Mengatasi Kejenuhan Belajar (Burn Out) Peserta Didik Melalui Strategi Pembelajaran Guru di MI Raudlatut Tholabah Kranding Mojo Kediri
Abstract
Kejenuhan belajar merupakan salah satu bentuk kesulitan belajar yang tidak selalu mudah diatasi dan penyebabnya tidak dapat diketahui dengan jelas. Gejala umum yang muncul antara lain keengganan menyelesaikan kegiatan belajar, perasaan malas, lesu, dan kurang semangat. Faktanya, mereka yang terkena dampak masih memiliki keinginan untuk belajar. Kejenuhan belajar biasanya timbul akibat proses pembelajaran yang monoton (tidak berubah) dan berlangsung terus menerus dalam jangka waktu yang lama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menemukan strategi pembelajaran guru dalam mengasi kejenuhan belajar (Burn Out) peserta didik di MI Raudlatut Tholabah Kranding Mojo Kediri. Peneliti dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Melakukan pendekatan atau interaksi antara guru dengan peserta didik, yaitu guru memegang peranan penting dalam memahami karakteristik peserta didik melalui pendekatan atau interaksi yang berbeda-beda agar tidak terjadi kejenuhan dalam proses pembelajaran. (2) Menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi, yaitu guru kelas MI Raudlatut Tholabah Kranding Mojo Kediri selain menggunakan metode ceramah juga menggunakan metode lain seperti diskusi, tanya jawab, Picture And Picture, Ice Breaking, dan lain sebagainya agar peserta didik tidak bosan dengan materi pelajaran yang diajarkan. (3) Melakukan evaluasi pada tiap akhir pembelajaran, hal tersebut dilakukan di MI Raudlatut Tholabah Kranding Mojo Kediri dengan tujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik dalam proses pembelajaran dan mengetahui langkah selanjutnya yang harus diambil, dengan demikian proses pembelajaran terus ditingkatkan untuk mencapai hasil belajar yang optimal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, Poppy, Syaiful Bahri, and Abu Bakar. “Analisis Faktor Penyebab Terjadinya Kejenuhan Belajar Pada Siswa Dan Usaha Guru BK Untuk Mengatasinya.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling 4 (2019).
Aminuriyah, Siti, Suyitno, Murfiah Dewi, Wulandari, and Darsinah. “Upaya Guru Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Full Day School Di SDIT Nur Hidayah Surakarta.” Jurnal Humaniora 9 (2022).
Baron and Greenberg. Behavior in Organizations Understanding and Managing the Human Side of Work. New Jersey: Prentice-Hall International, 2013.
Brinkerhoff, RD. Program Evaluation a Practitioner’s Guide for Trainers and Educators. Western Michigan: Kluwer-Nijhoff Publishing, 1986.
Daulay, Hardianti. “Strategi Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Di MTs. Ulumul Qur’an.” Educate: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran 1, no. 2 (2022).
Gumilar, Aris, Ikhfi Imaniah, and Laysia Ustianingsih. “Analisis Strategi Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Pada Pembelajaran Daring Siswa Kelas IV Di SD Negeri Pasarkemis III.” A R Z U S I N: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Dasar 2, no. 5 (2022).
Hakim, Thursan. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Niaga Swadaya, 2005.
Hamalik, Oemar. Metode Belajar Dan Kesulitan Belajar. Bandung: Parsito, 2003.
Hamzah, and Satria Koni. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Haryanto. Evaluasi Pembelajaran (Konsep Dan Manajemen). Yogyakarta: UNY Press, 2020.
Idrus L. “Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran.” Adara: Jurnal Manajemen Pendidikan 9 (2019).
Kurnia, Alaika Bagus. Psikologi Pendidikan Islam. Bandung: Haura Utama, 2020.
Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook. 3rd ed. USA: Sage Publications, 2014.
Nata, Abudin. Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam Di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media, 2010.
Sanjani, Maulana Akbar. “Pentingnya Strategi Pembelajaran Yang Tepat Bagi Siswa.” Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan 10 (October 2021).
Sugara. Efektivitas Teknik Self-Instruction Dalam Menangani Kejenuhan Belajar Siswa. Bandung: PBB-FIP UPI, 2011.
Sugiyono. Metodologi Penelitian Kaualitatif. Bandung: Alfabeta, 2019.
Yufriana Devi, Meila, Riqqah Annisa Maharani, and Yanti Fitria. “Application Of Nested Type Of Integrated Learning To Improve Critical Thinking Skills For Grade 4 Students In Elementary Schools Penerapan Pembelajaran Terpadu Tipe Nested (Tersarang) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Kelas 4 Di Sekolah Dasar.” Jurnal CERDAS Proklamator 11, no. 1 (2023).
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i3.3575
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.