Penggunaan Media Canva Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Rika Nurpiani, Sri Rahayu Anggraeni, Oman Farhurohman

Abstract


Prestasi akademik siswa dipengaruhi oleh faktor-faktor baik internal maupun eksternal. Salah satu faktor internal yang memainkan peran penting ialah minat belajar. Peserta didik sering mudah bosan ketika proses pembelajaran sedang berlangsung dikarenakan kurangnya minat belajar. Maka dari itu sebagai pendidik kita harus mampu menghadapi tantangan tersebut dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik salah satunya yaitu canva. Canva adalah sebuah aplikasi desain online yang menyediakan berbagai macam opsi desain. Tujuan dari tinjauan pustaka ini untuk menganalisis artikel ilmiah yang membahas tentang penggunaan canva sebagai media pembelajaran untuk peserta didik terutama dalam meningkatkan minat belajar pada kelas III Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah metode tinjauan pustaka yang mengambil referensi dari artikel di Google Scholar. Artikel ilmiah yang menjadi bahan tinjauan ini dipilih dari periode lima tahun terakhir. Kemudian, peneliti membaca, mengevaluasi dan menganalisis informasi yang terdapat di dalamnya. Dari enam artikel yang diperoleh menyatakan bahwa aplikasi canva yang digunakan sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar siswa.


Keywords


Canva, Media Pembelajaran, Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


Adrianik, Ika Catur. “Pengembangan Portofolio Digital Melalui Media Canva Dan Youtube Pada Pembelajaran Siswa Kelas V SDN Bulukerto 01 Batu Tahun Pelajaran 2022/2023” 2, no. 4 (2023).

Fatahillah, Salman, Madinah, Hastari, and Yayan Sudrajat. “Penerapan Media Belajar Canva Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa.” LOGOS Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ilmu Sosial 2, no. 2 (2023).

Hajar, Oktaviona, Suharmono Kasiyun, Rudi Umar Susanto, and Pendidikan Guru Sekolah Dasar. “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar.” Journal on Education 6, no. 1 (2023).

Kharissidqi, Mohammad Tegar, and Vicky Wahyu Firmansyah. “Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Yang Efektif.” Indonesian Journal Of Education and Humanity 2, no. 4 (2022).

Pangalila, Theodorus, Nuriska Paka, Ervina Pombaile, Apriyanti Abdul, and Ferry Lourens Sampel. “Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X-4 SMA Negeri 1 Tondano.” Academy of Education Journal 15, no. 1 (2024). https://doi.org/10.47200/aoej.v15i1.2212.

Pasaribu, Dewi Sasmita. “Upaya Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Materi Listrik Dinamis Di Kelas X Sman 10 Muaro Jambi.” EduFisika 2, no. Vol 2 No 01 (2017). https://doi.org/https://doi.org/10.22437/edufisika.v2i01.4043.

Putra, Lovandri Dwanda, Fiola Denanda, Hendra Wahyu Pradana, Mayda Nurmala Azahwa, and Devi Cynthia. “Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Unyuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di SD BAKALAN” 5, no. 1 (2024).

Restu Kurnia, Ira, and Titin Sunaryati. “Media Pembelajaran Video Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 9, no. 3 (2023). https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5579.

Sari, Lesta Septia, and Siti Fatonah. “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no. 1 (2022).

Titin, Titin, and Iin Kurnia. “Studi Literatur: Pemanfaatan Powerpoint Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Biologi Di SMA.” EduBiologia: Biological Science and Education Journal 2, no. 1 (2022). https://doi.org/10.30998/edubiologia.v2i1.10451.

Tri Wulandari, and Adam Mudinillah. “Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA Sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD.” Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA) 2, no. 1 (2022). https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i3.3561

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rika Nurpiani, Sri Rahayu Anggraeni, Oman Farhurohman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

https://journal.napri.gov.ng/