Penerapan Metode Bermain Crossword Puzzle pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar

Dini Amelia, Mariana Nur Endah Lestari, Muslim Muslim

Abstract


Pembelajaran fiqih merupakan salah satu pembelajaran diniyah yang diajarkan di madrasah ibtidaiyah. Materi yang diajarkan pada pembelajaran fiqih di antaranya adalah bab sholat, dzikir, dan hal-hal yang dimakruhkan. Pada pembelajaran ini diperlukan berbagai metode yang menarik dan interaktif bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan mampu meningkatkan aktivitas belajar. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini, data diperoleh berdasarkan fakta-fakta yang ada di lapangan. Adapun teknik yang digunakan dalam penelitian melalui observasi dan wawancara. Untuk mengetahui secara jelas dan detail  mengenai pembelajaran dengan menggunakan metode bermain Crossword Puzzle, objek penelitian diambil dari peserta didik kelas 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bermain Crozzword Puzzle dapat membantu peserta didik bergerak aktif, berkomunikasi, dan aktif bertanya dengan cara yang menyenangkan. Selain itu juga peserta didik dapat menambah pengetahuan dan juga daya ingatan pengetahuannya, sehingga sepenuhnya guru tidak menjadi pusat pembelajaran. Meskipun demikian terdapat pula kekurangan. Simpulan dari tulisan ini adalah Crossword Puzzle sebagai media pembelajaran fiqih dapat meningkatkan keterlibatan siswa, memfasilitasi pemahaman konsep-konsep fiqih, dan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan.


Keywords


Metode Bermain Crossword Puzzle, Pembelajaran Fiqih, Peningkatan Aktivitas Belajar

Full Text:

PDF

References


Adlini, Miza Nina, Anisya Hanifa Dinda, Sarah Yulinda, Octavia Chotimah, and Sauda Julia Merliyana. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6, no. 1 (March 1, 2022). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Arifin, Moh Samsul, Rina Rohmawati, and Ilfiana Firzaq Arifin. “Penerapan Media Game Teka Teki Silang Melalui TGT (Teams Games Tournament) Dalam Mata Pembelajaran Sejarah Manusia Purba Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X PM Di SMK Trunojoyo Jember Tahun Ajaran 2019/2020.” SANDHYAKALA Jurnal Pendidikan Sejarah, Sosial Dan Budaya 2, no. 2 (November 4, 2021). https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v2i2.569.

Harahap, M. Roni Ito, and Mawaddah Nasution. “Pengaruh Penggunaan Strategi Crossword Puzzle Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di SMA Al-Bukhari Muslim.” Edumaniora : Jurnal Pendidikan Dan Humaniora 1, no. 02 (October 28, 2022).

Lase, Famahato, Herman Nirwana, Neviyarni S, and Marjohan. Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Cerdas Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.0. Makassar: Nas Media Indonesia, 2022.

Masykur, Mohammad Rizqillah. Metodologi Pembelajaran Fiqih. Pasuruan: Al-Makrifat, 2019.

Mawardhani, Mitha Ayu, Anggra Lita SandraDewi, and Endang Wahyu Andjariani. “Pengaruh Media Pembelajaran Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Kelas V SD.” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan) 7, no. 2 (June 7, 2023). https://doi.org/10.58258/jisip.v7i2.4737.

Mudhori, Bahaudin. Penerapan Metode Demostrasi Dalam Menumbuhkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Fiqih Kelas X SMA Muhammadiyah 08 Cerme. Gresik: UGM, 2019.

Nazla, Siti, Sri Wahyuni, and Adiyono Adiyono. “Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Fiqih Yang Efektif Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Paser.” FIKRUNA 6, no. 2 (July 25, 2023). https://doi.org/10.56489/fik.v6i2.122.

Syukur, Taufik Abdillah. Pembelajaran Fiqih. Tangerang Selatan: Patju Reaksi, 2020.

Ulfiah, Zakiah, and Yona Wahyuningsih. “Penerapan Permainan Edukatif Teka Teki Silang Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam 6, no. 2 (August 18, 2023). https://doi.org/10.58401/dirasah.v6i2.928.

Wijaya, Yusuf, and Moh Hanafi. “Efektivitas Permainan Teka-Teki Silang Dalam Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa Universitas Bhineka.” EduCurio: Education Curiosity 1, no. 3 (July 25, 2023).

Zagoto, Impiani, and Renata R. S. A. Laia. “Crossword Puzzle Game For Teaching Vocabulary.” Research on English Language Education 4, no. 2 (October 25, 2022). https://doi.org/10.57094/relation.v4i2.381.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i2.3473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.