Peran Komik Digital dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa di MI Al-Qur’an Kediri
Abstract
Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan salah satu cabang ilmu yang tak asing lagi persoalannya dalam dunia pendidikan, yakni sulitnya memahami dan mengingat. Terlebih untuk tingkat pendidikan dasar yang dituntut untuk memahami peristiwa lampau yang mereka masih sangat dini dalam mendefinisikan segala cerita yang tersirat dan mengingat segala keadaan yang terungkap. Sedang semua itu membutuhkan gambaran yang tampak agar siswa mampu berekspetasi dengan tepat dan lebih memberi kesan juga warna bagi lika liku pemahaman siswa. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Dalam hal ini, komik yang akan dikembangkan mengikuti model pengembangan Borg and Gall. Tujuan dari pengembangan produk sebagai solusi dari salah satu problema pendidikan terkait dengan penyampaian materi. Uji coba penelitian dan pengembangan media komik ini berlangsung di MI al-Qur’an Kediri. Hasil penelitian untuk menguji kelayakan produk/ media dapat ditunjukkan oleh rata-rata data tingkat kevalidan produk dari ahli materi sebesar 92% dengan keterangan valid tanpa revisi. Dari ahli desain sebesar 86% dengan keterangan valid tanpa revisi. Dari responden sebesar 86% dengan keterangan valid tanpa revisi. Untuk pengujian kelayakan produk, dilakukan uji T serta uji N-Gain yang mana diperoleh angka signifikansi 0,003 dan = 3,273 > = 0,040 dengan keterangan kelas eksperimen (menggunakan media) perbandingan hasil lebih besar dari kelas kontrol (tanpa media) dari uji T dan diperoleh rata-rata siswa dari kelas kontrol berinterpretasi sedang dengan keterangan 9 siswa cukup efektif dan 7 siswa kurang efektif, sedang dari kelas eksperimen diperoleh rata-rata siswa berinterpretasi tinggi dengan keterangan 15 siswa efektif menggunakan media komik. Dari data yang terkumpul menujukkan bahwa media komik pada materi IPS lebih memberi kontribusi yang positif dari pada tanpa menggunakan media. Sehingga media komik ini layak untuk dikonsumsi publik dan diterapkan pada dunia pendidikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfiani, Fauzana, and Tri Kurniawati. “Pengembangan Webtoon Untuk Pembelajaran IPS (Ekonomi) di SMP” 1, no. 2 (2018).
Babbie, E. The Practice of Social Research. Belmont, CA: Wadsword, 2004.
Berlian, Mery, Rian Vebrianto, and Musa Thahir. “Development of Webtoon Non-Test Instrument as Education Media.” International Journal of Evaluation and Research in Education 10, no. 1 (March 1, 2021). https://doi.org/10.11591/ijere.v10i1.21007.
Dewi, Mera Putri, Neviyarni, and Irdamurni. “Perkembangan Bahasa, Emosi, Dan Sosial Usia Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar” VII (2020).
Dewi, Rosita, Hamsi, Mansur, and Monry Fraick NGRS. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Ips Dengan Pendekatan Kognitif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas V MI.” Journal of Instructional Technology 1 (2020).
Dimitrov, Dimiter, Dimiter M Dimitrov, and Phillip D Rumrill. “Pretest-Posttest Designs and Measurement of Change.” Work. Vol. 20. IOS Press, 2003.
Hadi, Sutrisno. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi, 2004.
Heinich R, and et all. Instructional Media and Tecnologies for Learning. 5th ed. New York: Macmillan Publishing Company, 1996.
Lestari, Annisa Fitriana. “Line Webtoon Sebagai Industri Komik Digital.” Jurnal Utu, 2020.
Meilia Rasiban, Linna. “Penerapan Student Centered Learning (SCL) Melalui Metode Mnemonik Dengan Teknik Asosiasi Pada Mata Kuliah Kanji Dasar.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2013. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v13i2.290.
Muhammad Hasan. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Tahta Media Grup, 2021.
Palupi Putri, Dini. “Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital.” Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 2, 2018.
Purwanto, Ngalim. Statistika Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Putri, Septi Dwi, and Desy Eka Citra. “Problematika Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPS Di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Kota Bengkulu Septi Dwi Putri & Desy Eka Citra.” IJSSE: Indonesian Journal of Social Science Education 1, no. 1 (2019).
Riduwan, and Sunarto. Pengantar Statistika. Bandung: Alfabeta, 2009.
Sadiman Arief. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press, 1996.
Sandu Siyoto dan M. Ali Sodik. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.
Soedarso, Nick. “Komik: Karya Sastra Bergambar.” Humanioria 6, no. 4 (2015).
Sugiyono. Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta, 2015.
———. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2009.
Susanti, Mega Dwi. “Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di MI Islamiyah 1 Surowono Badas Kediri.” SALIMIYA: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam 2, no. 1 (2021).
Tabah, Silvia, and Hati M Si. “Hubungan Antara Ilmu-Ilmu Sosial Dan IPS (Sumber Dan Materi IPS).” Vol. 2. Januari-Juni, 2018.
Yusuf hadi Miarso. Media Instruksional.Pusat TKPK. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 2003.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i3.3554
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nazhifatul Ulfah, Agus Purwowidodo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.