Tujuan Pendidikan Dasar dalam Perspektif Al-Qur'an Surat Luqman Ayat 12-19
Abstract
Pendidikan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia, karena pendidikan sendiri adalah sarana dalam menumbuh kembangkan potensi yang dimiliki manusia. Salah satu unsur terpenting dalam pendidikan adalah menetapkan tujuan dan orientasi pendidikan. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bermaksud untuk merumuskan tujuan pendidikan dasar yang terkandung dalam Al-Qur`an Surat Luqman ayat 12-19. Adapun pendekatan yang digunakan penulis, yaitu metode kualitatif studi pustaka (library research), yaitu dengan menghimpun informasi dari bahan bacaan, seperti kitab tafsir, artikel jurnal ilmiah dan sumber lain yang relevan dengan pokok bahasan, lalu data yang diperoleh dari hasil pemilahan tersebut dianalisis dengan metode analisis isi (content analysis) dan metode Tafsir at-Tahlili (analitik). Hasil dari analisis penelitian ini menjelaskan bahwa tujuan pendidikan Islam berbeda dengan sasaran pendidikan yang bercorak sekulalistik. Tujuan pendidikan sekuler lebih memprioritaskan aspek intelektual peserta didik, namun cenderung mengabaikan nilai-nilai spiritual keagamaan. Temuan rumusan tujuan pendidikan dasar perspektif Al-Qur`an surat Luqman ayat 12-19 yaitu mencakup aspek penanaman akidah, ibadah, akhlak (karakter) dan tanggung jawab sosial melalui amar ma'ruf nahi mungkar. Keempat aspek diatas adalah pondasi pokok dalam upaya membangun keshalehan peserta didik baik secara personal dan sosial.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrazaq. Fawaaid Mustanbithah Fi Qishoti Luqman. Semarang: Maktabah Taawun wal Irsyad, 2012.
Al Mahalli, Jalal al-Din, dan As Suyuthi. Tafsir Jalalain. Beirut: Daar Kitab Ilmiyah, 2003.
An Nahlawi, Abdurrahman. Prinsip-Prinsip dan Metode Pendidikan Islam. Bandung: CV. Diponegoro, 1992.
Arifin, Muzayyin. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bina Aksara, 2009.
Assingkily, Muhammad Shaleh. ILMU PENDIDIKAN ISLAM (Mengulas Pendekatan Pendidikan Islam dalam Studi Islam & Hakikat Pendidikan Bagi Manusia). Yogyakarta: K-Media, 2021.
Bahrun, Abu Bakar. Terjemah Tafsir Ibnu Kasir Juz 21. Salatiga: Sinar Baru Algesindo, 2006.
Daradjat, Zakiah. Ilmu pendidikan Islam. Jakarta: Bina Aksara, 1992.
Fawaid, Achmad, dan Rianayati Kusmini Pancasari. Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Belajar, t.t.
Jalaluddin. Teologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.
Muhammad bin Sholih Al-Utsaimin. Ushulun Fii Tafsir. Maktabah Islamiah, 2001.
Mujib, Abdul, dan Jusuf Muzakkir. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media, 2006.
Panji, Aji Luqman, Achmad Ruslan Afendi, Akhmad Ramli, Sudadi Sudadi, dan Agus Mubarak. “Pendidikan Islam Dengan Penanaman Nilai Budaya Islami.” Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi 6, no. 1 (3 Januari 2023). https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v6i1.2155.
Prastowo, Andi. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Cet. 3. Yogyakarta: Ar-ruzz Media, 2012.
Soekanto, Sarjono, dan Sri Mamudji. Penelitian Hukum Normatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.
UU No. 20 Tahun 2003. “Sistem Pendidikan Nasional.” Database Peraturan | JDIH BPK, 2003.
Wahid, Sa’ad Abdul. Tafsir Al Hidayah (Jilid 1): Ayat-Ayat Aqidah. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah, 2003.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i2.3511
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ahmad Faoji, Budianto Budianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.