Dinamika Implementasi Kurikulum Merdeka: Perspektif Guru Sekolah Dasar

Hera Apriliana Saputri, Sinta Bella, Zulhijrah Zulhijrah, Andi Prastowo

Abstract


Seiring dengan perkembangan zaman, dengan berbagai alasan dan rasionalisasi kurikulum Indonesia terus mengalami pergantian dari periode ke periode sehingga guru kesulitan dalam beradaptasi dengan kurikulum yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dinamika implementasi kurikulum merdeka: perspektif guru di sekolah dasar negeri samirono. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan yang bersifat kualitatif. Teknik penelitian ini menggunakan pengumpulan data berupa observasi, wawancara secara mendalam dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta tepatnya di sekolah dasar negeri Samirono, informan pada penelitian ini adalah kepala sekolah di Sekolah Dasar Negeri yang ada di Kabupaten Sleman. Hasil wawancara menunjukkan bahwa penerapan kurikulum merdeka di sekolah dasar yang ada di kabupaten Sleman ini sudah sesuai dengan konsep kurikulum merdeka di mana konsep merdeka belajar ini mengutamakan pada minat bakat peserta didik, dan untuk menumbuhkan nilai-nilai nasionalisme, budaya dan patriotisme,  dan juga untuk mencapai tujuan nasional pendidikan.


Keywords


Dinamika Kurikulum, Kurikulum Merdeka, Persepsi Guru, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Alhamuddin. “Sejarah Kurikulum di Indonesia (Studi Analisis Kebijakan Pengembangan Kurikulum).” Nur El-Islam 1, no. 2 (1 Oktober 2014).

Anggito, Albi, dan Johan Setiawan. Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher), 2018.

Gusnandy, Gusnandy, Deswalantri Deswalantri, Januar Januar, dan Alimir Alimir. “Persepsi Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Kurikulum Merdeka Di SMA Negeri 1 Palupuh.” ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan 1, no. 2 (21 Maret 2023). https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i2.219.

Insani, Farah Dina. “Sejarah Perkembangan Kurikulum di Indonesia Sejak Awal Kemerdekaan Hingga Saat Ini.” As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan 8, no. 1 (28 Juni 2019). https://doi.org/10.51226/assalam.v8i1.132.

Khoirurrijal, Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Anisa Dwi Makrufi, Sunaryo Gandi, Abdul Muin, Tajeri, Ali Fakhrudin, Hamdani, dan Suprapno. Pengembangan Kurikulum Merdeka. CV Literasi Nusantara Abadi, 2023.

Kotler, Philip, dan Gary Armstrong. Prinsip-prinsip pemasaran. Vol. 1. Jilid, 2008.

Mertha Jaya, I. M. L. “Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif.” Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia, 2020.

Mubarak, Ruma. “Pengembangan Kurikulum Sekolah Dasar.” MADRASAH 6, no. 2 (29 Januari 2016). https://doi.org/10.18860/jt.v6i2.3295.

Muhammedi, Muhammedi. “Perubahan Kurikulum Di Indonesia : Studi Kritis Tentang Upaya Menemukan Kurikulum Pendidikan Islam Yang Ideal.” Jurnal Raudhah 4, no. 1 (9 Juni 2016). https://doi.org/10.30829/raudhah.v4i1.61.

Muzharifah, Athifah, Irfa Ma’alina, Puji Istianah, dan Yusmandita Nafa Lutfiah. “Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Di Madrasah Ibtidaiyah Walisongo Kranji 01 Kedungwuni.” Concept: Journal of Social Humanities and Education 2, no. 2 (29 Mei 2023). https://doi.org/10.55606/concept.v2i2.306.

Putri, Rahma. “Pengaruh Kebijakan Perubahan Kurikulum Terhadap Pembelajaran Di Sekolah,” 13 Desember 2023. https://doi.org/10.31227/osf.io/8xw9z.

Ramadhan, Iwan. “Dinamika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Pada Aspek Perangkat dan Proses Pembelajaran.” Academy of Education Journal 14, no. 2 (19 Juli 2023). https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.1835.

Saputra, Dendi Wijaya, dan Muhamad Sofian Hadi. “Persepsi Guru Sekolah DasarJakarta Utara Dan Kepulauan Seribu Tentang Kurikulum Merdeka.” Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD 6, no. 1 (25 Mei 2022). https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.28-33.

Shalehah, Nur Azziatun. “Studi Literatur: Konsep Kurikulum Merdeka pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Ilmiah Cahaya Paud 5, no. 1 (30 Mei 2023). https://doi.org/10.33387/cahayapd.v5i1.6043.

Sugiyono. “Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D,” 2013.

Sunarni, dan Hari Karyono. “Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar.” Journal on Education 5, no. 2 (4 Januari 2023). https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.796.

Wuwur, Erwin Simon Paulus Olak. “Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.” SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 1 (14 April 2023). https://doi.org/10.55606/sokoguru.v3i1.1417.

Yusuf, A. Muri. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Prenada Media, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i2.3468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.