Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Melalui Metode Treasure Hunt pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik melalui metode treasure hunt pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Berdasarkan hasil observasi awal yang telah dilakukan pada pembelajaran IPAS, peserta didik belum menunjukkan keterampilan kolaborasi dengan peserta didik lain dalam pembelajaran. Sehingga perlunya kreativitas guru dalam melaksanakan pembelajaran agar keterampilan tersebut dalam berkembang. Sehingga metode treasure hunt dipilih karena metode tersebut merupakan sebuah metode yang berpihak kepada peserta didik yang diharapkan dapat meningkatkan keterampilan pada peserta didik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SD Muhammadiyah 2 Kauman. Subjek dari penelitian ini yaitu kelas IV A sejumlah 27 peserta didik. Prosedur pelaksanaan pada Penelitian Tindakan Kelas, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi berupa lembar observasi pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang dilakukan dari siklus I dan II. Persentase peningkatan yaitu 72, 22% menjadi 89, 81%. Sehingga dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode treasure hunt mampu meningkatkan keterampilan kolaborasi pada peserta didik. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa metode treasure hunt dapat melibatkan peran aktif peserta didik dalam pembelajaran, serta mampu meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik. Pada penelitian ini metode treasure hunt dipilih karena melalui metode tersebut peserta didik dapat berkolaborasi dengan peserta didik lain. Melalui metode treasure hunt pembelajaran yang dilaksanakan lebih menarik dan mendorong peserta didik untuk aktif dalam berkolaborasi dalam proses pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alifiyah, Siska, and Afakhrul Masub Bakhtiar. “Pengaruh Permainan Harta Karun Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Kelas 1 SD.” Jurnal Guru Kita Pgsd 7, No. 1 (December 21, 2022). Https://Doi.Org/10.24114/Jgk.V7i1.40197.
Astuti, Yuni, Fadhilaturrahmi, And Rini Parmila Yanti. “Motivating Primary School Students With Collaborative Games To Produce Good Character Building.” Asian Efl Journal Research Articles 24, No. 4 (2019).
Doni Ferdiansyah, And Honest Ummi Kaltsum. “Teacher’s Strategy In Growing Student Creativity Through The Pancasila Student Profile Strengthening Project.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 7, No. 1 (February 6, 2023). Https://Doi.Org/10.23887/Jisd.V7i1.55198.
Fadhilah, Pupu, Sandi Budi Iriawan, And Arie Rakhmat Riyadi. “Penerapan Model Treasure Hunt Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa Kelas V SD.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 4, No. 2 (2019).
Greenstein, Laura. Assessing 21st Century Skills: A Guide To Evaluating Mastery And Authentic Learning. Corwin Press, 2012.
Haji, Fuad Ihsan. Dasar-Dasar Kependidikan. Pt. Rineka Cipta, 2013.
Hiyum, Ervinia Risti Waning, And Afakhrul Masub Bakhtiar. “Implementation Of The Treasure Hunt Learning Model In Mathematics Subjects.” Journal Of Medives : Journal Of Mathematics Education Ikip Veteran Semarang 8, No. 1 (December 18, 2023). Https://Doi.Org/10.31331/Medivesveteran.V8i1.2986.
Hutomo, Raka Swandhita. “Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Ekonomi Dengan Metode Treasure Hunt.” Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta 5, No. 2 (2016).
Isnaini, Rahayu Appriliaswati, And Syarif Husin. “The Use Of Treasure Hunt Game In Teaching Preposition Of.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (Jppk) Vol 8, No (2019). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.26418/Jppk.V8i7.33737.
Istiharah. “Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Teknik Permainan Mencari Hartakarun Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Tahun 2020.” Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar 3, No. 3 (2020). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.20961/Shes.V3i3.57021.
Kohen-Vacs, D., M. Ronen, And S. Cohen. “Mobile Treasure Hunt Games For Outdoor Learning.” Bulletin Of The Ieee Technical Committee On Learning Technology 14, No. 4 (2012).
Manarwati, Afrisia Ferari, And Putri Rachmadyanti. “Penerapan Metode Treasure Hunt Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar.” Jpgsd 7, No. 4 (2019).
Martia, Liftianah Ade, And Nurafni Nurafni. “The Impact Of Treasure Hunt Games On Learning Outcomes In Time Measurement.” Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika 14, No. 2 (December 31, 2023). Https://Doi.Org/10.24042/Ajpm.V14i2.18237.
Masniladevi, Masniladevi. “Student Gestures In Solving Mathematics Problems In Group Discussion Activities.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 6, No. 1 (March 5, 2022). Https://Doi.Org/10.23887/Jisd.V6i1.41863.
Miaz, Yalvema. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ips Dengan Menggunakan Metode Problem Solving Di Sekolah Dasar.” Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan 12, No. 2 (November 30, 2012). Https://Doi.Org/10.24036/Pedagogi.V12i2.2213.
Mualimin, M, And Rahmat Arofah Hari Cahyadi. Penelitian Tindakan Kelas Teori Dan Praktik. Gading Pustaka, 2014.
Puspitasari, Noviana Ika, Yudi Rinanto, And Sri Widoretno. “Peningkatan Keterampilan Kerjasama Peserta Didik Melalui Penerapan Model Group Investigation.” Bio-Pedagogi 8, No. 1 (November 12, 2019). Https://Doi.Org/10.20961/Bio-Pedagogi.V8i1.35544.
Rahmawati, Iska Anggi, And Ivayuni Listiani. “Penerapan Metode Treasure Hunt Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pada Siswa Kelas IV.” Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan 14 No 3 (2023).
Rohman, Muhammad, And Sofan Amri. Strategi Dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 2013.
Setiawan, Agus, And Nurdin Arsyad. “Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match.” Jurnal Mathedu (Mathematic Education Journal) 3, No. 3 (2020).
Sulastri, A., And W Wasidi. “Implementation Of Methode Treasure Hunt To Improve The Cooperation Of Student And Learning Outcomes ( Studies In Civic Education Subjects In Junior Base School Bengkulu Utara).” Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan 9, No. 2 (2019).
Veriansyah, Ivan, Sarwono, And Moh. Gamal Rindarjono. “Hubungan Tingkat Intelegensi (Iq) Dan Motivasi Belajar Geografi Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri Singkawang Kota Tahun Ajaran 2016/2017.” Jurnal Geoeco 4, No. 1 (2018).
Wulandari, Bekti, Fatchul Arifin, And Dessy Irmawati. “Peningkatan Kemampuan Kerjasama Dalam Tim Melalui Pembelajaran Berbasis Lesson Study.” Elinvo (Electronics, Informatics, And Vocational Education) 1, No. 1 (November 7, 2015). Https://Doi.Org/10.21831/Elinvo.V1i1.12816.
Zubaidah, S. “Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran Online,” No. 2 (2020).
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i3.3553
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.