Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournaments) pada Peserta Didik Kelas III SD
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya hasil belajar matematika kelas III di SDN Pajang 3 Surakarta. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada peserta didik kelas III di SDN Pajang 3 Surakarta melalui model belajar kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Teknik analis data dalam penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif untuk mengukur data hasil beajar peserta didik melalaui tes dan teknik kualitatif untuk mengetahui aktivitas guru dan peserta didik. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN Pajang 3 Surakarta yang berjumlah 25 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperati tipe Teams Games Tournament (TGT) pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III SDN Pajang 3 Surakarta. Sebelum dilakukan tindakan, nilai pembelajaran matematika peserta didik kelas III SD Negeri Pajang 3 Surakarta baru 8 (77%) peserta didik yang tuntas mencapai KKM. Pada tindakan siklus I, terjadi peningkatan yaitu sebanyak 15 (80%) peserta didik yang mencapai KKM. Pada siklus II, juga mengalami peningkatan yaitu sebanyak 20 (83%) peserta didik yang mencapai ketuntasan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Basri, Putri Andini. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meninkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 75 Malewang Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros.” Jurnal Pendidikan Matematika 7, no. 3 (2021).
Halimah, Mawardi, and Krisma Widi Wardani. “Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 4 SD N Gendongan 03 Melalui Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt ).” Journal for Lesson and Learning Studies 2, no. 1 (2019). https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17319.
Ilmi, Nurul, Neneng Sri Wulan, and D Wahyudin. “Gerakan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar.” Edukasi 3, no. 5 (2021). https://doi.org/10.35878/guru.v2i2.454.
Kristianti, Yuni, Mawardi Mawardi, and Suhandi Astuti. “Peningkatan Collaborative Skill Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 Melalui Model Teams Games Tournament.” PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 8, no. 1 (2019). https://doi.org/10.33373/pythagoras.v8i1.1759.
Lestari, Karunia Eka, and Mokhammad Ridwan Yudhanegara. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama, 2017.
Manab, Abdul. Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif. Edited by Kutbuddin Aibak. Japanese Journal of Physical Fitness and Sports Medicine. Vol. 17. Kalimeda, 2015.
Maria, Fransiska, Hermus Hero, and Lukas Bera. “Penerapan Model Pembelajaran Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 6, no. 4 (2023).
Oktafia, Mesi. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Kartu Arisan Dalam Pembelajaran Matematika Siswa.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 3, no. 2 (2019). https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.120.
Rani, Diah Evita. “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (2022). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3146.
Riana, Qorik Mei. “Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik.” IAIN Ponorogo, 2019.
Romdhoni, Muhammad Anwar, Bambang Suteng Sulasmono, and Eunice Widyanti. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4SD Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Berbantuan Media Papan Berat.” Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa 5, no. 1 (2019).
Rosida, Laily, Ernawati Saptaningrum, and Joko Siswanto. “Pengaruh Pendekatan Reciprocal Teaching Berbantu Handout Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Fisika Kelas VII SMP Walisongo 1 Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015.” Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 6, no. 1 (2015).
Setiawan, Zulfa, Hari Anna Lastya, and Sadrina Sadrina. “Penerapan Tgt (Team Games Tournament) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik Smkn 2 Sigli.” Jurnal Edukasi Elektro 5, no. 2 (2021). https://doi.org/10.21831/jee.v5i2.41437.
Siagian, Muhammad Daut, Suwanto Suwanto, and Rini Sulastri. “The Effectiveness of SAVI Approach-Based Teaching Materials Oriented to Mathematical Connection Ability.” Jurnal Didaktik Matematika 7, no. 2 (2020). https://doi.org/10.24815/jdm.v7i2.17239.
Sunardin, Sunardin. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Melalui Penerapan Model Project Based Learning.” Indonesian Journal of Educational Studies 21, no. 2 (2019). https://doi.org/10.26858/ijes.v21i2.8641.
Suryani, Amrin, I Made Suarjana, and Happy Artini. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Berbantuan Cara Sengkedan Dan Metode Bernyanyi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Faktor Dan Kelipatan.” Indonesian Gender and Society Journal 1, no. 1 (2021). https://doi.org/10.23887/igsj.v1i1.38986.
Tgt, T., D. I. Sman, and B. Toru. “Melalui Model Pembelajaran Kooperative,” 2019. https://doi.org/10.1145/3278532.3278552.
Wahyudi, Widi, Didin Budiman, and Endang Saepudin. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Dalam Pembelajaran Permainan Bola Besar Berorientasi Sepak Takraw Untuk Meningkatkan Kerjasama Dan Keterampilan Bermain.” TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School 1, no. 2 (2018). https://doi.org/10.17509/tegar.v1i2.11732.
Yuliawati, Ngurah Agung Anak. “Penerapan Model Pembelajaran Tgt (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar.” Indonesian Journal of Educational Development 2, no. 2 (2021). https://doi.org/10.5281/zenodo.5256868.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i3.3545
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Aminah Nurhanifah, Ratih Puspita Dewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.