Efektivitas dan Efisiensi Pengelolaan Dana Bos (Bantuan Operasional Sekolah) di SDN Kowel 3 Pamekasan
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini mencakup kepala sekolah, guru, bendahara, dan berbagai dokumen terkait dengan Efektivitas dan Efisiensi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SDN Kowel 3 Pamekasan. teknik pengumpulan data diterapkan, termasuk wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah seperti reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Efektivitas biaya pendidikan merujuk pada kemampuan mencapai tujuan dan sasaran yang telah direncanakan. Sementara itu, efisiensi biaya pendidikan mengacu pada penggunaan sumber daya pendidikan yang terbatas untuk mencapai hasil yang maksimal. Pembiayaan sekolah mencakup pengumpulan dana dan pengelolaan pendapatan serta pengeluaran untuk pendidikan, terutama pada tingkat menengah. Untuk pendidikan dasar, biasanya pemerintah yang bertanggung jawab melalui program Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), karena adanya kewajiban belajar. Berdasarkan pertimbangan tersebut, sebuah penelitian dilakukan di SDN Kowel 3 Pamekasan dengan fokus pada dua area utama: 1) Efektivitas dan efisiensi pendanaan pendidikan yang diberikan oleh pemerintah untuk SDN Kowel 3 Pamekasan; 2) Analisis pembiayaan SDN Kowel 3 Pamekasan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, Fuad. Manajemen Organisasi Pendidikan Kejuruan. Jember: Cerdas Ulet Kreatif, 2020.
Akdon, Dedy Achmad Kurniady, dan Deni Darmawan. Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.
Cahyono, Budi Tri. Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Tangerang: Pascal Books, 2021.
Dakhi, Yohannes. “Implementasi Poac Terhadap Kegiatan Organisasi Dalam Mencapai Tujuan Tertentu.” Jurnal Warta Edisi, no. 50 (2016). https://www.neliti.com/publications/290701/.
Elfachmi, Amin Kueife. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama, 2016.
Fattah, Nanang. Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis Aktivitas Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.
Gainau, Maryam B., Dorce Bu”Tu, Julianus Labobar, Christina Anita Jeujanan, Semuel Yanengga, Daniel Wenda, Pilipus M. Kopeuw, dan Evelien F. Ugadje. Problematika Pendidikan di Indonesia. Sleman: PT Kanisius, 2021.
Hasbullah. Otonomi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010.
Hidayat, Rahmat. Ilmu Pendidikan Islam. Medan: LPPPI Press, 2016.
Kurniady, Dedy Achmad. “Efektivitas Dan Efisiensi Pembiayaan Pendidikan Pada Sekolah Dasar Di Kabupaten Bandung.” Jurnal Administrasi Pendidikan 14, no. 1 (2012). https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/727177.
Mulyasa. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006.
Nursalimah, dan Sangkot Idris Ritonga. “Pembiayaan dan Efisiensi Pendidikan.” Jurnal Pena Cendikia 1, no. 5 (2022).
Rojii, Mohamad, Priyo Nurdiyan, An’nur Ridwan P, Annisa Nur Islamiar, Nony Anggraeni, Suci Wulandari, Renny Oktafia, Hidayatulloh, dan Eni Fariyatul Fahyuni. Manajemen Pembiayaan Pendidikan Islam. Sidoarjo: UMSIDA PRESS, 2020. https://doi.org/10.21070/2020/978-623-7578-66-6.
Rusdiana. Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Bandung: Pusat Penelitian Penerbitan UIN SGD Bandung, 2019.
Setyorini, Ayu Alam. Efektivitas Biaya Pendidikan (BOS) SMP Negeri 1 Mojosongo Tahun Ajaran 2014/2015. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2015.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i2.3471
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.