Pengaruh Media Tangga Pintar Terhadap Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik MI Muara Pipi’i
Abstract
Pembelajaran Matematika merupakan pembelajaran yang abstrak sehingga memerlukan suatu alat bantu berupa media pembelajaran dan alat peraga yang dapat memperjelas apa yang akan disampaikan. Pemakaian media pembelajaran di dalam proses belajar mengajar dapat meningkatkan semangat, minat dan motivasi siswa dalam mengikuti suatu pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang menarik, menyenangkan, dan dapat melibatkan siswa dalam pembelajaran adalah media tangga pintar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media tangga pintar terhadap motivasi belajar matematika peserta didik MI Muara Pipi’i. Penelitian ini eksperimen jenis quasi experimental design dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada seluruh peserta didik kelas 1 di MI Muara Pipi’i yang berjumlah 17 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengisian angket, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis menggunakan statistik inferensial dengan uji normalitas, homogenitas, uji-t, perhitungan nilai r dan perhitungan nilai r kuadrat melalui aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh media tangga pintar terhadap motivasi belajar matematika peserta didik MI Muara Pipi’i. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan uji-t dengan nilai sig. sebesar 0.000. Hubungan media tangga pintar dan motivasi belajar matematika peserta didik tergolong kategori cukup dengan nilai r sebesar 0.667. Selain itu, nilai R2 sebesar 0,407 yang artinya bahwa media tangga pintar mempengaruhi motivasi belajar matematika peserta didik sebesar 40,7%. Dengan demikian, media tangga pintar bisa menjadi salah satu alternative media pembelajaran bagi guru untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa dalam proses pembelajaran matematika.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asyriah, Nor. “Problematika Penggunaan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika Di SMP Islam Hasanuddin.” An-Nahdhah| Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan 11, no. 1 (2018).
Harahap, Nurhalimah, Stai Barumun Raya Sibuhuan, Jl Ki Hajar Dewantara No, and B Sibuhuan. “Problematika Pembelajaran Matematika Di SD Negeri 0703 Hutaraja Tinggi.” Seminar Nasional, 2022, 2022.
Hardiningrum, Rikha Setyati. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Ngluwar Kabupaten Magelang.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 24 (2018).
Hendrizal. “Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran.” Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakter 2, no. 1 (2020).
Indriani, Nina, Chelina Aurilia Purwanto, Della Puspita Sari, and Inayatur Rofi’ah. “Rumus Matematika Yang Dianggap Sebagai Momok Bagi Peserta Didik.” Jurnal Amal Pendidikan 2, no. 3 (2021). https://doi.org/10.36709/japend.v2i3.23018.
Maisaroh, Dewi, Prilia Linda Astuti, and Ibrahim. “Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas.” Polynom : Journal in Mathematics Education 2 (2021).
Murdiani. “Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Menjumlahkan Pecahan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Siswa Kelas Iv Sdn Hariang Kecamatan Banua Lawas Kabupaten Tabalong.” Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Sosial 4, no. 2 (2018).
Perdana, I Putu Aditya, and Tience Debora Valentina. “Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar: Literature Review.” Https://Jurnal.Syntaxliterate.Co.Id/Index.Php/Syntax-Literate/Issue/View/118 7 (2022).
Putri Pertiwi, Ni Putu Eka Windi, I Made Suarjana, and Ni Wayan Arini. “Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Media Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Matematika.” Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran 2, no. 3 (2019). https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19277.
Rahmawati, Amalia Yunia. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Tangga Pintar Dan Ular Tangga Pintar Pada Penjumlahan Dan Pengurangan Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 1 Pada Pembelajaran Matematika Di MI Ma’arif Polorejo Tahun Pelajaran 2019/2020.” Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, 2020.
Sari, Desi Puspita, and Misdalina Misdalina. “Pengaruh Media Pembelajaran Roda Putar Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 224 Palembang” 06, no. 02 (2024).
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.
Thoifah, I’anatut. Statistik Pendidikan Dan Metode Penelitian Kuantitatif. Malang: Madani, 2016.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i3.3518
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nor Asyriah, Kartika Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.