Pengembangan Multimedia Interaktif Flash Berbasis Project Based Learning Untuk Pengembangan IPAS Siswa Kelas 4

Shinta Meilina, Pinkan Amita Tri Prasasti, Ivayuni Listiani

Abstract


Pada penelitian ini mengembangkan media pembelajaran multimedia interaktif flash berbasis project based learning untuk pembelajaran IPAS di kelas 4. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media pembelajaran multimedia interaktif flash berbasis project based learning dalam pembelajaran IPAS di kelas 4. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Research & Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas 4 SDN Margomulyo 1 yang berjumlah 22 siswa dan satu orang wali kelas tersebut. pengumpulan data menggunakan wawancara, angket validasi ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa serta angket respon guru dan siswa. Berdasarkan hasil validasi ahli media memperoleh persentase 88% dengan kategori sangat valid, ahli materi sebesar 86% dengan kategori sangat valid, ahli bahasa sebesar 90% dengan kategori sangat valid. Hasil angket respon guru sebesar 92% dengan kriteria sangat valid dan angket respon siswa 83% dengan kriteria sangat valid, dari hasil tersebut dapat disimpulkan media pembelajaran multimedia interaktif flash berbasis PjBL layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya di kelas 4 sekolah dasar.


Keywords


Multimedia Interaktif, Adobe Flash, Proyek, Metode Pembelajaran, IPAS

Full Text:

PDF

References


Dwipayana, Putu Agus Putra, I. Wayan Redhana, and Putu Prima Juniartina. “Analisis Kebutuhan Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Konteks Budaya Lokal Untuk Pembelajaran IPA SMP.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI) 3, no. 1 (April 29, 2020). https://doi.org/10.23887/jppsi.v3i1.24628.

Elvira. “Faktor Penyebab Rendahnya Kualitas Pendidikan Dan Cara Mengatasinya (Studi Pada : Sekolah Dasar Di Desa Tonggolobibi).” Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman 16, no. 2 (July 12, 2021). https://doi.org/10.56338/iqra.v16i2.1602.

Fadhli, Rahmat. “Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.” Jurnal Elementaria Edukasia 5, no. 2 (October 31, 2022). https://doi.org/10.31949/jee.v5i2.4230.

Firdaus, Asno Azzawagama, Anton Yudhana, and Imam Riadi. “Analisis Sentimen Pada Proyeksi Pemilihan Presiden 2024 Menggunakan Metode Support Vector Machine.” Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi 3, no. 2 (June 8, 2023). https://doi.org/10.51454/decode.v3i2.172.

Junaidi. “Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar.” Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan 3, no. 1 (June 30, 2019). https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349.

Magdalena, Ina, Alif Fatakhatus Shodikoh, Anis Rachma Pebrianti, Azzahra Wardatul Jannah, and Iis Susilawati. “Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi.” Jurnal Edukasi Dan Sains 3, no. 2 (2021).

Novitasari, Dian. “Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa.” FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika 2, no. 2 (December 30, 2016). https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18.

Rahmaibu, Farida Hasan, Farid Ahmadi, and Fitria Dwi Prasetyaningsih. “Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN.” Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar 7, no. 1 (2016). https://doi.org/10.15294/kreatif.v7i1.9362.

S, Supriyadi. “Adobe Flash Untuk Mendukung Pembelajaran.” Jurnal Khatulistiwa Informatika 7, no. 2 (September 2016). https://doi.org/10.31294/jkom.v7i2.1490.

Surjono, Herman. Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep Dan Pengembangan. Yogyakarta: UNY Press, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i2.3472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.