Tata Kelola Sarana Serta Prasarana di Lembaga Pendidikan Dasar

Sisilia Ni Wayan Dina Natasya Adelia, Putu Eka Purnamaningsih

Abstract


Pedoman nasional pendidikan ditujukan dalam rangka memastikan kualitas pendidikan nasional dengan tujuan dalam rangka mengembangkan kecerdasan masyarakat serta membuat karakter serta masyarakat yang beradab. Kriteria yang penting dalam rangka disediakan oleh lembaga pendidikan merupakan pedoman sarana serta prasarana. Sarana serta prasarana pendidikan memiliki peran penting sebagai sumber daya yang mendukung tahapan kegiatan belajar mengajar di lembaga pendidikan. Studi ini mengadopsi pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode etnografi dalam rangka menganalisis manajemenatis tatakelola fasilitas dan infrastruktur di lembaga pendidikan dasar. Dalam rangka mewujudkan pedoman yang ditentukan, diperlukan tatakelola yang terstruktur serta terorganisir dengan baik. Tata kelola lembaga pendidikan adalah pelaksanaan prinsip-prinsip tatakelola dalam konteks pendidikan. Pengurusan komponen-komponen lembaga pendidikan, terutama tatakelola sarana serta prasarana, menjadi kunci utama dalam mewujudkan lingkungan lembaga pendidikan yang bersih, tertata dengan baik, serta menarik. Hal ini berkontribusi pada kondisi yang menyenangkan bagi seluruh anggota lembaga pendidikan, baik guru ataupun siswa. Tahapan tatakelola sarana serta prasarana mencakup langkah-langkah seperti perancangan, penyuplaian, perawatan, daftar barangasi, serta peniadaan.


Keywords


Pedoman Nasional, Tata Kelola, Sarana Serta Prasarana

Full Text:

PDF

References


Awaludin, Awaludin, dan Eki Saputra. “Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana Sekolah (Studi Kasus: Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Siak).” Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi 2, no. 2 (2 Februari 2016): h.6. https://doi.org/10.24014/rmsi.v2i2.2601.

Bafadal, Ibrahim. Tata Kelola Kemajuan Mutu Lembaga pendidikan Dasar dari Sentralisasi Menuju Desentralisasi. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Barnawi, dan M. Arifin. Tata Kelola Sarana Serta Prasarana Lembaga pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Direktorat Tenaga Kependidikan. “Tatakelola Sarana Serta Prasarana Pendidikan Perlembaga Pendidikanan Berbasis Lembaga pendidikan.” Jakarta, 2007.

Goffar, Abdul, dan Lisda Agustin. “Management Of Facilities And Infrastructure In Improving Quality Of Graduates | International Journal of High Education Scientists (IJHES).” The International Journal of High Education Scientists (IJHES) 2, no. 2 (31 Agustus 2021). https://ijhes.com/index.php/edu/article/view/177.

Matin, dan Nurhatti Fuad. Tatakelola Sarana Serta Prasarana Pendidikan: Konsep serta Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers, 2016.

Mulyasa, H. E. Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.

Muslimin, Erwin, Hisny Fajrussalam, Muhibbin Syah, dan Mohamad Erihadiana. “The Implementation of Educational Facilities and Infrastructure Management in Supporting Learning Process during Pandemic Covid-19 (Study at SMA Plus As-Salaam Bandung).” Bulletin of Science Education 1, no. 2 (12 Februari 2021). https://doi.org/10.51278/bse.v1i2.159.

Nasrudin, N., dan M. Maryadi. “Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Pembelajaran di SD.” Manajemen Pendidikan 13, no. 2 (12 Januari 2019). https://doi.org/10.23917/jmp.v13i2.6363.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2007. “Pedoman Sarana Serta Prasarana Lembaga Pendidikan,”.

Sutomo. Tata Kelola Lembaga Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press, 2012.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. “Manajemen Pendidikan Nasional”.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i2.3469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.