Peningkatan Sikap Kerja Sama dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT)

Adinda Azhri Salsabila, Minsih Minsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan sikap kerja sama dan hasil belajar matematika siswa kelas II C menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah Kelas II C SDN Sondakan No. 11 Surakarta sebanyak 28 siswa yang terdiri dari 13 laki-laki dan 15 perempuan. Metode penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini meliputi: 1) Observasi, 2) Catatan lapangan, 3) Wawancara, 4) Dokumentasi, 5) Metode tes.  Hasil dari penelitian diperoleh bahwa dengan pengaplikasian model pembelajaran Team Games Tournament atau metode permainan dapat memberi peningkatan pada kerja sama siswa dan hasil belajar matematika pada siswa. Persentase rata-rata kemampuan kerja sama siswa pada sebelum tindakan 34,5%, siklus I 41,6%, dan siklus II 48,7%. Peningkatan rata-rata nilai matematika siswa yaitu 70,0 pada sebelum tindakan, 73,5 pada siklus I, dan 77,1 pada siklus II.


Keywords


Team Games Tournament, Hasil Belajar, Kerja Sama, Matematika

Full Text:

PDF

References


Amienati, Andika Rara, Ibadullah Malawi, and Albertus Prakoso Lelono. “Peningkatan Hasil Belajar Pembulatan Angka Dengan Metode TGT (Team Game Tournament).” Journal of Education Research 4, no. 3 (2023). https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.300.

Bayu, Silvana. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Melalui Model Teams Games Turnament (TGT) Di SD Al-Ittihadiyah.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 3 (2023).

Creswell, and John. Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif Dan Campuran. Edisi Keem., 2018.

Hilmi, Indah Fajri, and Mai Sri Lena. “Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Di Kelas V SDN 05 Pasar Baru Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan.” JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) 7, no. 2 (2022). https://doi.org/10.26618/jkpd.v7i2.7005.

Kusumawati., K., D. Endah H, and S. Adhi P. “Gaya Belajar Siswa Berprestasi Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sd Negeri 03 Cibelok Pemalang.” Jurnal Pesona Dasar, 6 (2) 2018. Https://Doi.Org/10.24815/Pear.V6i2.12192,

Nurhayati, N., and N. Marliani. “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Dalam Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika.” Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1), 2019.

Setianingsih, Dewi, Kunti Dian Ayu Afiani, and Lilik Binti Mirnawati. “Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perkalian Siswa Kelas III Sd Muhammadiyah 8 Surabaya.” Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar 5, no. 1 (2021). https://doi.org/10.24929/alpen.v5i1.75.

Slavin, R. E. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media, 2015.

Triana, Winy. “IMPROVING STUDENT PARTNERSHIP THROUGH COOPERATIVE LEARNING MODEL TYPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) THESE HEALTHY THEMES IS IMPORTANT CLASS V SD NEGERI 55 / I SRIDADI,” n.d.

Wildana, Niatasha Shinta Cindy. “Efektivitas Model Pembelajaran Team Games Tournament ( TGT ) Dengan Media Batang Napier Kerja Sama Siswa Pada Materi Perkalian Kelas III Di Sdit Ar-Risalah.” Jurnal Ilmiah Indonesia, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i3.3568

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.