Pengembangan Media Ekoliterasi Makanan Sehat dan Bergizi Berbasis Teknologi pada Siswa Sekolah Dasar

Wira Sakti Sutiana, Rana Gustian Nugraha, Aah Ahmad Syahid

Abstract


Kesadaran akan ekoliterasi pangan berkelanjutan merupakan hal yang cukup krusial yang perlu dikenalkan mulai sejak dini.  Pendidikan ekoliterasi merupakan salah satu faktor yang berperan untuk menanamkan kesadaran akan pemilihan makanan sehat dan bergizi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi berupa e-book. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan model ADDIE. Tahap desain menghasilkan e-book dengan menggunakan aplikasi Canva, disertai dengan materi tentang makanan sehat dan bergizi, gambar, video, dan permainan. Pengembangan produk dilakukan dengan impor e-book ke Heyzine Flipbook, diikuti dengan validasi oleh ahli materi dan media. Implementasi dilakukan melalui uji coba kelompok kecil sebanyak 10 siswa kelas IV dan uji coba kelompok besar sebanyak 31 siswa kelas V dan VI, dengan hasil yang menunjukkan kualitas media yang sangat baik. Evaluasi mengonfirmasi kevalidan dan kelayakan e-book sebagai media belajar yang cocok untuk digunakan di sekolah dasar dengan tingkat persetujuan materi mencapai 87,5%, dan penilaian ahli media mencapai 91%. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan media pembelajaran ekoliterasi yang efektif dan menarik bagi siswa SD.


Keywords


Media Ekoliterasi, Makanan Sehat dan Bergizi, Berbasis Teknologi

Full Text:

PDF

References


Afifuddin, Muchammad. “Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis ICT.” Tarbawi 6, no. 2 (2018). https://doi.org/10.36781/tarbawi.v6i1.2970.

Andes, Delusi, Nurdinah Hanifah, dan Aah Ahmad Syahid. “Pengembangan Media Voice E-book sebagai Upaya Penguatan Profil Pelajar Pancasila.” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru 9, no. 2 (2024). https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.902.

Aprilyani, Yeni. “Analisis Ekoliterasi Peserta Didik pada Sekolah Adiwiyata di MAN 1 Liwa Lampung Barat.” Doctoral Dissertation, UIN Raden Intan Lampung, 2023.

Ardhani, Azizah Dwi, Mohammad Liwa Ilhamdi, dan Siti Istiningsih. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli pada Pelajaran IPA.” Jurnal Pijar Mipa 16, no. 2 (2021). https://doi.org/10.29303/jpm.v16i2.2446.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, 2013.

Dick, W, dan L Carey. The systematic design of instruction (4th ed.), 1996.

Febrita, Yolanda, dan Maria Ulfah. “Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Prosiding DPNPM Unindra 2019 0812, no. 2019 (2019).

Goleman, Daniel. Ecological Intelligence : How Knowing the Hidden Impacts of What We Buy Can Change Everything. Vol. Unabridged, 2013.

Goleman, Daniel, Lisa Bennett, dan Zenobia Barlow. Eco Literate. European University Institute, 2012.

Gustian Nugraha, Rana, Fasli Jalal, dan Endry Boeriswati. “the Urgency of the Ecoliteracy Module in Improving the Ecoliteracy Ability of Elementary School Students.” The 1st International Conference on Language and Language Teaching (InCoLLT 2022), 2022.

Gustian, Rana, Fasli Jalal, dan Endry Boeriswati. “Improving Student’s Eco-Literacy Skills Through the Use of The Eco-Literacy Module.” Indonesian Journal of Social Research (IJSR) 4, no. 3 (2022). https://doi.org/10.30997/ijsr.v4i3.231.

Hanifah, Nurdinah, Isrok’atun, dan Dadan Djuanda. “Perspektif Guru Sekolah Dasar Dalam Pengembangan Perangkat Ajar Pada Kurikulum Merdeka.” Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (Senassdra) 2, no. 2 (2023).

Itafarida, Sudar, Eduardus Bimo Aksono Herupradoto, Usma Nur Dian Rosyidah, dan Erlita Rusnaningtias. “Family-based collaborative eco-literacy model for sustainable city.” Masyarakat, Kebudayaan dan Politik 32, no. 2 (2019). https://doi.org/10.20473/mkp.v32i22019.168-178.

Nugraha, Rana Gustian. “Meningkatkan Ecoliteracy Siswa Sd Melalui Metode Field-Trip Kegiatan Ekonomi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.” Mimbar Sekolah Dasar 2, no. 1 (2016). https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i1.1322.

Sa’dun, Akbar. “Instrumen Perangkat Pembelajaran,” 2015.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, 2019.

Syahid, A. A., D. T. Sunarya, A. Sudin, C. Sunaengsih, dan D. A. Karlina. “ICT competences of primary school teachers.” Journal of Physics: Conference Series 1318, no. 1 (2019). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012148.

Syahid, Aah Ahmad. “Resensi Buku: Membuka Pemikiran Baru Tentang Belajar Dan Pembelajaran.” Mimbar Sekolah Dasar 3, no. 1 (2016). https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2361.

Syahid, Ahmad. “Gembira bersekolah: memaknai fun learning di sekolah dasar.” Education 1, no. 1 (2019).

Syarifuddin, Surya, dan Muh. Khaedar. “Pengetahuan dan Sikap Anak Usia Sekolah Tentang Pemilihan Makanan Jajanan Sehat di SDI Tamamaung I.” Jurnal Kewarganegaraan 6, no. 3 (2022).

Widianingsih, Dewi. “Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen, serta Komite Audit pada Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan CSR sebagai Variabel Moderating dan Firm Size sebagai Variabel Kontrol.” Jurnal Akuntansi dan Pajak 19, no. 1 (2018). https://doi.org/10.29040/jap.v19i1.196.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i2.3513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.