Konsep Fithrah dan Hanief Sebagai Landasan Pendidikan Islam

Alpiandi Alpiandi, Siska Rizky Amalia

Abstract


Manusia merupakan makhluk yang senantiasa berubah-ubah menyesuaikan dirinya dengan keadaan sekitar. Berdasarkan pengetahuan yang didapatnya, manusia kemudian dapat beradaptasi mengarungi beragam rintangan hidup. Sebagai makhluk beragama, belajar menjadi sarana untuk mendekatkan dirinya kepada Allah Swt. Pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan oleh pendidik untuk membantu peserta didiknya berubah ke arah yang lebih baik.  Pendidikan bertujuan untuk membantu para peserta didiknya untuk mengembangkan potensinya secara maksimal. Anak lahir dengan sebuah keadaan fithrah serta hanief, pembawaan alamiah yang dibawanya semenjak lahir. Kelak pembawaan ini dapat berkembang secara maksimal atau tidak dipengaruhi oleh lingkungan si anak tersebut. Maka dari itu, penting bagi setiap pendidik untuk memahami apa yang dimaksud konsep fithrah dan juga konsep hanief. Dengan memahami keduanya, diharapkan para pendidik mampu mengembangkan potensi peserta didiknya ke arah yang maksimal. Penelitian ini menggunakan metode Library Research dengan cara pengumpulan informasi perpustakaan, membaca dan mengolah bahan penelitian, yang memfokuskan pada konsep fithrah dan hanief sebagai landasan pendidikan. Penelitian ini dilakukan dengan melihat literatur yang berkaitan dengan berbagai masalah penelitian berupa buku, presentasi, artikel jurnal dan literatur lainnya. Konsep fithrah dan hanief sebagai landasan pendidikan islam bertujuan untuk menciptakan perubahan pada perilaku, sikap serta kepribadian peserta didik menjadi seperti yang diharapkan. Manusia sejak lahir merupakan makhluk yang positif (fithrah) dan condong kepada kebaikan (hanief).


Keywords


Fithrah, Hanief, Landasan Pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Ajhuri, Kayyis Fithri. Psikologi Perkembangan: Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Yogyakarta: Media Pustaka, 2019.

Albani, Muhammad Nashiruddin Al. Shahih Sunan Ibnu Majah li al Imam al Hafizh Abi Abdillah Muhammad bin Yazid al Qazwaini. Riyadh: Maktabah al Ma’arif li al Nasyr wa al Tauzi, 1997.

Al-Bukhary, Muhammad Bin Isma’il. Shahih Bukhari. Beirut: Dar Ibn Katsir, 2002.

Buseri, Kamrani. Dasar, Asas dan Prinsip Pendidikan Islam. Banjarmasin: IAIN Antasari Banjarmasin, 2014.

Hanbal, Ahmad Bin Muhammad Bin. Al-Musnad Lil Imam Ahmad Jil.9. Cairo: Dar Al-Hadits, 1995.

Hidayat, Bahril. Psikologi Islam. Pekanbaru: Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim, 2014.

Ismail, Syarifah. “Tinjauan Filosofis Pengembangan Fitrah Manusia Dalam Pendidikan Islam.” At-Ta’dib 8, no. 2 (14 Desember 2013). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v8i2.510.

Mulianah, Baiq. “Manusia dan Pengembangan Fitrahnya (Telaah Persfektif Pendidikan Islam).” El-Hikam 5, no. 1 (2012).

Munawwir, Ahmad Warson. Al-Munawwir: Kamus Arab – Indonesia. Surabaya: Pustaka Progresif, 1997.

Nurjan, Syarifan. Psikologi Belajar. Ponogoro: Wade Group, 2016.

Pane, Aprida, dan Muhammad Darwis Dasopang. “Belajar Dan Pembelajaran.” FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman 3, no. 2 (30 Desember 2017). https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945.

Prastowo, Andi. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.

Raihanah. “Konsep Peserta Didik Dalam Teori Pendidikan Islam Dan Barat.” Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam 5, no. 2 (2015). https://doi.org/10.18592/jtipai.v5i2.1834.

Rohman, Miftahur, dan Hairudin. “Konsep Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Nilai-Nilai Sosial-Kultural.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 1 (8 Juni 2018). https://doi.org/10.24042/atjpi.v9i1.2603.

Sakilah. “Belajar dalam Perspektif Islam.” Menara Riau 12, no. 2 (Desember 2013).

Salmiwati, Salmiwati. “Konsep Belajar dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Murabby: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 1 (18 April 2019). https://doi.org/10.15548/mrb.v2i1.327.

Solichin, Mohammad Muchlis. “Fitrah: Konsep Dan Pengembangannya Dalam Pendidikan Islam.” TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (5 Juli 2007). https://doi.org/10.19105/tjpi.v2i2.219.

Syaikh, Abdullah Bin Muhammad Bin ’Abdurrahman Bin Ishaq Alu. Tafsir Ibnu Katsir. Bogor: Pustaka Imam Asy-Syafi, 2004.

Yuberti. Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan. Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja, 2014.

Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i2.3466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.