Perencanaan Peningkatan Mutu di SD Labschool Unesa 2 Surabaya

Faradlilah Shohifah, Murtadlo Murtadlo, Warih Handayaningrum

Abstract


Meningkatkan mutu pendidikan merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memenuhi tujuan negara yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Upaya peningkatan mutu tentunya tidak terlepas dari perencanaan pendidikan. Perencanaan pendidikan merupakan langkah krusial dalam upaya peningkatan mutu. Hal ini pulalah yang dilakukan di SD Labschool Unesa 2 Surabaya dalam upaya peningkatan mutu dengan menggunakan enam standar nasional pendidikan. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan kajian dokumen. Dengan membandingkan rapor mutu tahun 2023 dan 2024, diketahui bahwa terdapat tiga standar nasional pendidikan yang mengalami penurunan dan tiga standar nasional pendidikan yang mengalami kenaikan. Dalam upaya meningkatkan mutu tiga standar nasional pendidikan yang mengalami penurunan, SD Labschool Unesa 2 Surabaya, melakukan perencanaan-perencanaan peningkatan mutu yang dikelompokkan sesuai dengan standar evaluasi pendidikan yang hendak ditingkatkan mutunya yaitu pada pilar karakter murid dan kualitas pembelajaran agar rapor pendidikan pada tahun 2025 mengalami peningkatan.


Keywords


Perencanaan, Peningkatan Mutu, Standar Nasional Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Abubakar, Rifa’I. Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Suka Press, 2021.

Burhanudin, Ari Prayoga, dan Irawan Irawan. “Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Islam.” Journal ISTIGHNA 3, no. 3 (30 Januari 2020). https://doi.org/10.33853/istighna.v3i1.43.

Darmawati. “Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada SD Permata Nusantara Kota Batam.” Khazanah Ilmu Berazam 2, no. 3 (2019).

Mahmud, Nurhamsa, Andi Agustan Arifin, dan Listanti Mou. “Kajian Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Ilmiah Cahaya Paud 3, no. 1 (29 Mei 2021). https://doi.org/10.33387/cahayapd.v3i1.2264.

Nilamsari, Natalina. “Memahami studi dokumen dalam penelitian kualitatif.” WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi 13, no. 2 (2014).

Rahmadi. Pengantar Metodologi Penelitian. Banjarmasin: Antarasi Press, 2011.

Ritonga, Zon Saroha. “Perencanaan Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Di SMP Swasta Graha Kirana Medan.” Equity In Education Journal 2, no. 2 (20 Oktober 2020). https://doi.org/10.37304/eej.v2i2.1673.

Riyanto, Yatim. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kualitatif dan Kuantitaitf. Surabaya: Unesa University Press, 2007.

Sarwono, Jonathan. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

Sutiara, Aditia, Ines Widiya Ningsih, Muhamad Khozinul Huda, dan Rokman Hidayat. “Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidik Di SDN 4.” Prosiding FKIP UMC 3, no. 1 (28 September 2021).

Tanzeh, Ahmad. “Perencanaan Mutu Sekolah Sebagai Dasar Manajemen Strategik Dalam Bidang Pendidikan.” Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan 18, no. 1 (15 Juli 2018). https://doi.org/10.21274/dinamika.2018.18.1.89-104.

Utomo, Santri Prabowo, Sri Marmoah, dan Roemintoyo. “Kajian Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Untuk Meningkatkan Kualitas Sekolah Dasar Pada SDN 2 Bendosari Boyolali.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 9, no. 3 (2020).

Yusuf, A. Muri. Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i2.3514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.