Implementasi Guru dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Tutorial di Sekolah Dasar Wonosari
Abstract
Pembelajaran matematika berbasis komputer merupakan metode pembelajaran yang memanfaatkan komputer sebagai sarana pendukung. Dalam metode ini, model pembelajaran disajikan melalui perangkat komputer, membuat proses belajar mengajar lebih interaktif dan menarik untuk siswa khususnya pada mata pelajaran matematika yang kebanyakan siswa merasa sulit akan memahami materi, jenuh dan bosan saat belajar. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui implementasi guru dalam meningkatkan aktivitas pembelajaran matematika siswa menggunakan model tutorial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif dan dilaksanakan di Sekolah Dasar Wonosari. Pengumpulan data menggunakan tiga metode, yaitu: 1) Observasi, 2) Wawancara, 3) Dokumentasi. teknik analisis data deskriptif, yang melibatkan tiga tahapan kegiatan. Pertama, reduksi data. Kedua, display. dan Terakhir, verifikasi dilakukan untuk menarik kesimpulan berdasarkan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan pembelajaran matematika melalui model tutorial, yaitu, mengadopsi berbagai metode, pendekatan personalisasi, memonitoring kemajuan siswa, melibatkan siswa dalam diskusi, evaluasi terkait hasil pembelajaran, dari hasil wawancara yang penulis lakukan terkiat model pembelajaran tutorial secara positif dalam meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa di Sekolah Dasar Wonosari.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andayani, Nyoman Seri. “Penerapan Model Pembelajaran CTL Dengan Model Tutorial Dalam Pembelajaran Bentuk Aljabar Pada Siswa Kelas VII.” DAIWI WIDYA Jurnal Pendidikan 05, no. 1 (2021).
Febrianto, Rohmat, and Flora Puspitaningsih. “Pengembangan Buku Ajar Evaluasi Pembelajaran.” Education Journal : Journal Educational Research and Development 4, no. 1 (2020). https://doi.org/10.31537/ej.v4i1.297.
Gerhana, Yana Aditia, M.Irfan, and Cepy Slamet. “Implementasi Technology Acceptance Model Untuk Mengukur Penerimaan Guru Terhadap Inovasi Pembelajaran” X, no. 2 (2020).
Ismaniati, Christina. “Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran,” 2020, 15. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Dr. Christina Ismaniati, M.Pd./Penggunaan Teknologi Informasi dan komunikasi dalam peningkatan kualitas pembelajaran.pdf.
Jayanti, Dwi, Jelita Intan Septiani, Ika Candra Sayekti, Ipin Prasojo, and Irma Yuliana. “Pengenalan Game Edukasi Sebagai Digital Learning Culture Pada Pembelajaran Sekolah Dasar [Introduction of Educational Games as Digital Learning Culture in Elementary School Learning].” Buletin KKN Pendidikan 3, no. 2 (2021). https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i2.15735.
Khadafianto, Fuad, Gandes Retno Rahayu, and Efrayim Suryadi. “Rancangan Perbaikan Penilaian Tutorial Berdasarkan Sudut Pandang Tutor Dan Mahasiswa Serta Literatur.” Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: The Indonesian Journal of Medical Education 5, no. 2 (2022). https://doi.org/10.22146/jpki.25321.
Makkawaru, Maspa. “Pentingnya Pendidikan Bagi Kehidupan Dan Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan.” Jurnal Konsepsi 8, no. 3 (2020).
Mambu, Joupy G Z, Dedek Helida Pitra, Aziz Rizki, Miftahul Ilmi, Wahyu Nugroho, Natasya V Leuwol, Andi Muh, and Akbar Saputra. “Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Dalam Menghadapi Tantangan Mengajar Guru Di Era Digital.” Journal on Education 06, no. 01 (2023). https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/3304.
Martinez, Mario Antonio. “Computer Discourse and Use as Determinants of Student Math Outcomes: Performativity and Action at Work in the Lower School Grades.” Heliyon 8, no. 2 (2022). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e08888.
Nurjani, Nurjani. “Penerapan Model Pembelajaran Tutorial Sebaya Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Di Kelas V Sd Negeri 126 Gunung Baringin.” Js (Jurnal Sekolah) 1, no. 4 (2021). https://doi.org/10.24114/js.v1i4.9132.
Pandapotan, Sihar. “Kajian Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Tutorial Tatap Muka Di Universitas Terbuka Medan.” Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial 6, no. 1 (2020). https://doi.org/10.24114/jupiis.v6i1.1480.
Permatasari, Ade cahyani, Jelita Atika Sari, Tari Winanda, Rivaldo Ihzan Saputra, Silvi, Pisma Annisa, and Efi Fitriani. “Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal.” Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata 4, no. 1 (2023). https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.845.
R. Septianingsih, D. Safitri, S.Sujarwo. “Cendikia Pendidikan.” Cendekia Pendidikan 1, no. 1 (2023). https://doi.org/10.9644/scp.v1i1.332.
Sholihah, Fathihatus, and M Risal. “Analisis Motivasi Belajar Siswa Kelas X . 3 Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Tutorial Pada Mata Pelajaran Informatika Di UPT SMA Negeri 3 Maros” 4, no. 1 (2024).
Suryani, Ade, M Basir, and Rusmin R. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputer Model Permainan Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Muhammadiyah 1 Palembang.” Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi 1, no. 1 (2022).
Suryani, Mira;, Zainal; Hasibuan, and Harry Santoso. “Personalisasi Konten Pembelajaran Berdasarkan Pendekatan Tipe Belajar Triple-Factor Dalam E-Learning.” Konferensi Nasional Sistem Informasi, no. February (2022).
Suryanto, Adi, Abdul Gafur, and FX. Sudarsono. “Model Evaluasi Program Tutorial Tatap Muka.” Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 17, no. 2 (2021).
Syam, Nurwahid. “Pengembangan Media Tutorial Pembelajaran IPA Berbasis Web Untuk Peserta Didik Kelas VIII SMPN 5 Pallangga.” Jurnal Pendidikan Fisika 5, no. 2 (2020).
Utomo, Jepri., and Purwaningsih. “Pembelajaran Berbasis Komputer Model Tutorial Di Sekolah Dasar.” Pengembangan Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 1, no. 1 (2022).
Wafda. “Efektivitas Model Pembelajaran Tutorial Berbantuan Kuis Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Gerak Manusia.” Journal of Biology Education 5, no. 1 (2023).
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i3.3515
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Novi Selvia, Andi Prastowo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.