Sistem Penyelenggaraan Pendidikan Islam pada Era Reformasi: di Sekolah Umum, Madrasah, Pondok Pesantren dan Majlis Taklim

Noor Liyana Selvia

Abstract


Penelitian ini menggali sistem penyelenggaraan pendidikan Islam pada era Reformasi di Indonesia, fokusnya meliputi sekolah umum, madrasah, pondok pesantren, dan majlis taklim. Pendekatan studi kepustakaan digunakan untuk mengidentifikasi sumber data relevan, termasuk artikel, buku, jurnal, dan dokumen terkait pendidikan Islam pasca-Reformasi. Data dianalisis dengan metode studi kepustakaan untuk memahami perubahan sistem pendidikan Islam dan tantangan yang dihadapi. Hasilnya menunjukkan dampak positif Reformasi, termasuk integrasi dengan sistem pendidikan nasional, otonomi lembaga pendidikan, diversifikasi kurikulum, dan responsivitas terhadap tantangan zaman. Keberhasilan ini tercermin dalam peningkatan kualitas pendidikan, integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran, dan pemberdayaan sosial melalui lembaga pendidikan Islam. Pemerintah juga telah menerapkan berbagai kebijakan untuk memastikan pengakuan dan integrasi pendidikan agama Islam dalam sistem pendidikan nasional, termasuk Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan penggabungan sistem sekolah umum dengan ciri khas keagamaan. Strategi masa depan melibatkan dimensi sosial politik, kultural, dan sosio-kultural. Pentingnya formalisasi nilai-nilai Islam dalam kebijakan negara, pengawasan aparatur pemerintah, pengembangan kesadaran kultural, dan pembangunan masyarakat yang berlandaskan nilai-nilai Islam menjadi fokus strategi-strategi ini. Dengan integrasi nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari dan implementasi strategi-strategi ini, diharapkan pendidikan Islam di masa depan akan memainkan peran penting dalam pembangunan umat dan negara Indonesia.


Keywords


Pendidikan Islam, Era Reformasi, Umum, Madrasah, Majlis Taklim

Full Text:

PDF

References


Alam, Lukis. “Kontestasi Kebijakan Pendidikan Islam Di Era Orde Baru Dan Reformasi.” Ruhama : Islamic Education Journal 3, no. 2 (9 Oktober 2020). https://doi.org/10.31869/ruhama.v3i2.2223.

Anita, Anita, Mustaqim Hasan, Andi Warisno, M. Afif Anshori, dan An An Andari. “Pesantren, Kepemimpinan Kiai, Dan Ajaran Tarekat Sebagai Potret Dinamika Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia.” Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme 4, no. 3 (2022). https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i3.1955.

Ansori, M. Afif. “The Radical Islamic Movement in Indonesia: Roots and Factors.” KALAM 13, no. 2 (30 Desember 2019). https://doi.org/10.24042/klm.v13i2.5251.

Arundina, Vanila, M. Afif Ansori, dan Rita Linda. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di MI Tahfidz Babul Hikmah Kalianda Tahun Pelajaran 2022/2023.” UNISAN JURNAL 2, no. 4 (5 April 2023).

Asmanto, Budi, Suradi Suradi, Andi Warisno, An An Andari, dan M. Afif Anshori. “The Evolution of Islamic Educational Institutions in Indonesia.” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan) 8, no. 1 (11 Februari 2023). https://doi.org/10.31851/jmksp.v8i1.11117.

Fauzi, Fauzi, Dini Pepilina, Andi Warisno, An An Andari, dan M. Afif Anshori. “Improving Student’s Discipline Through Islamic Education Management.” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan) 8, no. 1 (28 Januari 2023). https://doi.org/10.31851/jmksp.v8i1.10994.

Fuady, Syafrizal. “Berbagai Kebijakan Pendidikan Islam Di Indonesia Pra-Kemerdekaan, Orde Lama, Orde Baru (SKB 3 Menteri), Era Reformasi Dan Kecenderungan Masing-Masing Zaman.” Tarbiyatul Misbah (Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan) 12, no. 02 Desember (2019).

Hayi, Abdul, dan Mohamad Alwi. “Analisis Kebijakan Pendidikan Islam Indonesia Di Era Reformasi.” Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan 14, no. 1 (14 Juni 2023). https://doi.org/10.47625/fitrah.v14i1.447.

