Peningkatan Kemampuan Problem Solving pada Materi Gaya Melalui Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SD Muhammadiyah Kemiri Tahun Ajaran 2021/2022

Catur Annisa, Nurhidayati Nurhidayati, Nur Ngazizah

Abstract


 Pada penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Problem Solving siswa materi tentang gaya melalui model Problem Based Learning Untuk siswa kelas IV SD Muhammadiyah Kemiri Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Kemiri yang merupakan salah satu sekolah yang terletak di Jl. Tentara Pelajar km 4,5 Kemiri Kelurahan Kemiri Kidul, Kecamatan Kemiri, Kabupaten Purworejo. Adapun subjek dari penelitian tersebut adalah seluruh siswa kelas IV SD Muhammadiyah Kemiri pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah 23 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dua siklus masing-masing dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pada hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan kemampuan Problem Solving siswa di kelas IV SD Muhammadiyah Kemiri yaitu pada tahapan Pra Siklus Kemampuan Problem Solving siswa hanya mendapatkan 17% . Pada siklus I meningkat sebesar 48% dengan persentase rata-rata tiap indikator mengidentifikasi masalah 63%, merumuskan masalah 54%, mengevaluasi kinerja 50%, menentukan pilihan mencapai 46%, dan menganalisis masalah mencapai 58%. Selanjutnya, pada tahapan siklus II meningkat sebesar 83% dengan persentase rata-rata tiap indikator mengidentifikasi masalah 92%, merumuskan masalah 87%, mengevaluasi kinerja 82%, menentukan pilihan mencapai 80%, dan menganalisis masalah mencapai 85%.. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada pembelajaran IPA materi gaya melalui model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan problem solving siswa di kelas IV SD Muhammadiyah Kemiri.


Keywords


IPA, Model Pembelajaran PBL, Problem Solving

Full Text:

PDF

References


Amiliya, Reni, and Anung Dryas M. “Pembelajaran Berbasis Alam Untuk Kemampuan Problem Solving Anak Usia Dini.” Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling 3, no. 02 (July 6, 2020). https://doi.org/10.46963/mash.v3i02.158.

Anugraheni, Indri. “Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar.” Polyglot: Jurnal Ilmiah 14, no. 1 (January 30, 2018). https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.789.

Argusni, Rika, and Ike Sylvia. “Implementasi Pelaksanaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Siswa Kelas XI IIS SMAN 16 Padang.” Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran 1, no. 2 (September 30, 2019).

Arifudin, Opan, Rudy Hidana, Andre Julius, Don Bosco Doho, Elferida Sormin, Al Ghazali, Hastuti Marlina, et al. PSIKOLOGI PENDIDIKAN (Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung: Widina Bhakti Persada, 2020.

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, and Suryani. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara, 2019.

Ariyanto, Metta, Firosalia Kristin, and Indri Anugraheni. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa.” JGK (Jurnal Guru Kita) 2, no. 3 (2018). https://doi.org/10.24114/jgk.v2i3.10392.

Dewi, Putri Sukma, and Hendy Windya Septa. “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematis Siswa Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah.” MATHEMA: Jurnal Pendidikan Matematika 1, no. 1 (July 25, 2019).

Harefa, Darmawan, Tatema Telaumbanua, Murnihati Sarumaha, Kalvintinus Ndururu, and Mastawati Ndururu. “Peningkatan Hasil Belajar IPA Pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS).” Musamus Journal of Primary Education 3, no. 1 (October 28, 2020). https://doi.org/10.35724/musjpe.v3i1.2875.

Kudisiah. “Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Gaya Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN Bedus Tahun Pelajaran 2017/2018.” Jurnal Ilmiah Mandala Education 4, no. 2 (October 20, 2018). https://doi.org/10.58258/jime.v4i2.475.

Masnur, Muslich. Melaksanakan PTK Itu Mudah (Classroom Action Research). Jakarta: Bumi Aksara, 2016.

Mayasari, Annisa, Opan Arifudin, and Eri Juliawati. “Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran.” Jurnal Tahsinia 3, no. 2 (October 31, 2022). https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.335.

Nahdi, Dede salim. “Eksperimentasi Model Problem Based Learning dan Model Guided Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Efficacy Siswa.” Jurnal Cakrawala Pendas 4, no. 1 (January 2018).

Ngalimun. Strategi Dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2016.

Rismawati, Rizki, Muriani Nur Hayati, and Bayu Widiyanto. “Keefektifan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup.” JPMP (Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti) 4, no. 1 (December 30, 2020). https://doi.org/10.24905/jpmp.v4i1.1651.

Rusman. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pres, 2017.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta, 2018.

Titin, and Yokhebed. “Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Calon Guru Biologi Melalui Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal.” Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA 9, no. 1 (January 18, 2018). https://doi.org/10.26418/jpmipa.v9i1.23701.

Widoyoko, S. Eko Putro. Penilaian Hasil Pembelajaran Di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2018.

Winoto, Yudi Cahyo, and Tego Prasetyo. “Efektivitas Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4, no. 2 (March 27, 2020). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.348.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i2.3470

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.