Pengembangan Media Pembelajaran Book Creator dalam Meningkatkan Pemahaman Pembelajaran IPA Kelas V di SDN 2 Prayungan Nganjuk
Abstract
Teknologi yang semakin canggih mendorong kebutuhan akan media pembelajaran yang lebih modern dan efektif. Book Creator merupakan salah satu media pembelajaran digital yang mampu meningkatkan pemahaman peserta didik. Metode penelitian dan pengembangan dipilih untuk membangun dan menguji media pembelajaran Book Creator. Prosedur Borg & Gall digunakan sebagai panduan dalam penelitian ini. Penelitian ini dimaksudkan untuk memaksimalkan media pembelajaran Book Creator sehingga dapat meningkatkan pemahaman peserta didik dalam pembelajaran IPA kelas V SDN 2 Prayungan. Book Creator diperlukan agar mampu menunjang peserta didik dalam memahami konsep IPA dengan lebih mudah. Berbagai metode pengumpulan data diaplikasikan untuk mendapatkan keterangan yang cukup dan akurat, seperti observasi untuk mengamati perilaku dan interaksi siswa saat menggunakan Book Creator, wawancara untuk mendapatkan masukan dari siswa dan guru tentang Book Creator, angket untuk menguji tingkat pemahaman siswa terhadap materi Ilmu Pengetahuan Alam, dan tes untuk mengevaluasi efektivitas Book Creator dalam meningkatkan pemahaman siswa. Validasi oleh ahli materi dan media menghasilkan nilai rata-rata 79,05% dan 82,86%. Sedangkan hasil angket guru dan siswa diketahui bahwa nilai rata-rata sebesar 82,00% dan 79,80%. Hasil tersebut memastikan bahwa Book Creator akurat, sesuai dengan kurikulum, dan mudah digunakan. Uji coba dilakukan untuk menguji efektivitas Book Creator dalam meningkatkan pemahaman siswa. Book Creator terbukti valid dan memadai diaplikasikan berdasarkan hasil validasi oleh ahli. Hasil ini menunjukkan bahwa Book Creator mempunyai kualitas yang bagus sehingga patut diaplikasikan untuk meningkatkan pemahaman siswa. Book Creator terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi IPA. N-Gain Score yang diperoleh sebesar 61,56% menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman siswa cukup signifikan. Book Creator adalah perangkat pembelajaran yang efisien untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas V SDN 2 Prayungan dalam pembelajaran IPA. Penggunaan Book Creator direkomendasikan untuk mengembangkan kualitas pembelajaran IPA di kelas V SDN 2 Prayungan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. “Prosedur Penelitian Atau Pendekatan Praktik.” Cet XV, 2013.
Makdis, Nasrul. “Penggunaan E-Book Pad Era Digital.” Al-Maktabah, 2020.
Mikkelsen, Britha. “Methods for Development Work and Research : A New Guide for Practitioners | Britha Mikkelsen |” 2005.
Pausa, Rani, and Melva Zainil. “Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Powtoon Pada Materi Penyajian Data Di Kelas V Sekolah Dasar.” Journal of Basic Education Studies 5, no. 1 (2022).
Purwanita, Yulis, Yatim Riyanto, and Totok Suyanto. “The Influence of Multimedia Assisted Inquiry Learning Methods on My Heroes Theme of Critical Thinking Skills and Learning Outcomes of Class IV Students OfElementary School.” International Journal of Scientific and Research Publications (IJSRP) 9, no. 7 (2019). https://doi.org/10.29322/ijsrp.9.07.2019.p9169.
Puspitasari, Verdiana, Rufi’i, and Djoko Adi Walujo. “Development of Learning Tools with a Differentiation Model Using Book Creator for BIPA Learning in Classes with Diverse Abilities.” Jurnal Education and Development Institut, 2020.
Putra, Dede Dwiansyah, Ardo Okilanda, Arisman Arisman, Muhsana El Cintami Lanos, Siti Ayu Risma Putri, Mutiara Fajar, Hikmah Lestari, and Sugar Wanto. “Kupas Tuntas Penelitian Pengembangan Model Borg & Gall.” Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 2020. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v3i1.5340.
Raihan, Siti, Haryono, and Farid Ahmadi. “Development of Scientific Learning E-Book Using 3D Pageflip Professional Program.” Innovative Journal Of Curriculum and Educational Technology 7, no. 1 (2018).
Retno Palupi, Dyah Ayu, Kharisma Eka Putri, and Bagus Amirul Mukmin. “Pengembangan E-Book Menggunakan Aplikasi BookCreator Berbasis QR Code Pada Materi Ajar Siswa Sekolah Dasar.” PTK: Jurnal Tindakan Kelas 3, no. 1 (2022). https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.123.
Ruddamayanti. “Pemanfaatan Buku Digital Dalam Meningkatkan Minat Baca.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 2019.
Sanjaya, Putu Adi, I Made Pageh, and I Nengah Suastika. “Bahan Ajar E-Modul Book Creator Untuk Pembelajaran IPS Berdiferensiasi Di Sekolah Penggerak” 6 (2023).
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2016.
Suhana, Cucu. “Konsep Strategi Pembelajaran.” In Jurnal Ipteks Terapan, 2014.
Tamami, Rosid. “Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Menggunakan Aplikasi Geogebra Pada Materi Lingkaran.” Jurnal Teknodik, 2021. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i1.649.
Tanzeh, A. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Teras, 2009.
Wijayanto, Adi, Isatul Hasanah, Agus Mukholid, and Karwanto. “Pemanfaatan Software Book Creator Dalam Akselerasi Pembelajaran Gerak Motorik Anak Madrasah Ibtidaiyah,” no. September (2022).
Zain, Djamarah. “Strategi Belajar Mengajar.” Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Zakiyatul Fikrah, and Elfia Sukmah. “Pengembangan Bahan Ajar Digital Menggunakan Aplikasi Book Creator Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas IV SDN 12 Air Sikambing Kabupaten Pesisir Selatan .” Journal of Basic Education Studies 5, no. 1 (2022).
Zubair, Sakinah. “Book Creator Sebagai Aplikasi Dalam Menyusun Media Pembelajaran Interaktif Bagi Calon Guru Profesional” 3, no. 1 (2023).
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i3.3574
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.