Penerapan Model Make a Match pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dalam Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 dan 2 SD/MI
Abstract
Anak kelas 1 dan 2 SD/MI dalam kemampuan membacanya belum semuanya bisa, dan cepat merasa bosan dalam pembelajarannya. Penelitian memakai jenis penelitian lapangan dengan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalasis penerapan model make a match pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam kemampuan membaca siswa di kelas 1 dan 2 SD/MI. Data-data yang disajikan bentuknya narasi teks. Sumber data penelitian didapat dengan tiga cara berupa observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan tiga tahapan, sebagai berikut: reduksi data, penyajian data yang didapat, serta menyimpulkan datanya. Hasil dari penelitian ini ialah model make a match mampu meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 dan 2 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, total 20 siswa (15 siswa kelas 1 dan siswa kelas 2) dari 15 siswa kelas 1 yang 13 siswa sudah mampu membaca dan 2 siswa lainnya mengalami keterlambatan belajar karena faktor kemampuan intelegensi, genetik, serta kelurga. Anak-anak juga lebih bersemangat dalam proses pembelajaran, lebih antusias dan aktif. Media yang digunakan berupa bendera huruf vokal, kartu bergambar, dan cup dan kertas bergambar Dan 5 siswa kelas 2 yang belum bisa membaca sebagai kelas pembanding yang tidak menggunakan media make a match dalam belajar membaca. 5 siswa tersebut cukup lamban dalam mengingat bacaan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdussamad, Zuchri. Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. Syakir Media Press, 2021.
Aliputri, Dhestha, Hazilla. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a match Berbantuan Kartu Menggambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Universitas Kanjuruhan Malang: Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD) Vol. 2 No. (2018).
Amin, Muhammad. “Meningkatkan Minat Membaca Dengan Menggunakan Media Kartu Kata Pada Siswa Kelas Ii Sd Negeri 3 Pantan Cuaca.” Cendekia : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 1 No 2 (2023).
Fatturohman, M. “Penggunaan Metode Make a match Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar PPKn Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Jetiskarangpung.” Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 3 (2016): 1–39.
Haldaenni. “Pendidikan dan Pengajaran) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.” Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran) 2, no. 3 (2018).
Irdawati dkk. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 1 di MIN Buol.” Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 5 No. (2017).
Irma Ayuwanti. “Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di SMK Tuma’ninah Yasin Metro.” Jurnal SAP Vol. 1 No. (2016).
Kurniangsih, Imas. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena, 2016.
Miftachul, Umar Sidiq dan M. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV Nata Karya, 2019.
Nurfadhillah, Septy. “Keterampilan Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu Huruf dan Bergambar Siswa Kelas 2.” INNOVATIVE 3 (4) (2023).
O. Teladaningsih, Mawardi, & I. Huliana. “Implementasi Model Pembelajaran Teams Games Tournament Meningkatkan Keterampilan Kolaboratif Peserta Didik Kelas 4 SD.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar IV(1) (2019).
Prasetyowati, E. N. “Peningkatan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa melalui Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri pada Materi Pokok Larutan Penyangga.” JKPK (Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia) 1(1) (2016).
Ratno. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Budha Siswa Kelas IV SDN 003 Tembilahan Kota.” Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran) 3 (2) (2018).
Sani, Imas Kurniasih dan Berlin. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Yogyakart: Kata Pena, 2015.
Sari, Mita Apprillia. “Penerapan Model Pembelajaran Make a match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Pelajaran PPKn Tema 4 Kewajiban Dan Hakku Subtema 1 Kewajiban Dan Hakku Di Rumah di SD 1 Klumpit Kabupaten Kudus.” PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora 2, no. 3 (2023).
Sari, W. N. “Analisis Komunikasi dalam Pembelajaran Kelas III Berbasis NHT Melalui Transcript Based Lesson Analysis (TBLA).” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 22(2) (2022).
Suantini, N. K. A. “Langkah-Langkah Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa.” Kamaya: Jurnal Ilmu Agama 2(1) (2019).
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.
Tayeb, T. “Analisis Manfaat Model Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Dasar Islam 4 (2) (2017).
Teni, Eka. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar.” Jurnal Pembelajaran Prospektif 4 (1) (2019).
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i3.3543
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Fika Husna Hayati, Abdul Wachid Bambang Suharto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.