02.

Supriyono. “Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa.” Pendidikan Dasar II (2018).

Tias, Ika W Utamining. “Penerapan Model Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar.” DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 1, no. 1 (2017). https://doi.org/10.20961/jdc.v1i1.13060.

Wahyu, Yuliana. “Pembelajaran berbasis etnosains di sekolah dasar [Ethnoscience-based learning in elementary schools].” Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar 1, no. 2 (2017).

Wirabumi, Ridwan. “Metode Pembelajaran Ceramah.” Annual Conference on Islamic Education and Thought I, no. I (2020).

Wulandari, Amelia Putri, Annisa Anastasia Salsabila, Karina Cahyani, Tsani Shofiah Nurazizah, dan Zakiah Ulfiah. “Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar.” Journal on Education 5, no. 2 (2023). https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074.

Zaini, Herman, dan Kurnia Dewi. “Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini.” Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1, no. 1 (2017). https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i2.3464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.