Analisis Swot Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Permainan Edukatif

Fadllurrohman Fadllurrohman, Rizal Firdaus

Abstract


Pendidikan karakter di sekolah sangat penting perannya dalam mengkondisikan siswa di Lembaga Pendidikan agar dapat menjalani kehidupannya dengan baik dan menyenangkan. Sehingga apabila telah tercipta siklus yang menggembirakan, proses pembelajaran akan lebih mudah diserap dan dipahami. Selain itu, Pendidikan karakter yang tepat dapat membentuk kepribadian siswa yang baik, sehingga membantu dalam menjalani kesehariannya dengan lebih baik, dan mempersiapkan masa depannya dengan menyenangkan. Maka dari itu artikel ini bertujuan untuk menganlisis aspek kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman (SWOT) dalam implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar melalui permainan edukatif. Analisis SWOT ini berfungsi untuk menemukan strategi-strategi yang dapat dilakukan dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di sekolah dasar melalui permainan edukatif. Metode penelitian yang digunakan adalah mix method concurrent research, yaitu sutu metode yang menggabungkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif secara bersamaan. Data diperoleh dari berbagai dokumen yang relevan, analisis data kualitatif menggunakan teknik analisis dokumen yang disajikan secara deskriptif, sementara analisis data kuantitatif dilakukan untuk menemukan positioning strategi pendidikan karakter di sekolah dasar melalui permainan edukatif. Kajian ini menemukan bahwa masalah utama dalam Pendidikan karakter di Indonesia terletak pada metode pendidikanya, sebab nilai-nilai dan konten Pendidikan karakter tidak banyak bergeser sedari awal ditentukan, namun metode selalu berkembang seiring perkembangan zaman. Metode Pendidikan karakter yang paling sesuai untuk diimplementasikan di sekolah dasar ialah dengan memanfaatkan permainan edukatif. Melalui permainan edukatif, secara hipotetik dapat menjadi alternatif pengajaran Pendidikan karakter, terutama untuk mengajarkan nilai-nilai dalam lima karakter utama yaitu religius, mandiri, nasionalis, integritas dan gotong royong. Sehingga metode peneladanan, pembiasaan dan pengkondisian lingkungan untuk membentuk karakter dapat dilakukan dengan optimal. Analisis kualitatif SWOT kajian ini menghasilkan empat strategi yang terangkum dalam strategi SO, ST, WO dan WT. Sementara analisis data kuantitatif SWOT kajian ini menghasilkan temuan strategi pendidikan karakter di sekolah dasar melalui permainan edukatif berada pada kuadran satu yang berarti strategi yang dapat dilakukan adalah agresif.


Keywords


Analisis SWOT, Pendidikan Karakter, Lima Karakter Utama, Sekolah Dasar, Permainan Edukatif

Full Text:

PDF

References


Aslindah, Andi. Alat Permainan Edukatif Media Stimulus Anak Jadi Aktif Dan Kreatif. Edited by Awal Syaddad. 1st ed. Parepare: Kaaffah Learning Center, 2018.

E. Mulyasa. Manajemen Pendidikan Karakter. IV. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Fadllurrohman, Fadllurrohman, Jaenudin Jaenudin, and Arizqi Ihsan Pratama. “Implementasi Tri Pusat Pendidikan Sebagai Model Pendidikan Karakter Religius Di Sekolah Dasar.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 7, no. 1 (2023). doi:10.35931/am.v7i1.1875.

Fatmayanti, Andi, and Khaerati Khaerati. “Penggunaan Gadget Sebagai Media Permainan Edukatif Terhadap Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar (Sd).” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 7, no. 3 (2024).

Firdaus, Rizal, Kama Abdul Hakam, Momod Abdul Somad, and Ahmad Syamsu Rizal. “Implementation Of The Triple Helix Mohammad Natsir In Arabic Education.” Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning 5, no. 3 (October 28, 2022). doi:10.18860/ijazarabi.v5i3.17185.

———. “The Concept of Triple Helix Mohammad Natsir and Its Implementation in Strengthening Religious Character Education.” EDUTEC : Journal of Education And Technology 4, no. 1 (2020). doi:10.29062/edu.v4i1.84.

Kemendikbud RI. Konsep Dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar Dan Sekolah Menengah Pertama. Accessed January 29, 2024. https://repositori.kemdikbud.go.id/10075/1/Konsep_dan_Pedoman_PPK.pdf.

Presiden Republik Indonesia. “Peraturan Presiden Republik Indonesia No 87 Tahun 2017.” SETKAB Republik Indonesia, 2017. https://setkab.go.id/inilah-materi-perpres-no-87-tahun-2017-tentang-penguatan-pendidikan-karakter/.

Rangkuti, Freddy. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis Mengahadapi Abad 21. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2002.

Rohim, Abd. “Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Melalui Permainan Edukatif.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 8, no. 1 (January 21, 2024). doi:10.35931/am.v8i1.2872.

Sofyan Sauri. Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. IV. Bandung: Rizqi Press, 2016.

Wardoyo, Paulus. Enam Alat Analisis Manajemen. 1st ed. Semarang: Semarang University Press, 2011.

Yusuf, A Muri. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Penelitian Gabungan. 4th ed. Jakarta: Kencana, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i3.3570

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.