Pembelajaran Al-Qur’an Metode Tilawati di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Pagerwojo

Eko Budi Supriyanto, Nur Maslikhatun Nisak

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dan mendeskripsikan implementasi Pembelajaran Al-Qur'an dengan Metode Tilawati di MI Ma'arif Pagerwojo. Metode Tilawati diterapkan dengan fokus pada pengulangan dan intonasi dalam membaca Al-Qur'an dengan harapan dapat meningkatkan pemahaman, penghafalan, dan keterampilan membaca peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MI Ma'arif Pagerwojo telah melaksanakan metode Tilawati dengan sungguh-sungguh. Guru-guru terlibat secara aktif dalam memberikan pengajaran, mengaplikasikan pengulangan, dan memberikan bimbingan terhadap intonasi pembacaan. Peserta didik menunjukkan respon positif dan antusiasme yang tinggi terhadap metode ini, meningkatkan motivasi mereka untuk membaca dan menghafal Al-Qur'an.  Meskipun demikian, terdapat beberapa tantangan seperti manajemen waktu dan bimbingan yang intensif untuk peserta didik tertentu. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi penting terhadap pemahaman mengenai efektivitas metode Tilawati dalam konteks pembelajaran Al-Qur'an di MI Ma'arif Pagerwojo. Implikasi hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi pengembangan kurikulum dan metode pembelajaran Al-Qur'an yang lebih efektif di lembaga pendidikan Islam serupa.


Keywords


Pembelajaran Al-Qur’an, Metode Tilawati, Peserta didik

Full Text:

PDF

References


Amin, Muhammad, dan Muhamad Ramli. “Implementasi Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Al Qur’an Pada Anak-Anak Di Tpa Al Falah Unit 081 Kota Banjarbaru.” Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan 19, no. 2 (2019). https://doi.org/10.47732/alfalahjikk.v19i2.124.

Fenty Sulastini, dan Moh. Zamili. “Efektivitas Program Tahfidzul Qur’an dalam Pengembangan Karakter Qur’ani.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 4, no. 1 (2019). https://doi.org/10.35316/jpii.v4i1.166.

Hadinata, Sumarlin. “Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Ummi terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Anak Usia 7-13 Tahun.” Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial 19, no. 1 (2021). https://doi.org/10.37216/tadib.v19i1.423.

Hermawan, Dean, Roup, dan Acep Jurjani. “Efektivitas Metode Tilawati Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa SDIT Bintang Tangerang Selatan.” Jurnal Konseling Pendidikan Islam 2, no. 1 (2021). https://doi.org/10.32806/jkpi.v2i1.35.

Hernawan, Didik. “Penerapan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an.” Profetika: Jurnal Studi Islam 19, no. 1 (2019). https://doi.org/10.23917/profetika.v19i1.7751.

Hidayati, Nurul. “Teori Pembelajaran Al Qur’an.” Al Furqan: Jurnal Ilmu Al Quran dan Tafsir 4, no. 1 (2021). https://doi.org/10.58518/alfurqon.v4i1.635.

Hujaemah, Een. “Implementasi Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di Madrasah (Penelitian Deskriptif di Madrasah Ibtidaiyah Pembangunan).” Skripsi, 2017.

Ikhsani, Tiara. “Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Tilawati (Studi Kasus di Madrasah Diniyah Al-Ettihad Pager Bungkal Ponorogo).” Skripsi, 2019.

Imtihanudin, Dede. “Model Penanaman Karakter Dalam Pembelajaran Al Qur’an Metode Tilawati.” Cakrawala Pedagogik 4, no. 1 (2020). https://doi.org/10.51499/cp.v4i1.146.

Izzan, Ahmad, dan Dindin Moh Saepudin. Metode pembelajaran Al-Qur’an. Bandung: Pustaka Aura Semeste, 2018.

Mahrowi, Moh. “Urgensi Supervisi Pendidikan Di Sekolah.” Jurnal Auladuna 3, no. 1 (2020).

Ma’mun, Muhammad Aman. “Kajian Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an.” Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 1 (2018).

Mulyani, Hetty, dan Maryono Maryono. “Implementasi Metode Qiroati Dalam Pembelajaran Al-Qur’an.” Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 2 (2019). https://doi.org/10.32699/paramurobi.v2i2.1294.

Nurhayah, Nurhayah, dan Muhajir Muhajir. “Implementasi Metode Tilawati Dan Metode Iqro’ Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an (Di SD Islam Al-Azhar Dan SDIT Nur El-Qolam Kabupaten Serang ).” Qathrunâ 7, no. 2 (2020).

Rohmaturrosyidah, Siti, Ratnawati Dan, dan Imrotus Solihah. “Pembelajaran Al-Qur’an Metode ‘Wafa’: Sebuah Inovasi Metode Pembelajaran Al-Qur’an dengan Optimalisasi Otak Kiri dan Otak Kanan.” Aciece 2, no. kajian al-qur’an (2017).

Subhan Adi Santoso. “Implementasi Metode Iqra’ Dan Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di Madrasah Diniyah Al-falah Modung Bangkalan.” Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 1 (2019). https://doi.org/10.37286/ojs.v4i1.32.

Syaikhon, Muhammad. “Penerapan Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Membaca Alqur’an Pada Anak Usia Dini Di Kb Taam Adinda Menganti Gresik.” Education and Human Development Journal 2, no. 1 (2017). https://doi.org/10.33086/ehdj.v2i1.394.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i2.3467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.