Herawati, Susi, Iswantir, dan Eliwatis. “Reformasi Sumber Daya Manusia Di Kelembagaan Pendidikan Islam Menghadapi Era. 4.0.” Tarbawi Ngabar: Jurnal of Education 4, no. 2 (2 Agustus 2023). https://doi.org/10.55380/tarbawi.v4i2.515.

Ikhwan, Afiful. “Kajian Sosio-Historis Pendidikan Islam Indonesia Era Reformasi.” EDUKASI : Jurnal Pendidikan Islam (e-Journal) 5, no. 1 (2 Juni 2017).

Ismayani, Ismayani, Andi Warisno, Afif Anshori, dan Andari Andari. “Pesantren Dan Pembaruan: Arah Dan Implikasi.” Research and Development Journal of Education 9, no. 1 (11 April 2023). https://doi.org/10.30998/rdje.v9i1.14887.

Janari, Anas Tania. “Kebijakan Pendidikan Islam Era Reformasi.” Leadership:Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 2 (30 Juni 2021). https://doi.org/10.32478/leadership.v2i2.815.

Maghfuri, Amin. “Analisis Kebijakan Pendidikan Islam Pada Awal Era Reformasi (1998-2004).” Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 8, no. 1 (27 Februari 2020). https://doi.org/10.30603/tjmpi.v8i1.614.

Mubarok, Muhammad Zaki. “Reorientasi Pendidikan Islam Dalam Perspektif Masyarakat Madani Era Reformasi Di Indonesia.” Universitas Islam Indonesia, 2019. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/14121.

Mudjiono, Bambang. “Kebijakan Pendidikan Islam bagi Madrasah di Indonesia (Studi Komparasi Kebijakan Pendidikan Era Orde Baru dengan Era Reformasi).” Undergraduate, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, 2020. http://digilib.uinkhas.ac.id/11725/.

Octofrezi, Permana. “Menakar Kebijakan Pendidikan Nasional Dan Pendidikan Islam Di Indonesia Era Reformasi (Presiden Habibie Sampai Presiden Jokowi Jilid I).” Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 2 (16 September 2020). https://doi.org/10.54396/alfahim.v2i2.89.

Prasetyo, Heru, dan Afifah Zulfa Destiyanti. “Analisis Historis Pendidikan Islam Sejak Kemerdekaan, Orde Baru, Era Reformasi Hingga Sekarang (Zonasi & Full Day School).” Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, Dan Inovasi 3, no. 1 (10 Januari 2023). https://doi.org/10.59818/jpi.v3i1.411.

Priarni, Rina, Ainul Yaqin, Ali Imron, dan Rangga Sa’adillah S.a.p. “Kebijakan Pendidikan Islam Masa Orde Lama Hingga Orde Baru; Perspektif Sejarah Pendidikan Islam Dan Implikasinya Pada Pendidikan Islam Era Reformasi Di Indonesia.” An-Nafah: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman 2, no. 2 (7 November 2022).

Salwadila, Tiara. “Sistem dan Kebijakan Pemerintah Terhadap Pendidikan Islam Pada Era Reformasi.” SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kajian Sejarah 3, no. 2 (4 Agustus 2021). https://doi.org/10.31540/sindang.v3i2.1196.

Setyawan, Dany. “Dinamika Pendidikan Islam Di Organisasi NU Dan Muhammadiyah Era Reformasi (Studi Komparasi Terhadap Perkembangan Pendidikan Islam Antara Tahun 1998-2019).” Other, UNISNU JEPARA, 2022. https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5033/.

Sobirin, Mad, Andi Warisno, Afif Ansori, An An Andari, dan Syahfriadi Syahfriadi. “Sejarah Kebangkitan Dan Perkembangan Madrasah Di Indonesia.” Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme 4, no. 3 (2022). https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i3.1989.

Syahwalan, Syahwalan, M. Afif Ansori, dan An An Andari. “Dynamics of Organizational Education of West Java Ulama Association.” Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme 5, no. 3 (4 September 2023). https://doi.org/10.37680/scaffolding.v5i3.3487.

Udin, Udin, Raden Mas Sopian, An An Andari, dan Andi Setiawan. “Islamic Education and Muslim Revival Indonesian Association of Muslim Intellectuals.” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan) 8, no. 2 (5 Juli 2023). https://doi.org/10.31851/jmksp.v8i2.11261.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i2.3465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.