Peningkatan Kemampuan Percaya Diri dalam Pembelajaran Matematika Melalui Problem Based Learning Berbantuan Quiziz pada Peserta Didik Kelas X

Dinda Kusala Parahita, Mohamad Waluyo, Sumadi Sumadi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan percaya diri dalam pembelajaran matematika melalui Problem Based Learning berbantuan quiziz pada peserta didik kelas X. berdasarkan hasil observasi awal pada siswa kelas X-5 di sekolah SMA Negeri 1 Sukoharjo, rasa percaya peserta didik masih tergolong kurang yaitu di bawah 75%. Hal ini dapat dilihat pada sikap siswa dalam proses pembelajaran. Masih banyak siswa yang takut untuk mengemukakan pendapat, jawaban, ide, dan pertanyaan secara tegas. Siswa masih sulit untuk memberanikan diri apabila di minta untuk maju ke depan melakukan presentasi hasil pembelajarannya. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sukoharjo. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X-5 sejumlah 36 peserta didik. Tindakan Kelas, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data informasi dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I dan II. Indikator persentase peningkatan yaitu rata-rata persentase pada siklus I yaitu 51,8% menjadi 82,8% pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan berdasarkan hasil yang diperoleh dari siklus I dan II bahwa kemampuan percaya diri dalam pembelajaran matematika meningkat melalui Problem Based Learning berbantuan quiziz pada peserta didik kelas X.


Keywords


Percaya Diri, Matematika, PBL

Full Text:

PDF

References


Adalikwu, C. How Build Self Confidence, Happines and Health. Author House. 2012.

Andrews, M. Confidence: Actionable Strategies to Develop Unbreakable Confidence and Achieve Your Goals Easily. CreateSpace Independent Publishing Platform. 2015.

Arikunto, S. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara. 2014.

Aristiani, R. Meningkatkan percaya diri siswa melalui layanan informasi berbantuan audiovisual. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 2 (2). 2016.

Barrows, H. S. A taxonomy of problem-based learning methods. Medical Education, 20 (6). 1986. https://doi.org/10.1111/j.1365-2923.1986.tb0138.x

Fauzan, A., & Yerizon. Pengaruh Pendekatan RME dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemamampuan Matematis Siswa. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung. 2013.

Khasanah, F., Utami, R. D., & Hartati, S. Penerapan Pembelajaran Tematik Berbasis Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Percaya Diri Siswa. Journal of Integrated Elementary Education, I (2), 2021. https://doi.org/10.21580/jieed.v1i2.9220

Noer, S. H., & Gunowibowo, P. Efektivitas Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Dan Representasi Matematis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11 (2) 2018. https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3751

Prabowo, L. H., Dewi, R. P., & Prakoso, J. Peningkatan Sikap Percaya Diri Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn Tlogoadi Dengan Model Problem Based Learning (Pbl) Tahun Pelajaran 2022/2023. Strategy : Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 2 (3) 2022. https://doi.org/10.51878/strategi.v2i3.1426

Qomariyah, E. N. Pengaruh Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis IPS. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 23 (2). 2017.

Ritonga, M., Matondang, Y., Miswan, M., & Parijas, P. Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Min 1 Pasaman Barat. Adimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4 (2) 2020. https://doi.org/10.24269/adi.v4i2.2106

Salsabila, U. H., Habiba, S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (n.d.). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA.

Suryani, O. I., & Gunawan, I. M. Hubungan pemahaman diri dengan sikap percaya diri Pada siswa kelas VIII SMPN 7 Woja. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 4 (2) 2018.

Wahyu, N., Sara, D., Kristanto, T., & Deniarti, W. Meningkatkan Sikap Percaya Diri Melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar (Vol. 2, Issue 1). 2023.

Wondo, M. T. S., & Meke, K. D. P. Analisis Pengaruh Sikap Percaya Diri Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Pbl Berbantuan Bahan Manipulatif. Jupika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (1), 2021. https://doi.org/10.37478/jupika.v4i1.894




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i3.3546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.