Penerapan Model Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Mata Pelajaran IPA pada Siswa Kelas 3 di SD Muhammadiyah 4 Kota Malang

Mirza Immama Putri Zuani, Agus Purwowidodo

Abstract


Model pembelajaran memegang peranan penting dalam proses belajar mengajar karena berhasil atau tidaknya suatu pembelajaran sangat dipengaruhi oleh model yang efektif pada pembelajaran. Model Projcet Based Learning (Pjbl) adalah pendekatan yang inovatif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) merupakan pembelajaran inovatif yang berpusat pada peserta didik (student centered) dan menetapkan guru sebagai motivator dan fasilitator, dimana peserta didik diberi peluang bekerja secara otonom mengkontruksi belajarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah agar mengetahui bagaimana perencanan, pelaksanaan serta evaluasi model Project Based Learning pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan ppendekatan kualitatif. Jenis dalam penelitian ini adalah studi kasus (Case  study). Lokasi penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah 4 Kota Malang. Sumber data dalam penelitian ini ada 3 yaitu (Person), (Place) dan, (Paper). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang sudah di kondensasi langkah-langkah dalam menerapkan pembelajaran IPA menggunakan model Project Based Learning yaitu, menentukan tujuan pembelajaran, mendesain perencanaan proyek, menyusun jadwal, monitoring dan evaluasi peserta didik dan perkembangan proyek yang dijalankan, evaluasi pengalaman.


Keywords


Model Pembelajaran, Pembelajaran IPA, Project Based Learning

Full Text:

PDF

References


Amelia, Nurul, Nadia Aisya, Sekolah Tinggi Ilmu, Tarbiyah Al-Hikmah, Tebing Tinggi, Sekolah Tinggi, and Ilmu Tarbiyah Al-Hikmah. “Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Dan Penerapannya Pada Anak Usia Dini Di TKIT Al-Farabi.” BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini 1 (2021).

Dewi Anggraini, Putri, and Siti Sri Wulandari. “Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 9 (2021).

Djamaluddin, Ahdar. Belajar Dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pendagogis. Makasar: CV Kaaffah Learning Center, 2019.

Hernowo. Menjadi Guru Yang Mau Dan Mampu Mengajar Dengan Menyenangkan. Bandung: Mizan Learning Center, 2017.

Israwaty, Ila. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V UPTD SD Negeri 111 Barru.” JUARA SD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 2 (2023).

Mantja, W. Etnografi Design Penelitian Kualitatif Dan Manajemen Pendidkan. Malang: Winaka Media, 2003.

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook. 3rd ed. USA: Sage Publications, 2014.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.

Murniarti, Erni. “Penerapan Metode Project Based Learning Dalam Pembelajaran.” Jurnal Universitas Negeri Malang 3 (2021).

Nababan, Damayanti, Alisia Klara, Marpaung, and Angeli Koresy. “Strategi Pembelajaran Project Based Learning (PJBL).” Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora 2 (2023).

Nurfitriyanti, Maya. “Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.” Jurnal Formatif 6, no. 2 (2016).

Safitri, Zahrani Dhea, and Asih Miatun. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis MatematisDitinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Karawang Barat.” Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 5 (2021).

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2009.

Thobroni, Muhammad, and Arif Mustofa. Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif Dan Kontekstual: Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif). Jakarta: Kencana Prenada Media, 2014.

Utami, Munandar. Mengembangkan Bakat Dan Kreativitas Anak Sekolah, Petunjuk Bagi Para Guru Dan Orang Tua. Jakarta: Gramedia, 1992.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i3.3579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.